5 Olahraga yang Dianjurkan Oleh Rasulullah, Bisa Kamu Ikuti

Ada olahraga favoritmu?

Nah, buat kalian yang suka olahraga atau lagi kepingin olahraga, tapi masih bingung memilih olahraga apa yang mau di coba.

Mungkin 5 olahraga yang ada di artikel ini bisa kalian coba karena selain menyehatkan badan, kelima olahraga yang ada di artikel ini juga dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW dan olahraga-olahraga ini juga mudah untuk dilakukan tanpa perlu biaya yang mahal.

Jika kalian tertarik dan ingin tahu apa saja olahraga yang di anjurkan oleh nabi Muhammad, maka simak artikel ini sampai habis.

Baca Juga: 5 Makanan Sehat Kesukaan Rasulullah, Cocok Jadi Menu Berbuka Puasamu

1. Berlari

5 Olahraga yang Dianjurkan Oleh Rasulullah, Bisa Kamu IkutiKelompok Orang Yang Melakukan Marathon (dok. RUN 4 FFWPU/Pixels)

Olahraga yang bisa dilakukan di mana saja karena praktis dan tidak memerlukan banyak biaya ini ternyata menjadi olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah.

Selain praktis dan bisa dilakukan di mana saja, olahraga ini juga sangat menyehatkan tubuh karena bisa melatih otot jantung dan menurunkan kadar lemak yang ada di tubuh kita.

Dalam sebuah Hadist, Aisyah pernah mengatakan bahwa “Rasulullah SAW bertanding denganku dan aku menang. Kemudian aku berhenti, sehingga ketika badanku agak gemuk, Rasulullah SAW bertanding lagi denganku dan ia menang.” (HR. Ahmad dan Abu Daud).

2. Berkuda

5 Olahraga yang Dianjurkan Oleh Rasulullah, Bisa Kamu IkutiOrang Yang Menunggangi Kuda (dok. Jean van der Meulen/Pixels)

Berkuda adalah salah satu olahraga yang banyak digandrungi oleh para kaum muslimin, khususnya di zaman Rasulullah.

Mungkin di zaman sekarang olahraga berkuda ini banyak di tinggalkan, karena hewan kuda sendiri sangat jarang dimiliki oleh orang-orang jaman sekarang. Namun, olahraga berkuda menjadi salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah karena banyak sekali manfaat-manfaatnya.

Dalam salah satu riwayat disebutkan bahwa Nabi Muhammad pernah bersabda “Pada ubun-ubun kuda itu, telah ditetapkan kebaikan, hingga hari Kiamat.” (HR. Bukhari). Dan berkuda juga memiliki banyak manfaat di antaranya, meningkatkan kekuatan otot, melatih konsentrasi, melatih akselerasi tubuh, dan lain-lain.

3. Memanah

5 Olahraga yang Dianjurkan Oleh Rasulullah, Bisa Kamu IkutiOlahraga memanah (dok. RDNE stock project/Pixels)

Mungkin banyak dari kalian yang tidak begitu menyukai olahraga memanah karena terkesan kuno dan membosankan.

Padahal, olahraga memanah adalah salah satu olahraga yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW, bahkan olahraga ini juga memiliki banyak sekali manfaat di antaranya, meningkatkan koordinasi tangan dan mata, membangun kekuatan tubuh, meningkatkan fokus, dan masih banyak yang lainnya.

Dalam salah satu riwayat Rasulullah SAW pernah berkata “Hendaknya kalian latihan memanah, karena itu adalah permainan yang bagus bagi kalian.”

4. Berenang

5 Olahraga yang Dianjurkan Oleh Rasulullah, Bisa Kamu IkutiOrang Yang Berenang Di Perairan (dok. mali maeder/Pixels)

Olahraga yang mengasyikkan sekaligus menyehatkan yaitu berenang, ternyata menjadi salah satu olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah loh.

Jadi buat kalian yang sering berenang, maka kalian sudah mengamalkan ajaran dari Rasulullah.

Selain dianjurkan oleh Rasulullah, olahraga berenang juga mudah untuk dilakukan dan memiliki banyak manfaat di dalamnya, jadi berenang bisa menjadi pilihan kalian dalam mengisi waktu luang.

Dalam suatu Hadist diriwayatkan dari Jabir bin Abdillah bahwa Rasulullah bersabda “setiap hal yang tidak ada Dzikri kepada Allah adalah lahwun (kesia-siaan) dan permainan belaka, kecuali empat: candaan suami kepada istrinya, seorang lelaki yang melatih kudanya, latihan memanah, dan mengajarkan berenang.”

5. Gulat

5 Olahraga yang Dianjurkan Oleh Rasulullah, Bisa Kamu IkutiLatihan atlet (dok. Bruno Bueno/Pixels)

Mungkin kalian tidak menyangka bahwa olahraga gulat adalah olahraga yang dianjurkan oleh Rasulullah, karena olahraga ini identik dengan kekerasan dan pertarungan. Namun, Rasulullah menganjurkan olahraga ini karena gulat bisa menyehatkan tubuh dan juga bisa menjadi senjata untuk mempertahankan diri ketika kita sedang dalam situasi yang berbahaya.

Dalam salah satu kitab Sirah Nabawiyah Ibnu Hisyam, tahqiq al-Halabi, 1: 390-391: “Diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah menantang gulat seorang laki-laki paling kuat dari suku Quraisy yang bernama Rukanah bin Abdu Yazid. Dalam pertarungan gulat tersebut terdapat kesepakatan, yaitu Rasulullah berhasil mengalahkan Rukanah, maka Rukanah dengan suka rela harus memeluk agama Islam. Dan benar saja, Rasulullah berhasil mengalahkan Rukanah dan membuatnya memeluk agama islam.”

Beberapa olahraga di atas bisa kalian jadikan pilihan untuk berolahraga, karena selain menyehatkan badan kelima olahraga di atas juga dianjurkan oleh Rasulullah. Jadi, dari kelima olahraga di atas, adakah yang membuatmu tertarik?

Baca Juga: 5 Hak Tetangga Berdasarkan Hadis Rasulullah, Sudah Kamu Terapkan?

Sandy Chaila Putra Photo Community Writer Sandy Chaila Putra

Random

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya