5 Pemain Juventus Terakhir yang Dilepas ke Ligue 1 sebelum Zakaria

Zakaria sepakat untuk pindah ke AS Monaco

Tak seperti klub-klub lain, Juventus cenderung pasif pada musim panas 2023. Bianconeri tak banyak dikaitkan dengan kabar mengenai transfer pemain. Justru sebaliknya, klub asal kota Turin itu sudah melepas beberapa pemain. Terbaru, Juventus sudah setuju untuk melepas Denis Zakaria ke AS Monaco.

Dilansir dari pakar transfer, Fabrizio Romano, Zakaria hengkang ke AS Monaco dengan biaya 20 juta euro atau sekitar Rp336 miliar. Kepergiannya ke AS Monaco itu menambah catatan panjang eks pemain Juventus yang hijrah ke Ligue 1.

Sebelum Zakaria, inilah lima pemain Juventus terakhir yang dilepas ke Ligue 1.

1. PSG menjadi klub selanjutnya yang dibela oleh Dani Alves setelah Juventus

5 Pemain Juventus Terakhir yang Dilepas ke Ligue 1 sebelum ZakariaDani Alves (twitter.com/ChampionsLeague)

Petualangan Dani Alves bersama Juventus berjalan singkat. Ia hanya membela Bianconeri pada musim 2016/2017. Setelah itu, Alves hengkang ke PSG dengan status bebas transfer. Kualitas dan pengalamannya yang segudang membuat Alves tak kesulitan menjadi bek kanan utama Les Parisiens.

Selama 2 musim bersama PSG, Alves masih tampil prima meski usianya sudah tak muda. Ia mengantongi 73 penampilan dengan koleksi 8 gelar dan 17 assist. Koleksi gelarnya pun makin lengkap bersama PSG. Ia lalu berpisah pada musim panas 2019. Alves melanjutkan kariernya ke Sao Paulo.

2. Ambisi kuat meraih gelar Liga Champions antarkan Gianluigi Buffon ke kota Paris

5 Pemain Juventus Terakhir yang Dilepas ke Ligue 1 sebelum ZakariaGianluigi Buffon (instagram.com/gianluigibuffon)

Gianluigi Buffon selalu identik dengan Juventus. Ia menghabiskan sebagian besar waktunya bersama Bianconeri. Meski begitu, Buffon sempat mampir ke PSG selama semusim, yaitu pada 2018/2019 lalu. Ia bergabung secara gratis dan menambah amunisi di posisi penjaga gawang PSG.

Buffon tampil bergantian dengan Alphonse Areola. Ia mengoleksi 9 clean sheet dari 25 penampilan di semua kompetisi. Sayangnya, Buffon gagal membawa PSG melangkah jauh di Liga Champions. Mereka gugur di babak 16 besar. Buffon pun kembali pulang ke Juventus pada musim berikutnya.

Baca Juga: 5 Pemain Prancis Andalan Arsene Wenger saat Melatih Arsenal

3. Olympique Lyon meminjam jasa Mattia De Sciglio pada musim 2020/2021

5 Pemain Juventus Terakhir yang Dilepas ke Ligue 1 sebelum ZakariaMattia De Sciglio (twitter.com/OL)

Mattia De Sciglio bukanlah pilihan utama di Juventus. Sejak bergabung pada 2017, namanya lebih sering menjadi pelapis. De Sciglio bahkan sempat dipinjamkan ke Olympique Lyon. Ia dipinjam oleh Les Gones pada musim 2020/2021 lalu. Di Prancis, kariernya tak sepenuhnya mulus.

Di Sciglio sebenarnya sering tampil dengan catatan 33 penampilan. Namun, hal itu belum cukup bagi Lyon untuk menebusnya secara permanen. De Sciglio akhirnya dipulangkan ke Juventus. Ia masih bertahan hingga sekarang, tetapi kalah bersaing dengan nama lain macam Danilo di posisi bek kanan.

4. Daniele Rugani dipinjam oleh Rennes, tetapi kurang bersinar

5 Pemain Juventus Terakhir yang Dilepas ke Ligue 1 sebelum ZakariaDaniele Rugani (kanan) (twitter.com/staderennais)

Situasi pelik dirasakan oleh Daniele Rugani di Juventus. Namanya tergolong senior di skuad Bianconeri sebab sudah bergabung sejak 2015. Kendati demikian, perjalanan Rugani justru berliku karena tak menjadi pemain utama. Ia kerap dipinjamkan ke klub lain demi menambah jam terbang.

Rennes pernah meminjam jasanya pada musim panas 2020. Sayangnya, Rugani gagal bersinar. Ia hanya tampil dua kali selama setengah musim di Prancis. Masa pinjamannya pun dipotong hingga awal 2021. Rugani kembali ke Juventus, tetapi langsung dipinjamkan lagi ke Cagliari.

5. OGC Nice disinggahi oleh Aaron Ramsey sebelum pulang ke Cardiff City

5 Pemain Juventus Terakhir yang Dilepas ke Ligue 1 sebelum ZakariaAaron Ramsey (instagram.com/aaronramsey)

Aaron Ramsey berpisah dengan Juventus pada musim panas 2022. Kontraknya diputus lebih awal karena tak masuk skema Bianconeri. Ia pun berkelana ke Prancis. Ramsey sepakat untuk hijrah ke OGC Nice dengan status bebas transfer. Di sana, performanya kembali membaik.

Ramsey tak butuh waktu lama untuk menjadi pilihan utama. Dengan pengalaman yang ia miliki, Ramsey tampil reguler. Ia berhasil mengantongi 34 penampilan. Sayangnya, Ramsey hanya bertahan semusim. Ia memilih untuk pulang ke klub masa kecilnya, Cardiff City, pada musim panas 2023.

Denis Zakaria bakal menjalani lembaran baru dalam kariernya bersama AS Monaco. Ia datang dengan kondisi yang tak ideal sebab kurang bersinar di Juventus. Bisakah ia mengembalikan performa terbaiknya?

Baca Juga: 7 Pemain yang Didatangkan Las Palmas saat Musim Panas 2023 LaLiga

Alvin Pratama Photo Community Writer Alvin Pratama

@alvnprtm21

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya