TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Fakta Taufee Skandari, Pemain Asing PSIS Semarang dari Afganistan

Pemain berlabel Timnas Afghanistan

Taufee Skandari (instagram.com/taffinio22)

Intinya Sih...

  • PSIS Semarang merekrut 8 pemain asing untuk Liga 1 Indonesia 2024/2025, termasuk Taufee Skandari dari Afghanistan.
  • Taufee Skandari memiliki pengalaman bermain di Eropa, termasuk di Inggris, Austria, Turki, dan Kepulauan Faroe sebelum bergabung dengan PSIS Semarang.
  • Taufee Skandari juga merupakan pemain aktif Timnas Afghanistan dengan catatan 1 assist dari 11 caps dalam periode 2023-2024.

PSIS Semarang telah melengkapi seluruh slot pemain asing mereka di Liga 1 Indonesia 2024/2025. Ini terbukti ketika tim berjuluk Laskar Mahesa Jenar itu sudah memiliki delapan pilar asing berbeda. Salah satunya ada Taufee Skandari.

Taufee Skandari memiliki kehlian sebagai gelandang serang atau pemain sayap di atas lapangan. Diketahui, pemain berpaspor Afghanistan ini baru didatangkan PSIS secara gratis pada 2024. Taufee Skandari sendiri adalah pemain yang memiliki sepak terjang karier di Eropa sebelumnya.

1. Memulai karier profesional di Eropa

Taufee Skandari (instagram.com/psisfcofficial)

Taufee Skandari adalah pemain kelahiran Kabul, Afghanistan pada 2 April 1999 (25 tahun). Sosok yang memiliki garis keturunan Afghanistan/Inggris ini diketahui telah menghabiskan kariernya di Eropa. Taufee Skandari pernah bermain di beberapa negara, seperti Inggris, Austria, Turki, dan Kepulauan Faroe.

Mulanya, Taufee Skandari mengawali karier di Inggris bersama FC Windsor (2017) dan Woodford Town FC (2018). Namun, setelah itu, ia pergi ke Austria untuk membela SK Bischofshofen pada Agustus 2018. Bahkan, Taufee Skandari sempat bermain di Turki bersama Bursaspor U-21 pada Maret 2019.

Bertahan cukup lama, Taufee Skandari kemudian kembali ke Inggris untuk membela beberapa klub. Ia pernah menjadi bagian dari Northwood FC, Ware FC, dan FC New Salamis pada medio 2020—2023. Setelah itu, Taufee Skandari sempat bermain di Kepulauan Faroe bersama B36 Torshavn.

Baca Juga: Daftar Pemain Asing Persipa Pati di Liga 2 2024/2025

2. Sempat tampil di Kualifikasi Piala Konferensi Eropa 2023/2024

Taufee Skandari (instagram.com/psisfcofficial)

Kiprah terakhir Taufee Skandari di Eropa terjadi di Kepulauan Faroe pada Februari—Oktober 2023. Kala itu, ia bermain untuk tim raksasa, B36 Torshavn. Itu merupakan tim yang sudah memiliki 19 gelar juara domestik berbeda.

Bersama B36 Torshavn, Taufee Skandari dipercaya untuk mengarungi kasta tertinggi Liga Kepulauan Faroe 2022/2023. Ia kala itu berkontribusi dengan catatan 3 gol dan 6 assist dari 20 laga (1.451 menit tampil). Bahkan, Taufee Skandari sempat tampil di Kualifikasi Piala Konferensi Eropa 2023/2024 bersama B36 Torshavn meski akhirnya gagal lolos.

3. Pertama kali datang ke Asia untuk membela PSIS Semarang

Taufee Skandari (instagram.com/psisfcofficial)

Taufee Skandari resmi mengakhiri kiprahnya di Kepulauan Faroe pada Oktober 2023. Setelah itu, ia sempat tak memiliki klub. Namun, perbedaan nasib terjadi setelah sang pemain direkrut PSIS Semarang pada 9 Agustus 2024. Taufee Skandari kini aktif bermain di Liga 1 Indonesia 2024/2025.

Itu menjadi keputusan pertama Taufee Skandari untuk berkarier jauh dari Benua Eropa. Ia pun belum pernah bermain di Asia Tenggara sebelumnya. Kini, kedatangan Taufee Skandari sendiri menjadi harapan besar PSIS ketika mengarungi Liga 1 2024/2025. 

"Taufee menjadi pemain asing kedelapan PSIS. Kami berharap Taufee segera adaptasi dan bisa berkontribusi untuk tim. Pengalamannya di level timnas semoga mampu membawa dampak positif juga untuk tim PSIS dan pemain-pemain lainnya," kata pelatih PSIS Semarang, Gilbert Agius, merujuk situs resmi klub.

4. Aktif membela Timnas Afghanistan sejak 2023

Taufee Skandari (instagram.com/psisfcofficial)

Taufee Skandari ternyata bukan sembarang pemain. Ia datang ke PSIS Semarang dengan label pemain aktif Timnas Afghanistan. Benar saja, Taufee Skandari sudah menjadi andalan negaranya sejak 10 Juni 2023 hingga 2024 ini.

Secara statistik, Taufee Skandari di Timnas Afghanistan memang belum optimal dengan catatan 1 assist dari 11 caps (909 menit tampil). Ia sempat bermain di beberapa kompetisi pada 2023—2024. Meski demikian, catatan itu sudah membuktikan bila Taufee Skandari adalah pemain asing yang mempunyai keahlian mumpuni.

Taufee Skandari bakal menjadi salah satu pemain andalan PSIS Semarang di Liga 1 Indonesia 2024/2025. Mampukah sang pemain memberi kontribusi terbaik pada musim debutnya di Indonesia?

Baca Juga: 4 Fakta Zalnando, Bek Pinjaman PSIS Semarang dari Persib Bandung

Verified Writer

rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya