4 Fakta Abdul Aziz, Pemain Pinjaman Persis Solo di Liga 1

Pemain pinjaman dari Persib Bandung

Intinya Sih...

  • Persis Solo mendatangkan pemain pinjaman dari Persib Bandung, Abdul Aziz Lutfi Akbar, untuk Liga 1 Indonesia 2024/2025.
  • Abdul Aziz memiliki pengalaman bermain di beberapa tim sebelum bergabung dengan Persis Solo, termasuk Pusamania Borneo dan PSMS Medan.
  • Meskipun memiliki prestasi bersama Persib Bandung, kontribusi Abdul Aziz menurun pada musim Liga 1 2023/2024 sehingga ia memutuskan untuk pindah ke Persis Solo.

Persis Solo terlihat aktif pada bursa transfer pemain Liga 1 Indonesia 2024/2025. Setidaknya, mereka telah mendatangkan sepuluh pemain lebih. Salah satunya ada Malik Abdul Aziz Lutfi Akbar.

Abdul Aziz memiliki kemampuan sebagai pemain gelandang tengah di atas lapangan. Namun, kepindahannya ke Persis sendiri hanya berstatus sementara. Itu disebabkan Abdul Aziz hanya bergabung dengan skema pinjaman dari Persib Bandung.

Coba ketahui empat fakta menarik Abdul Aziz Lutfi Akbar berikut ini!

1. Pemain jebolan Persib Bandung U-21

4 Fakta Abdul Aziz, Pemain Pinjaman Persis Solo di Liga 1Abdul Aziz Lutfi Akbar (instagram.com/persisofficial)

Abdul Aziz Lutfi Akbar merupakan pemain asli kelahiran Bandung, Jawa Barat pada 14 Februari 1994 (30 tahun). Pada awalnya, ia memulai karier junior di tim akademi Persib Bandung U-21 pada 2011—2014. Abdul Aziz bahkan juga menimba ilmu Semen Padang U-21 pada 2015.

Tak bertahan lama di Semen Padang U-21, Abdul Aziz sempat beristirahat dari dunia sepak bola. Setelah itu, ia diberi kesempatan untuk memulai karier profesional di Persiba Balikpapan pada 2016. Abdul Aziz pun pernah bermain untuk tim Pekan Olahraga Nasional (PON) Jawa Barat pada tahun yang sama.

Baca Juga: Profil Gonzalo Andrada, Gelandang Asing Milik Persis Solo

2. Meniti karier profesional bersama dua tim asal Kalimantan

4 Fakta Abdul Aziz, Pemain Pinjaman Persis Solo di Liga 1Abdul Aziz Lutfi Akbar (instagram.com/persisofficial)

Abdul Aziz Lutfi Akbar memulai karier profesional bersama tim asal Kalimantan, Persiba Balikpapan, pada April 2016. Tak lama kemudian, ia sempat dipinjamkan ke tim sepak bola PON Jabar pada Agustus 2016. Abdul Aziz lalu kembali ke Persiba selang 3 bulan berikutnya.

Pada Januari 2017, Abdul Aziz kembali mencari peruntungan bersama tim asal Kalimantan lainnya. Ia pernah memperkuat Pusamania Borneo. Bahkan, Abdul Aziz juga sempat merantau ke Sumatera Utara untuk membela PSMS Medan pada Desember 2017. Bertahan selama 2 tahun di PSMS, Abdul Aziz lalu pulang ke tanah kelahiran sendiri untuk memperkuat Persib Bandung.

3. Lama mengabdi untuk Persib Bandung

4 Fakta Abdul Aziz, Pemain Pinjaman Persis Solo di Liga 1Abdul Aziz Lutfi Akbar (instagram.com/persisofficial)

Abdul Aziz Lutfi Akbar resmi berseragam Persib Bandung pada Januari 2019. Ketika itu, ia didatangkan dengan status bebas transfer dari PSMS Medan. Kedatangan Abdul Aziz ke klub tanah kelahiran sendiri itu pun bertahan hingga 2024 ini.

Abdul Aziz telah mengabdi lama di Persib. Ia punya pengalaman bermain di Liga 1 Indonesia 2018/2019, 2019/2020, 2021/2022, 2022/2023, 2023/2024. Selama ini, Abdul Aziz memiliki peran penting di lini gelandang Persib pada tiap pertandingan.

Hebatnya, Abdul Aziz sudah menorehkan satu prestasi selama memperkuat Persib. Ia ikut andil ketika Tim Pangeran Biru menjuarai Liga 1 2023/2024. Pencapaian itu pun menjadi satu-satunya prestasi Abdul Aziz sepanjang kariernya.

4. Datang ke Persis Solo dengan status pinjaman pada 2024

4 Fakta Abdul Aziz, Pemain Pinjaman Persis Solo di Liga 1Abdul Aziz Lutfi Akbar (instagram.com/persisofficial)

Sayangnya, kontribusi Abdul Aziz Lutfi Akbar di Persib Bandung menurun saat bermain di Liga 1 2023/2024. Ia hanya membukukan tiga penampilan (56 menit tampil) dalam semusim penuh. Tidak heran bila Abdul Aziz mulai gelisah karena jarang mendapat menit bermain.

Benar saja, perjalanan karier Abdul Aziz akhirnya berubah setelah hijrah ke Persis Solo pada 13 Agustus 2024. Namun, ia hanya pergi dengan status pinjaman selama 1 tahun dari Persib. Masa peminjaman itu berlaku untuk bermain di Liga 1 2024/2025.

Abdul Aziz sendiri senang bisa bergabung dengan Persis. "Suatu kehormatan bagi saya dapat bergabung dengan Persis, saya merasa senang bisa berada di sini. Solo tidak asing bagi saya karena kebetulan orang tua saya juga lahir di Solo," kata Abdul Aziz dikutip situs resmi Persis Solo.

Itu tadi empat fakta menarik sosok Abdul Aziz Lutfi Akbar. Apakah ia mampu memberikan kontribusi terbaik untuk Persis Solo selama berkiprah di Liga 1 Indonesia 2024/2025?

Baca Juga: Profil Gardhika Arya, Bek Persis Solo Jebolan Persebaya U-18

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya