TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Profil Gonzalo Andrada, Gelandang Asing Milik Persis Solo

Pemain berpaspor Uruguay

Gonzalo Andrada (instagram.com/persisofficial)

Persis Solo sejauh ini memiliki tujuh pemain asing untuk bekal mengarungi Liga 1 Indonesia 2024/2025. Rinciannya, ada 5 pemain asing baru dan 2 pemain asing lama. Gonzalo Sebastian Andrada Acosta menjadi salah satu pemain asing yang baru direkrut Tim Laskar Sambernyawa musim ini.

Gonzalo Andrada berasal dari negara di Amerika Selatan, Uruguay. Pemain kelahiran 4 Juli 1997 (27 tahun) itu punya perjalanan karier yang cukup apik di negara sendiri. Gonzalo telah menghabiskan sebagian kiprahnya dengan memperkuat klub-klub di level tertinggi Liga Uruguay.

Baca Juga: Jadwal Tanding Persis Solo Agustus 2024, Lawan PSIS dan Persija

1. Jebolan klub-klub kasta tertinggi Liga Uruguay

Gonzalo Andrada (instagram.com/persisofficial)

Gonzalo Andrada punya rekam jejak membela klub-klub di kasta tertinggi Liga Uruguay. Itu terbukti setelah sang pemain pernah memperkuat empat klub. Mereka adalah CA Fenix, CA Progreso, Defensor Sporting Club, dan CA Rentistas. 

Defensor Sporting Club menjadi satu-satunya klub ternama yang pernah dibela Gonzalo Andrada di Uruguay. Pasalnya, tim berjuluk Violeta itu telah memiliki 4 trofi Liga Uruguay dan 2 trofi Piala Uruguay. Kiprah Gonzalo bersama Defensor SC sendiri terjadi di Primera Division Apertura Uruguay 2021/2022 dengan catatan lima penampilan (118 menit).

2. Punya statistik cukup cemerlang di Liga Uruguay

Gonzalo Andrada (instagram.com/persisofficial)

Gonzalo Andrada memiliki rekor yang cukup cemerlang selama mentas di kasta tertinggi Liga Uruguay. Buktinya, ia membukukan total 49 penampilan dengan 1 gol dan 2 assist di Primera Division Apertura Uruguay. Lalu, Gonzalo kembali mencatat 4 assist dari 50 penampilan selama berkiprah di Primera Division Clausura Uruguay.

Perlu diketahui, kedua kompetisi itu sama-sama berada di kasta tertinggi Liga Uruguay. Perbedaannya terletak pada jadwal bergulirnya kompetisi serta sistem liga. Untuk menentukan klub jawara, Uruguay nantinya akan mempertemukan klub juara dari Division Apertura dan Primera Division Clausura. Ini menjadi tradisi yang melekat pada sistem sepak bola di negara-negara Amerika Latin, termasuk Uruguay.

3. Hijrah ke Persis Solo, kali pertama merumput di Asia

Gonzalo Andrada (instagram.com/persisofficial)

Gonzalo Andrada terakhir kali bermain di Uruguay bersama CA Progreso pada musim 2023/2024. Setelah itu, ia mencari petualangan baru dengan menerima pinangan Persis Solo. Gonzalo dipercaya menjadi bagian dari Tim Laskar Sambernyawa untuk menyongsong Liga 1 Indonesia 2024/2025.

Gonzalo Andrada resmi berseragam Persis sejak 24 Juli 2024. Ia didatangkan Laskar Sambernyawa tanpa biaya sepersen pun alias gratis dari CA Progreso. Dengan begini, Gonzalo akan memulai pengalaman pertamanya untuk berkiprah di Indonesia sekaligus di luar Uruguay.

"Saya sangat senang tiba di Indonesia untuk membela PERSIS, karena ini merupakan pengalaman pertama saya bermain di luar negeri," kata Gonzalo Andrada dikutip dari laman resmi klub.

Verified Writer

rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya