4 Pemain Timnas Indonesia Naturalisasi Ini Keturunan Semarang

Bolo dewe lur!

Semarang, IDN Times - Kehadiran pemain naturalisasi semakin memperkuat Tim Nasional (Timnas) Indonesia dalam berbagai ajang sepak bola Internasional. Penampilan pemain keturunan Indonesia itu berhasil menambah kedalaman dan berkontribusi dalam kemenangan Timnas Indonesia.  

Seperti dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 antara Indonesia VS Vietnam putaran pertama yang digelar di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (21/3/2024) lalu. Sejumlah pemain seperti Sandy Walsh, Jay Idzes, Nathan Tjoe-A-On, Rafael Struick, dan Ivar Jenner mampu mampu menunjukkan penampilan terbaik mereka dan berkontribusi dalam kemenangan Indonesia VS Vietnam dengan skor 1-0.

Ternyata dari deretan nama pemain sepak bola yang mengalir darah Indonesia itu memiliki garis keturunan dari Kota Semarang. Rata-rata orang tua, nenek atau kakek mereka berasal dari Ibu Kota Jawa Tengah. Siapa saja mereka, berikut nama-namanya. 

1. Nathan Tjoe-A-On

4 Pemain Timnas Indonesia Naturalisasi Ini Keturunan SemarangPotret pemain Timnas Indonesia naturalisasi, Nathan Tjoe-A-On. (Instagram/@nathantjoeaon)

Nathan Tjoe-A-On resmi menjadi warga negara Indonesia setelah diambil sumpah dan janji pewarganegaraan di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno Hatta, Senin (11/3/2024). Pesepak bola kelahiran Rotterdam, Belanda, pada 22 Desember 2001 itu kini bermain di Liga Belanda SC Heerenveen. 

Nathan berhasil dinaturalisasi dan bergabung dengan Timnas Indonesia karena memiliki garis keturunan Indonesia dari kakeknya yang lahir di Semarang, Indonesia pada 22 Januari 1941. Ayah dari ibu Nathan berasal dari Semarang, Jawa Tengah.

Baca Juga: 2 Pemain PSIS Perkuat Timnas Kualifikasi Piala Dunia, Cek Namanya

2. Jay Idzes

4 Pemain Timnas Indonesia Naturalisasi Ini Keturunan SemarangPotret pemain Timnas Indonesia naturalisasi, Jay Idzes. (Instagram/@jayidzes)

Pemain Timnas Indonesia naturalisasi Jay Idzes mendapat banyak pujian saat debut di pertandingan Indonesia VS Vietnam di Kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran pertama lalu. Pelatih timnas Indonesia, Shin Tae Yong pun memasang Jay di lini belakang sejak pertandingan mulai hingga berakhir.  

Pesepak bola yang kini bermain di klub Liga Italia, Venezia FC itu lahir di Mierlo, Belanda, 2 Juni 2000. Ia memiliki darah Indonesia berasal dari sang kakek, yakni ayah dari ibunya yang lahir di Semarang, Jawa Tengah, pada 16 November 1939.

3. Rafael Struick

4 Pemain Timnas Indonesia Naturalisasi Ini Keturunan SemarangPotret Rafael Struick saat Timnas Indonesia kalahkan Vietnam 1-0 di SUGBK, Kamis (21/3/2024). (Instagram/@rafaelstruick).

Rafael Struick lahir di Leidschendam Belanda pada 27 Maret 2003. Pesepak bola yang kini merumput bersama ADO Den Haag di Belanda itu resmi menjadi WNI sejak bulan Mei 2023.

Rafael sudah beberapa kali membela Indonesia dalam beberapa ajang seperti kualifikasi Piala Asia 2023, FIFA Matchday Indonesia VS Argentina, dan terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2026 Indonesia VS Vietnam putaran pertama. 

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong memposisikan Rafael di posisi penyerang. Rafael keturunan Indonesia dari ibunya yang berdarah Jawa-Suriname. Selain itu, nenek atau ibu dari ayah Rafael merupakan orang Semarang, Jawa Tengah.

4. Shayne Pattynama

4 Pemain Timnas Indonesia Naturalisasi Ini Keturunan SemarangPotret pemain Timnas Indonesia naturalisasi, Shayne Pattynama. (Instagram/@s.pattynama)

Shayne Pattynama lahir di Lelystad, Belanda pada 11 Agustus 1998. Shayne resmi menjadi WNI untuk bergabung dengan Timnas Indonesia pada bulan Januari 2024 lalu.

Pesepak bola yang saat ini membela klub di Liga Norwegia, Eliteserien Viking FK itu menjalani debut saat FIFA Matchday Indonesia VS Argentina. 

Shayne Pattynama belum menjalani debut bersama Timnas Indonesia, Ia diharapkan menjadi pilihan Shin Tae Yong saat menghadapi Argentina. Pemain berpostur 186 cm tersebut keturunan Indonesia dari sang Ayah yang beretnis Maluku dari Pulau Haruku, Maluku Tengah tetapi lahir di Kota Semarang, Jawa Tengah.

Baca Juga: Profil Basajum Latuconsina, Pemain PSIS Semarang Perkuat Timnas U-20 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya