Cerita Asyifa Jadi Top Scorer di Kompetisi Sepak Bola Putri di Kudus

Bawa SD 2 Rendeng jadi juara MilkLife Soccer Challenge 2023

Kudus, IDN Times – Rona bahagia terpancar dari wajah Asyifa Sholawa Farizqi saat berdiri di atas podium sambil mengangkat piala bersama rekan satu tim dari SD 2 Rendeng Kudus. Sebab, mereka berhasil menjadi juara Milklife Soccer Challenge 2023 untuk kelompok usia U-13. 

1. Asyifa cetak 31 gol

Cerita Asyifa Jadi Top Scorer di Kompetisi Sepak Bola Putri di KudusAsyifa Sholawa Farizqi ketika beraksi di atas lapangan partai final MilkLife Soccer Challenge 2023. SD 2 Rendeng berhasil menjadi juara turnamen yang digagas oleh Bakti Olahraga Djarum Foundation dan MilkLife tersebut usai mengalahkan MI NU Baitul Mukminin A pada partai final. (dok. Djarum Foundation)

Perjalanan panjang untuk bisa meraih gelar juara dalam kompetisi sepak bola putri itu. Asyifa bersama teman-temannya dari SD 2 Rendeng harus berjuang menyisihkan tim lain selama empat hari pertandingan.

Tidak hanya timnya yang menang, siswi yang mengidolakan pemain timnas sepak bola putri Indonesia, Safira Ika Putri ini juga berucap syukur sekaligus bangga karena berhasil menjadi Top Scorer di kategori U-13.

“Saya senang bisa mencetak banyak gol dan membawa tim memenangi turnamen ini. Dalam meraih gelar Top Scorer, saya berhasil mengemas 31 gol sepanjang ajang berlangsung,’’ katanya, Senin (19/6/2023).

Tak hanya Asyifa, sang ibu Kasih Anik yang setia mendukung dari bangku tribun juga merasa bangga dengan capaian putrinya tersebut. Ia menilai, bahwa prestasi putrinya itu bukan hanya berasal dari Asyifa seorang. Akan tetapi, juga kerja sama tim yang solid serta berkat latihan rutin yang dijalani Asyifa sejak usia 8 tahun.

2. Siswi lebih giat tekuni sepak bola putri

Cerita Asyifa Jadi Top Scorer di Kompetisi Sepak Bola Putri di KudusPara pemenang MilkLife Soccer Challenge 2023. (dok. Djarum Foundation)

Untuk diketahui, Asyifa tidak hanya berprestasi di bidang olahraga, tapi ia juga anak yang cerdas di bidang akademik. Dari kelas 1 SD, Asyifa selalu masuk ranking 10 besar.

‘’Maka itu, saya selalu mendukung karier Asyifa di sepak bola. Terima kasih untuk Djarum Foundation dan MilkLife yang telah menyelenggarakan turnamen sepak bola putri yang baru pertama kali ada, lengkap dengan sarana dan prasarana yang sangat memadai,” ungkap Kasih.

Sementara itu, juara dari kelompok usia U-10, SD NU Nawakartika, sangat puas dengan capaian prestasi mereka di MilkLife Soccer Challenge 2023.

Salah satu siswi, Amira Sailin mengatakan, bahwa kemenangan ini menjadi motivasi untuk timnya lebih giat menjalani latihan dan menekuni sepak bola putri.

“Saya gembira karena kami bisa menjadi juara. Walaupun dari babak perempat final ketemu dengan lawan-lawan yang cukup berat. Tapi karena dukungan dari pelatih, guru, dan orangtua kami jadi semangat bertanding dan akhirnya menjadi juara,” katanya yang berhasil menyandang predikat Best Goalkeeper U-10.

3. SD NU Nawakartika juara di kategori U-10

Cerita Asyifa Jadi Top Scorer di Kompetisi Sepak Bola Putri di KudusPara siswi SD di Kabupaten Kudus mengikuti kompetisi sepak bola putri ''Milklife Soccer Challenge 2023'' di Supersoccer Arena Kudus, 15–18 Juni 2023. (dok. Djarum Foundation)

Sementara, selama empat hari mulai 15–18 Juni 2023, turnamen sepak bola putri bertajuk MilkLife Soccer Challenge 2023 itu mempertemukan 32 sekolah dasar di Kudus, Jawa Tengah. Dalam babak final yang dihelat di Supersoccer Arena tersebut, SD 2 Rendeng berhasil menjadi kampiun untuk kategori U-13. Sementara, SD NU Nawakartika meraih titel juara di kelompok usia U-10.

Sejatinya, ajang yang diinisiasi oleh Bakti Olahraga Djarum Foundation bersama MilkLife ini tak hanya bertujuan mencari calon atlet masa depan sepak bola putri Indonesia semata. Turnamen ini juga diharapkan dapat meningkatkan kecerdasan sosial dan emosional anak sehingga kelak menjadi pribadi yang berkarakter dan tangguh.

Program Director Bakti Olahraga Djarum Foundation, Yoppy Rosimin mengatakan, kecerdasan sosial dan emosional akan terbentuk melalui sepak bola putri. Karena olahraga ini melatih kerja sama tim yang mampu meningkatkan kepercayaan diri anak, menumbuhkan sikap disiplin, jiwa kemimpinan dan pantang menyerah.

4. Milklife Soccer Challenge sebagai lecutan semangat untuk cinta sepak bola

Cerita Asyifa Jadi Top Scorer di Kompetisi Sepak Bola Putri di KudusPara siswi SD di Kabupaten Kudus mengikuti kompetisi sepak bola putri ''Milklife Soccer Challenge 2023'' di Supersoccer Arena Kudus, 15–18 Juni 2023. (IDN Times/bt)

“Sepak bola putri itu olahraga beregu yang sangat dinamis di lapangan, sehingga anak-anak dilatih untuk berpikir kreatif, fokus dalam berkonsentrasi, mudah dalam memahami sesuatu. Selain itu, dapat memecahkan masalah lebih baik,” ungkapnya usai upacara penghargaan pemenang MilkLife Soccer Challenge 2023 di Supersoccer Arena, Rendeng Kudus, Minggu (18/6/2023).

Sementara itu, MilkLife Marketing Services Senior Manager, Frandy Wirajaya S mengucapkan, selamat kepada para siswi yang berhasil menyandang gelar juara dan juga ratusan peserta yang telah berjuang selama empat hari penyelenggaraan MilkLife Soccer Challenge. Ia berharap turnamen ini dapat menjadi motivasi untuk meraih prestasi yang lebih tinggi di masa depan.

“Selamat kepada para juara! Semoga dengan terselenggaranya MilkLife Soccer Challenge ini, menjadi lecutan semangat bagi mereka agar lebih mencintai sepak bola, yang juga dapat membantu tumbuh kembang anak,’’ tuturnya.

Baca Juga: Bangkitkan Sepak Bola Putri, Guru Olahraga SD di Kudus Ikuti Pelatihan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya