Comscore Tracker

PSIS Semarang Taklukkan Persis Solo di Piala Presiden 2022, Menang 2-1

Dewangga dan Fortes bawa kemenangan Laskar Mahesa Jenar

Surakarta, IDN Times - PSIS Semarang berhasil menundukkan Persis Solo dengan skor 2-1 dalam pertandingan babak penyisihan Grup A Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan Kota Surakarta, Selasa (21/6/2022). Kemenangan tersebut merupakan pembuktian bagi Laskar Mahesa Jenar karena telah mematahkan histori bahwa selalu kalah jika bertanding di kandang Laskar Sambernyawa.

1. Babak pertama PSIS dan Persis imbang 1-1

PSIS Semarang Taklukkan Persis Solo di Piala Presiden 2022, Menang 2-1Pertandingan PSIS Semarang melawan Persis Solo pada abak penyisihan Grup A Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan Solo, Selasa (21/6/2022). (dok. PSIS)

Gol PSIS Semarang disumbang oleh Alfeandra Dewangga pada menit ke-35 dan Carlos Fortes di menit ke-68. Keduanya membobol gawang Persis Solo yang dijaga Riyandi melalui crossing atau tandukan kepala. 

Pada babak pertama kedua tim berbagi poin 1-1. Gol PSIS dicetak oleh Alfeandra Dewangga, sedangkan Persis dicetak oleh Fabiano Beltrame pada menit ke-45. 

Jalannya babak pertama yang terpantau melalui aplikasi Vidio, PSIS melakukan ancaman-ancaman ke Persis sejak menit awal. Fortes hampir mencetak gol di menit ke-8 melalui umpan Hari Nur. Namun, kiper Persis Riyandi masih bisa mengagalkan upaya striker PSIS tersebut. 

Baca Juga: Jelang Derby, Suporter PSIS Semarang dan Persis Solo Bentangkan Spanduk Perdamaian

2. Alfeandra Dewangga cetak gol di menit ke-36

PSIS Semarang Taklukkan Persis Solo di Piala Presiden 2022, Menang 2-1Pemain PSIS Semarang, Alfeandra Dewangga di BRI Liga 1 2021/2022. (Dok. PSIS)

Laskar Mahesa Jenar kembali memberikan serangan ke Persis melalui Eka Febri pada menit ke-14 dengan keras menendang bola ke gawang tapi masih gagal. 

Serangan itu tidak dibiarkan oleh Laskar Sambernyawa. Melalui Irfan Jauhari dan Fabiano Beltrame mereka mencoba menerobos pertahanan PSIS. Namun, keduanya belum beruntung karena bola masih melambung di atas gawang. 

Hingga akhirnya pada menit ke-36, PSIS Semarang berhasil membobol gawang Persis Solo melalui crossing Alfeandra Dewangga. Gol tersebut berawal dari umpan Fredyan Wahyu dan dimanfaatkan dengan cekatan oleh Dewangga yang berada di dekat gawang Persis. 

Mengejar ketertinggalan, Persis Solo berusaha menyamakan kedudukan di menit-menit akhir babak pertama. Hingga di menit ke-45 melalui sundulan kepala Fabiano Beltrame, Persis Solo berhasil menyamakan skor dan kedua tim harus berbagi poin sampai babak pertama selesai. 

3. PSIS lakukan pergantian sejumlah pemain

PSIS Semarang Taklukkan Persis Solo di Piala Presiden 2022, Menang 2-1Pertandingan PSIS Semarang melawan Persis Solo pada abak penyisihan Grup A Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan Solo, Selasa (21/6/2022). (dok. PSIS)

Memasuki babak kedua, PSIS dan Persis kembali berusaha menguasai bola. Pemain Persis Solo, Samsul Arif langsung mencoba memanfaatkan kesempatan untuk membobol gawang PSIS yang dijaga Redondo tapi masih belum beruntung. Demikian juga PSIS melalui Hari Nur mendapatkan peluang di depan gawang Persis, tapi lagi-lagi Riyandi berhasil menyelamatkan timnya. 

Pada menit ke-55, PSIS melakukan pergantian pemain dengan menarik Hari Nur dan memasukkan Wawan Febrianto dan mengganti Guntur Triaji dengan Alie Sesay. Tidak lama kemudian, Eka Febri harus cedera dan Jonathan Cantillana masuk ke lapangan. 

Dengan pemain yang baru masuk, Laskar Mahesa Jenar mendapatkan banyak peluang. Pertama, Fernando Oktafianus hampir mencetak gol tapi masih gagal. Kemudian, Jonathan yang baru saja bergabung pada menit ke-64 juga berusaha mengancam dengan sundulan keras ke gawang Persis tapi masih juga gagal. 

4. Fortes cetak gol melalui tandukan kepala

PSIS Semarang Taklukkan Persis Solo di Piala Presiden 2022, Menang 2-1Pemain PSIS Semarang, Carlos Fortes menentukan kemenangan dalam laga uji coba Liga 1 2022 melawan PSM Makassar di Stadion Jatidiri Semarang, Sabtu (28/5/2022). (dok. PSIS)

Sampai akhirnya, Fortes mencairkan ketegangan dengan mencetak gol di gawang Riyandi Persis Solo di menit ke-64 melalui sundulan kepala. Gol itu berawal dari umpan Fredyan Wahyu, kemudian diselesaikan Fortes dengan dua tandukan.

Hingga mendekati babak kedua selesai persaingan semakin sengit. Kedua tim saling mengancam sampai wasit harus mengeluarkan sejumlah kartu kuning untuk pemain dan kartu merah untuk official tim PSIS. 

Namun, sampai menit ke-95 tidak ada tambahan gol dari PSIS maupun Persis. PSIS Semarang akhirnya menang lawan Persis Solo dengan skor 1-2.

Baca Juga: PSIS Semarang vs Dewa United FC, Pelatih Sergio Alexandre Puas

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya