5 Pemain AC Milan 2022/2023 yang Pernah Berkarier di Liga Inggris EPL

Dari Ibrahimović hingga Fikayo Tomori

AC Milan kembali melanjutkan tren positifnya pada musim 2022/2023. Dalam kompetisi domestik, I Rossoneri mampu bertengger di posisi ke-4 klasemen sementara Serie A. Tak sampai di situ, AC Milan juga berhasil melaju ke babak perempat final Liga Champions Eropa.

Komposisi skuad yang mumpuni menjadi salah satu faktor keberhasilan tersebut. Skuad AC Milan saat ini dihuni oleh sederet talenta muda berbakat serta pemain senior sarat pengalaman. Sehubungan dengan itu, ternyata lima pemain di antaranya pernah berkarier di English Premier League (EPL). Siapa saja mereka? Berikut daftarnya!

1. Zlatan Ibrahimović

5 Pemain AC Milan 2022/2023 yang Pernah Berkarier di Liga Inggris EPLIbrahimović bersama MU (instagram.com/iamzlatanibrahimovic)

Pada Januari 2020, Ibrahimović kembali bereuni dengan AC Milan setelah sebelumnya sempat bergabung pada musim 2011/2012. Meski tak lagi jadi andalan, kehadiran Ibrahimović membawa pengaruh tersendiri. Ia diharapkan mampu menularkan pengalamannya kepada para pemain muda AC Milan.

Ibrahimović sendiri memiliki pengalaman yang sangat mentereng. Dirinya pernah menjajal liga-liga top Eropa salah satunya Premier League. Di sana ia memperkuat Manchester United pada Juli 2016—Maret 2018.

Selama 1,5 musim berseragam The Red Devils, pemain Swedia ini mampu tampil tajam. Torehan 17 gol dan 5 assist berhasil diraihnya dari 33 laga di Premier League.

2. Divock Origi

5 Pemain AC Milan 2022/2023 yang Pernah Berkarier di Liga Inggris EPLDivock Origi bersama Liverpool (instagram.com/divockorigi)

AC Milan menambah amunisinya di lini serang pada bursa transfer musim panas 2022. I Rossoneri mendatangkan Divock Origi secara bebas transfer setelah kontraknya bersama Liverpool habis.

Origi sendiri pernah berkarier selama 7 musim bersama Liverpool yaitu sejak 2015—2022. Meski begitu, dirinya hanya berperan sebagai pemain pelapis. Bahkan, ia juga sempat dipinjamkan ke klub lain.

Selama bermain untuk Liverpool, Origi mampu mengemas 22 gol dan 6 assist dari 107 pertandingan di Premier League. Sebuah kontribusi yang bagus bagi seorang pemain pelapis.

Baca Juga: 5 Alasan Barcelona Bisa Tampil Dominan di La Liga Spanyol 2022/2023

3. Olivier Giroud

5 Pemain AC Milan 2022/2023 yang Pernah Berkarier di Liga Inggris EPLOlivier Giroud bersama Arsenal (twitter.com/oliviergiroud)

Sejak bergabung pada Juli 2021, Olivier Giroud selalu menjadi pilihan utama di lini serang AC Milan. Dirinya berhasil mengemban tugas sebagai pencetak gol utama dengan baik.

Ketajaman Giroud memang sudah tidak diragukan lagi. Sebab, dirinya pernah menjadi penyerang andalan bagi dua klub besar Premier League, Arsenal dan Chelsea.

Penyerang Prancis itu pernah membela Arsenal pada 2012—2018 dan juga Chelsea pada 2018—2021. Selama bermain untuk dua klub tersebut di Premier League, Giroud telah mencatat 255 pertandingan serta berhasil mencetak 90 gol dan 26 assist.

4. Tiémoué Bakayoko

5 Pemain AC Milan 2022/2023 yang Pernah Berkarier di Liga Inggris EPLBakayoko bersama Chelsea (instagram.com/bakayoko_official14)

Tiémoué Bakayoko sejatinya masih berstatus sebagai pemain Chelsea. AC Milan hanya meminjamnya dari Chelsea pada musim panas 2021. Sebelumnya ia juga pernah dipinjam AC Milan pada musim panas 2018.

Bakayoko telah bergabung dengan Chelsea sejak Juli 2017. Namun, nasibnya bersama Chelsea tidak berjalan baik. Ia justru sering dipinjamkan The Blues ke klub lain lantaran performanya yang dinilai buruk.

Selama berseragam Chelsea, ia hanya mencatat 29 penampilan di Premier League dengan torehan 2 gol. Penampilan tersebut pun hanya terjadi pada musim pertamanya bersama Chelsea.

4. Fikayo Tomori

5 Pemain AC Milan 2022/2023 yang Pernah Berkarier di Liga Inggris EPLFikayo Tomori bersama Chelsea (instagram.com/fikayotomori)

Nama Fikayo Tomori semakin mencuat ke permukaan setelah tampil cukup solid bersama AC Milan. Tomori bergabung secara permanen dengan AC Milan pada musim panas 2021 setelah sebelumnya hanya berstatus sebagai pemain pinjaman dari Chelsea.

Tomori merupakan produk jebolan akademi Chelsea. Namun, Chelsea tidak mampu melihat potensi besar dalam diri Tomori sehingga jarang memberinya kesempatan bermain. 

Pemain yang berposisi sebagai bek itu hanya mencatat 17 penampilan bersama Chelsea di Premier League. Tomori justru lebih sering dipinjamkan ke klub lain.

Berbekal pengalaman yang mumpuni, kehadiran mereka tentu membawa pengaruh positif bagi tim. Hal tersebut sangat diperlukan AC Milan dalam mengarungi kompetisi domestik maupun Eropa. 

Baca Juga: 6 Pemain PSG Mencoba Peruntungan di Premier League Inggris 2022/2023

Muhammad Faisal Ramadhan Photo Community Writer Muhammad Faisal Ramadhan

terus melangkah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya