5 Alasan Barcelona Bisa Tampil Dominan di La Liga Spanyol 2022/2023

Hadirnya Robert Lewandowski jadi salah satunya  

Barcelona tampil dominan di La Liga Spanyol 2022/2023. Hal itu dibuktikan dengan mereka yang mampu meraih 23 kemenangan di La Liga musim ini. 

Kemenangan terakhir Barcelona diraih usai menaklukan Elche di kandang lawan saat pertandingan pekan ke-27, Minggu (20/3/2023). Mereka berhasil menang telak 4-0.

Dominasi skuad Barcelona di gelaran La Liga musim ini tak datang sendiri. Sebab, ada beberapa alasan yang membuat mereka tampil dominan di tiap laga.

1. Kehadiran Robert Lewandowski  

5 Alasan Barcelona Bisa Tampil Dominan di La Liga Spanyol 2022/2023potret Robert Lewandowski (instagram.com/_rl9)

Kehadiran Robert Lewandowski memang membawa berkah bagi Barcelona. Saat ini, kapten Timnas Polandia itu jadi pemain dengan sumbangan gol terbanyak.

Di La Liga 2022/2023, Lewandowski tercatat telah mencetak 15 gol. Pencapaian itu diraih sejak debutnya bersama Barcelona tahun lalu.

Hadirnya Lewandowski di dalam skuad bahkan disebut sebagai pengganti Luis Suarez yang keluar pada 2020 lalu. Sebab, Suarez juga merupakan pemain dengan sumbangan gol terbanyak Barcelona.

2. Kualitas dan performa pemain yang baik  

5 Alasan Barcelona Bisa Tampil Dominan di La Liga Spanyol 2022/2023Para pemain Barcelona sedang merayakan raihan gol. (fcbarcelona.com)

Dominasi Barcelona di La Liga 2022/2023 juga tak lepas dari penampilan para pemainnya. Sebab, sebagian besar pemain mereka punya kualitas dan performa yang baik.

Hal tersebut dibuktikan dengan enam pemain Barcelona yang mampu mencetak lebih dari lima gol. Sementara itu, 12 pemain lainnya tercatat telah melakukan banyak assist.

Selain itu, kehadiran pendatang baru, seperti Rapinha, Marcos Alonso, dan Franck Kessie juga sangat berpengaruh terhadap performa klub. Sebab, kehadiran mereka jadi kunci bagi Barcelona untuk tampil dominan di tiap laga.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United yang Cuma Main Sebentar di Old Trafford

3. Punya lini pertahanan yang kuat  

5 Alasan Barcelona Bisa Tampil Dominan di La Liga Spanyol 2022/2023Para pemain Barcelona sedang merayakan raihan gol. (fcbarcelona.com)

Di La Liga musim ini, Barcelona tercatat baru kebobolan sembilan gol. Mereka jadi klub dengan jumlah kebobolan terendah sejauh ini.

Hal tersebut tentunya tak lepas dari kuatnya lini pertahanan Barcelona. Sebab, ada beberapa pemain yang berperan penting dalam menjaga lini pertahanan mereka.

Salah satu contohnya ialah sang kiper, Marc Andre ter Stegen. Ia dinilai punya performa yang baik dan kerap melakukan penyelamatan tak terduga di depan gawang.

Kehadiran Jules Kounde dan Andreas Christensen juga sangat berpengaruh di lini tengah. Performa mereka sebagai bek tengah terbilang baik untuk mengantisipasi serangan balik. Selain itu, kehadiran Alejandro Balde dan Sergi Roberto di posisi bek kiri dan kanan juga dinilai ampuh dalam menahan serangan lawan.

4. Punya pemain yang haus juara  

5 Alasan Barcelona Bisa Tampil Dominan di La Liga Spanyol 2022/2023Para pemain Barcelona sedang merayakan raihan gol. (fcbarcelona.com)

Musim 2018/2019 merupakan kali terakhir Barcelona menjuarai La Liga. Saat itu, mereka berada di peringkat ke-1 di klasemen klub. Sementara itu, Atletico Madrid berada di posisi runner up.

Sayangnya, hingga kini, klub yang berjuluk Blaugrana itu belum kembali jadi juara La Liga. Sebab, juara La Liga musim 2020/2021 diraih oleh Atletico Madrid, sedangkan musim 2021/2022 diraih oleh Real Madrid.

Hal tersebut tentunya membuat semua pemain Barcelona haus gelar. Mereka ingin klubnya kembali jadi juara La Liga setelah beberapa tahun puasa gelar.

Apalagi, sejauh ini, Barcelona juga kerap meraih hasil positif di tiap pertandingan. Itu tentu jadi pendongkrak semangat bagi para pemain untuk tetap tampil kompetitif demi membawa klubnya jadi juara La Liga.

5. Performa Real Madrid yang menurun  

5 Alasan Barcelona Bisa Tampil Dominan di La Liga Spanyol 2022/2023Para pemain Real Madrid sedang merayakan raihan gelar juara La Liga Spanyol 2021/2022. (realmadrid.com)

Di La Liga 2022/2023, performa Real Madrid terbilang menurun. Sebab, performa mereka dinilai tak banyak mengalami perubahan dari musim lalu. Apalagi, pemain andalan mereka, Karim Benzema, juga sempat absen di sepuluh pertandingan karena cedera.

Selain itu, Real Madrid juga dinilai tak mampu menyaingi performa Barcelona sebagai rival utamanya di La Liga. Sebab, karakter bermain Barcelona yang menyerang kerap merepotkan lini pertahanan mereka. Hal tersebut tentu jadi peluang besar bagi Barcelona untuk merebut gelar juara La Liga musim ini.

Barcelona kini berada di puncak klasemen La Liga 2022/2023 dengan total 68 poin. Jumlah poin mereka hanya berjarak 12 poin dari Real Madrid yang menghuni peringkat ke-2. Jika bisa mempertahankan performanya, Barcelona berpeluang untuk jadi juara La Liga musim ini.

Baca Juga: 5 Pemain Argentina yang Memperkuat Sevilla di Liga Spanyol 2022/2023

Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara Photo Community Writer Ahmad Dyandra Rama Putra Bagaskara

Mahasiswa HI yang suka menulis apapun yang ada di dekatnya, terutama seputar olahraga dan juga atlet.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya