5 Pemain Argentina Termuda yang Mencetak Gol di Liga Champions Eropa

Nico Paz dan Alejandro Garnacho masuk dalam daftar

Sebagai salah satu negara terkuat di bidang sepak bola, Argentina tak henti-hentinya menelurkan pemain-pemain muda potensial.

Yang terbaru, ada nama Nico Paz yang diturunkan Carlo Ancelotti ketika Real Madrid menghadapi Napoli pada matchday ke-5 Liga Champions Eropa (UCL) 2023/2024. Memakai nomor punggung 32, ia masuk menggantikan Brahim Diaz di menit 65.

Kesempatan yang diberikan pelatih tak ia sia-siakan begitu saja. Pemain yang lahir di Spanyol itu mencetak gol penting pada menit 84 yang membuat Real Madrid kembali unggul dengan skor 3-2. Di akhir pertandingan, Los Blancos berhasil menang dengan skor 4-2 berkat tambahan satu gol Joselu pada menit 94.

Di laga itu, Nico Paz masih berusia 19 tahun 2 bulan 21 hari. Gol yang bersarang ke gawan Alex Meret itu menjadikannya salah satu pemain Argentina termuda yang mencetak gol dalam sejarah UCL. Termasuk Nico Paz, berikut lima pemain Argentina termuda yang mencetak gol di UCL.

Baca Juga: Kiper Manchester United dengan Clean Sheet Terbanyak dalam 1 Musim EPL

1. Lionel Messi mencetak gol pertama di UCL ketika berusia 18 tahun 4 bulan 9 hari

5 Pemain Argentina Termuda yang Mencetak Gol di Liga Champions EropaLionel Messi (fcbarcelona.com)

Lionel Messi masih memegang rekor sebagai pemain Argentina termuda yang mencetak gol di UCL. Itu terjadi di musim 2005/2006. Ia yang masih berusia 18 tahun 4 bulan 9 hari mencetak satu gol ke gawang Panathinaikos pada 2 November 2005. Di laga itu, Blaugrana berhasil menang telak dengan skor 5-0.

Sayangnya, Messi harus absen membela Barcelona sejak babak perempat final hingga final di UCL musim itu. Hal itu lantaran cedera yang ia dapat ketika menghadapi Chelsea di leg kedua babak 16 besar. Tanpa Messi, Barcelona berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Arsenal di babak final.

2. Nico Paz cetak gol pertamanya di UCL lewat tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti

5 Pemain Argentina Termuda yang Mencetak Gol di Liga Champions EropaNico Paz (instagram.com/nicopaz1o)

Gol yang dicetak Nico Paz ke gawang Napoli di UCL 2023/2024 membuatnya berada diurutan kedua dalam daftar ini. Ia mampu melampaui capaian beberapa nama top, seperti Gonzalo Higuaín dan Lautaro Martinez. Ia hanya butuh dua pertandingan untuk mencetak gol pertamanya di UCL.

Masuk sebagai pemain pengganti, ia tampil percaya diri dan mencetak gol tendangan jarak jauh dari luar kotak penalti.

Alex Meret yang bermain penuh sebagai kiper Napoli sebenarnya mampu menebak arah tendangan tersebut. Sayangnya, bola berhasil masuk ke gawang meski sempat ditepis kiper asal Italia itu. 

3. Alejandro Garnacho cetak gol pertama di UCL ketika menghadapi Galatasaray pada 2023/2024

5 Pemain Argentina Termuda yang Mencetak Gol di Liga Champions EropaAlejandro Garnacho (manutd.com)

Alejandro Garnacho berada di urutan ketiga dalam daftar ini. Gol pertamanya di UCL tercipta di hari yang sama seperti Nico Paz.

Berusia 19 tahun 4 bulan 29 hari, ia berhasil menyumbang satu gol saat Manchester United bermain imbang melawan Galatasaray di matchday ke-5 UCL 2023/2024.

Di laga itu, Garnacho bermain sejak menit pertama sebagai winger. Golnya tercipta pada menit 11, memanfaatkan umpan matang dari Bruno Fernandes. Sayangnya, Setan Merah gagal mencuri tiga poin lantaran laga berakhir dengan skor 3-3.

4. Javier Saviola cetak gol pertama di UCL ketika membela Barcelona

5 Pemain Argentina Termuda yang Mencetak Gol di Liga Champions EropaJavier Saviola (instagram.com/javier.saviolaok)

Javier Saviola merupakan penyerang yang membela Barcelona pada 2001—2007. Blaugrana merekrutnya dari River Plate pada musim panas 2001 dengan biaya sebesar 35,9 juta euro atau 602 miliar rupiah. Pada musim panas 2007, ia hengkang ke klub rival, Real Madrid secara gratis.

Gol pertamanya di UCL tercipta pada 18 September 2001. Berusia 19 tahun 9 bulan 7 hari, ia mencetak satu gol ketika Barcelona berhasil mengalahkan Fenerbahce dengan skor 0-3. Dua gol lainnya dicetak oleh Patrick Kluivert dan Patrik Andersson.

5. Sergio Agüero cetak 41 gol selama berlaga di UCL

5 Pemain Argentina Termuda yang Mencetak Gol di Liga Champions EropaSergio Agüero (uefa.com)

Yang terakhir, ada mantan bintang timnas Argentina. Sergio Aguero mencetak dua gol ketika debut di UCL pada 16 September 2008. Berusia 20 tahun 3 bulan 14 hari, ia berhasil membawa Atletico Madrid menang atas PSV Eindhoven. 

Sepanjang kariernya, Aguero berhasil mencatatkan 41 gol di UCL. Ia menjadi pemain Argentina dengan koleksi gol terbanyak kedua di UCL.

Pemain yang juga pernah membela Manchester City itu hanya kalah dari Lionel Messi yang mengoleksi 129 gol. 

Dengan performa yang telah ditunjukkan, Nico Paz dan Alejandro Garnacho bisa menjadi bintang masa depan timnas Argentina. Meski begitu, kedua pemain tersebut dituntut untuk mampu terus berkembang demi mampu meraih prestasi di level klub dan tim nasional.

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Terbanyak dalam Duel Manchester City vs Tottenham

Firdaus Ala I Photo Community Writer Firdaus Ala I

Suka nonton Highlight Ajax Amsterdam sewaktu kecil, tapi jadi fans MU pada akhirnya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya