5 Gelandang Termahal Liga Inggris di Bursa Transfer Panas Musim 2023

Salah satunya Mason Mount

Menjelang berakhirnya bursa transfer musim panas 2023, banyak klub-klub Premier League yang mulai berbenah di sektor lini tengah. Sebab, gelandang berperan penting dalam menjadi motor serangan tim dan menjadi pemain yang menginisiasi keberhasilan serangan tim. Selain itu, lini tengah juga menjadi lini yang membantu pertahanan tim ketika dalam transisi dari menyerang ke bertahan.

Itu sebabnya banyak klub top Eropa yang rela merogoh kocek besar untuk mendatangkan gelandang terbaik. Bahkan, klub asal London yaitu Chelsea telah memecahkan rekor transfer termahal demi mendatangkan gelandang potensial asal Argentina pada bursa transfer musim dingin 2023. Berikut ini lima gelandang termahal di Liga Inggris pada bursa transfer musim panas 2023.

1. Sandro Tonali

5 Gelandang Termahal Liga Inggris di Bursa Transfer Panas Musim 2023Sandro Tonali (instagram.com/sandrotonali)

Sejak kedatangan investor asal Arab Saudi pada tahun Oktober 2021. Newcastle United bergegas untuk membeli beberapa pemain anyar. Salah satunya adalah Sandro Tonali, gelandang asal Italia tersebut ditebus oleh Newcastle United dari AC Milan dengan biaya mencapai 55 juta pound atau sekitar Rp1 triliun.

Sandro dikontrak selama lima tahun untuk berseragam Newcastle United. Di bawah asuhan Eddie Howe, Sandro Tonali diproyeksikan akan ditempatkan sebagai gelandang tengah. Hal tersebut melihat permainannya ketika masih memperkuat AC Milan. Pemain yang memiliki 14 caps bersama timnas Italia, telah mencatatkan 130 pertandingan selama tiga musim bersama AC Milan dan juga terpilih sebagai kapten tim AC Milan.

2. Mason Mount

5 Gelandang Termahal Liga Inggris di Bursa Transfer Panas Musim 2023Mason Mount (https://www.manutd.com/)

Manchester United telah mendatangkan Mason Mount dari Chelsea setelah mencapai kesepakatan senilai 60 juta pound atau setara Rp1,1 triliun. Mason Mount merupakan salah satu rekrutan yang paling diinginkan oleh pelatih Manchester United, Erik ten Hag. Pasalnya, saat Erik ten Hag masih menjadi sebagai pelatih Ajax Amsterdam, ia pernah mencoba mendatangkan Mason Mount ke Ajax Amsterdam dengan status pinjam pada tahun 2019.

Hal tersebut membuat Erik ten Hag kembali meyakinkan gelandang Inggris tersebut untuk bergabung dengan timnya saat menjabat sebagai pelatih Manchester United. Selama berkarier di Chelsea, Mason Mount telah mencetak 30 gol dan menciptakan 24 assists dalam 143 penampilan. Kedatangan Mason Mount membuat kedalaman lini tengah Manchester United semakin berkualitas. Selain itu, Mason Mount adalah gelandang yang sering menciptakan gol dan assists, hal tersebut sangat dibutuhkan oleh Manchester United yang mengalami kesulitan dalam mencetak gol.

Baca Juga: 6 Pemain Baru Nottingham Forest 2023, Ada Wonderkid Chelsea!

3. Dominik Szoboszlai

5 Gelandang Termahal Liga Inggris di Bursa Transfer Panas Musim 2023Dominik Szoboszlai (https://www.liverpoolfc.com/)

Pada musim 2023/2024, Liverpool merombak lini tengah usai menjual Henderson dan Fabinho. Setelah itu, Liverpool mendatangkan sejumlah pemain baru, salah satunya yakni Dominik Szoboszlai. Kapten timnas Hungaria tersebut direkrut Liverpool dari RB Leipzig seharga 60 juta pound atau senilai Rp1,1 triliun demi mendatangkan pemain yang baru berusia 22 tahun tersebut.

Liverpool rela mengeluarkan dana yang tidak sedikit demi mendatangkan pemain yang berhasil membawa RB Leipzig meraih gelar DFB Pokal. Hal tersebut karena Szoboszlai merupakan gelandang box-to-box yang sering melakukan tembakan dari luar kotak penalti yang bisa menjadi senjata utama Liverpool ketika mengalami kebuntuan dalam mencetak gol. Selain itu, dirinya mampu di tempatkan di berbagai posisi di lini tengah yang dapat dimanfaatkan oleh Juergen Klopp dalam memberikan peran yang berbeda dalam suatu pertandingan. 

4. Declan Rice

5 Gelandang Termahal Liga Inggris di Bursa Transfer Panas Musim 2023Declan Rice (twitter.com/Arsenal)

Arsenal mendatangkan gelandang Inggris yaitu Declan Rice dengan biaya mencapai 105 juta pound atau setara Rp2 triliun. Hal tersebut menjadi rekor nilai transfer termahal Arsenal sepanjang sejarah klub asal London tersebut. Pengalamannya sebagai pemain yang baru berusia 24 tahun membuat Mikel Arteta kepincut untuk mendatangkan kapten West Ham United.

Pada musim lalu, Declan Rice berhasil membawa West Ham United menjuarai Europa Conference League setelah mengalahkan Fiorentina di partai final. Selain itu, Declan Rice telah mencatatkan 245 pertandingan bersama West Ham United dan memiliki 41 caps bersama timnas Inggris. Atas pengalamannya tersebut, membuat Declan Rice memutuskan untuk meninggalkan West Ham United dan membela Arsenal untuk bermain di level tertinggi (Liga Champions Eropa).

5. Moises Caicedo

5 Gelandang Termahal Liga Inggris di Bursa Transfer Panas Musim 2023Moises Caicedo (twitter.com/MoisesCaicedo55)

Pemain asal Ekuador yaitu Moises Caicedo menjadi rekrutan anyar Chelsea pada musim 2023/2024. Chelsea telah merampungkan transfer dari Brighton & Hove Albion FC dengan nilai transfer mencapai 115 juta pound atau sekitar Rp2,2 triliun. Selain itu, Chelsea juga berhasil mengalahkan Liverpool dalam perburuan pemain berusia 21 tahun tersebut. 

Pembelian ini juga mengalahkan rekor transfer Chelsea lainnya yaitu saat mendatangkan Enzo Fernandez pada bursa transfer musim dingin 2022/2023. Ini menjadi pembelian termahal yang dilakukan Chelsea di bawah kepemilikan pengusaha asal Amerika Serikat yaitu Todd Boehly. Moises caicedo diikat kontrak berdurasi delapan tahun bersama The Blues dan digadang-gadang sebagai pemain masa depan Chelsea.

Di era sepak bola modern, gelandang memiliki peran penting bagi sebuah tim dalam membangun serangan. Selain itu, gelandang juga memiliki peran penting dalam mengatur tempo pertandingan dan harus memiliki kemampuan dalam membaca permainan. Oleh karena itu,  banyak klub-klub besar Eropa yang rela mengeluarkan biaya yang fantastis demi mendapatkan seorang gelandang yang mumpuni.

Baca Juga: 5 Klub yang Pernah Dibela Harry Kane, Tidak Hanya Tottenham Hotspur!

Firmansyah 19cahyo Photo Community Writer Firmansyah 19cahyo

Siapaaaa kek

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya