Piala Menpora, Gibran Larang Suporter Nobar dan Datangi Manahan Solo

Pembukaan sampai final Piala Menpora ada di Stadion Manahan 

Surakarta, IDN Times - Menjelang pelaksanaan Piala Menpora 2021, Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka menyatakan jika Stadion Manahan, Solo siap menggelar turnamen pramusim Liga 1 dan 2 tingkat nasional tersebut.

Untuk diketahui, Stadion Manahan di Kota Solo sendiri akan menjadi salah satu tuan rumah babak pertama, bersama Sleman, Bandung, dan Malang.

1. Sejumlah kekurangan diklaim sudah dibenahi Gibran

Piala Menpora, Gibran Larang Suporter Nobar dan Datangi Manahan SoloWali kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, usai inspeksi Stadion Manahan Solo. Dok. LIB

Turnamen Piala Menpora 2021 direncanakan berlangsung pada 20 Maret-25 April 2021 atau selama 37 hari. Kompetisi diikuti 20 klub yang terbagi dalam empat grup dengan tuan rumah berbeda.

Gibran mengatakan pihak PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) sudah melakukan pengecekan ke Stadion Manahan, Solo. Dalam pengecekan tersebut, ada beberapa kekurangan yang harus dibenahi, seperti lampu penerangan lapangan.

“Kemarin kan sudah dicek PT LIB (Liga Indonesia Baru), ada beberapa kekurangan, tapi sudah kami selesaikan,” ujarnya, Senin (15/3/21).

2. Berkoordinasi dengan Pasoepati untuk antisipasi kedatangan suporter

Piala Menpora, Gibran Larang Suporter Nobar dan Datangi Manahan SoloANTARA/Raisan Al Faris

Lebih lanjut, Gibran mengaku sudah melakukan berkoordinasi dengan kelompok suporter bola di Kota Solo, yakni Pasoepati untuk melakukan antisipasi suporter yang nekat datang ke Stadion Manahan.

“Sudah kita kondisikan dengan Pasoepati, tenang aja,” ungkapnya.

Seperti diketahui, Stadion Manahan mempunyai kapasitas 20 ribu penonton. Ada 4 klub yang bakal bertarung di stadiun tersebut. Mereka adalah Arema Malang, PSIS Semarang, Tira Persikabo, dan Barito Putra yang tergabung dalam Grup B.

Selain pembukaan dan babak penyisihan, Kota Solo juga dijadwalkan menjadi tuan rumah perempat final, semifinal dan final Piala Menpora 2021.

3. Gibran melarang adanya nonbar Piala Menpora 2021

Piala Menpora, Gibran Larang Suporter Nobar dan Datangi Manahan Soloalexandrishotel.com

Kendati pelaksanaan Piala Menpora digelar tanpa penonton, Gibran tetap melarang suporter mengelar nonton bareng atau nobar di lokasi-lokasi tertentu. Pihaknya mengimbau para suporter untuk menonton di rumah, guna mencegah penularan COVID-19.

Turnamen Piala Menpora 2021 menggunakan format single round robin, yakni setiap tim akan bertemu sekali pada babak penyisihan. Juara grup dan runner-up bakal melaju ke babak perempat final yang direndakan dihelat pada 15-18 April 2021.

Pada delapan besar, setiap tim yang bakal adu kekuatan dengan sistem knockout. Semifinal sendiri akan berlangsung pada 20-21 April 2021, kemudian perebutan juara ketiga dan final 24-25 April 2021.

Apabila pada fase knockout hingga final permainan berakhir imbang selama 90 menit, maka laga akan dilanjutkan ke babak extra time hingga adu penalti.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya