Sah! Stadion Manahan Solo Lokasi Final dan Semifinal Piala Dunia U-17

Soal opening dan closing masih rahasia

Surakarta, IDN Times - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir memilih Kota Solo sebagai lokasi pertandingan final dan semifinal Piala Dunia U-17 yang akan digelar pada November 2023.

Hal tersebut diungkapkan oleh Erick Thohir usai meninjau meninjau pelaksanaan seleksi tim nasional U-17 di Stasion Sriwedari, Solo, Minggu (23/7/2023).

1. Akan ditinjau lagi oleh FIFA. 2.

Sah! Stadion Manahan Solo Lokasi Final dan Semifinal Piala Dunia U-17Ketum PSSI Erick Thohir saat meninjau seleksi pemain Timnas U-17. (IDN Times/Larasati Rey)

Dalam kegiatan tersebut, Erick Thohir mengatakan, Kota Solo akan menjadi salah satu stadion penyelenggara U-17. Kendati pernah masuk dalam klasifikasi Piala Dunia U-20, pihaknya bersama FIFA akan kembali melakukam diverifikasi kesiapan stadion-stadion yang dipilih.

"Mengecek tadi seluruh stadion yang diusulkan untuk U-17, memang khususnya untuk kota Solo untuk U-17, ya memang ini sudah u-20 namun akan mengecek ulang," kata Erick.

Terdapat tujuh stadion yang digadang-gadang sebagai venue Piala Dunia U-17 yakni, Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Gelora Sriwijaya Jakabaring, Si Jalak Harupat, Manahan, Gelora Bung Tomo (GBT), Kapten I Wayan Dipta, dan Stadion Pakansari.

Baca Juga: 5 Fakta Jelang Laga Persis Solo Vs Madura United di Liga 1 Pekan 4

2. Stadion Manahan jadi lokasi final dan semifinal

Sah! Stadion Manahan Solo Lokasi Final dan Semifinal Piala Dunia U-17Stadion Manahan. (Dok/IDN Times)

Lebih lanjut, Erick Thohir memastikan Stadion Manahan, Solo menjadi lokasi pertandingan final dan semifinal venue Piala Dunia U-17 2023.

"Solo akan menjadi tempat semifinal dan final karena itu saya sampaikan tadi ini merupakan sejarah PON pertama kali digelar," jelasnya.

Erick Thohir berharap penunjukan Kota Solo ini bisa menciptakan sejarah baru bagi persepakbolaan Indonesia, khususnya pada ajang Piala Dunia U-17 2023.

"Ini kota bersejarah, PON pertama digelar di sini. Siapa tahu sepak bolanya buat sejarah. Tetapi beban ini jangan dibuat berat," ujar Erick.

Perlu diketahui Kota Solo juga jadi tempat penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional yang pertama pada tahun 1948.

Lebih lanjut, ditanya soal gelaran openning dan closing Piala Dunia U-17 mendatang, Erick enggan menjawab. Pihaknya meminta warga untuk menunggu penetapannya mendatang.

"Tunggu dulu, satu-satu dulu," kata Erick.

3. Tunggu verifikasi dari FIFA

Sah! Stadion Manahan Solo Lokasi Final dan Semifinal Piala Dunia U-17Ketum PSSI Erick Thohir saat meninjau seleksi pemain Timnas U-17. (IDN Times/Larasati Rey)

Sementara itu, menanggapi terpilihnya Stadion Manahan sebagai venue final dan semi final, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku masih menunggu verifikasi terkait fasilitas dan kesiapan Stadion Manahan.

Ia optimis jika Stadion homebase Persis Solo tersebut akan lolos, pasalnya sebelumnya FIFA juga telah melakukan pengecekan pada saat Piala Dunia U-20 yang lalu.

"Kita tunggu saja ya hasil FIFA, kalau ada penambahan nanti akan kami penuhi dan tambahan-tambahan fasilitas sesuai dengan arahan Pak Ketum PSSI," ungkapnya.

Baca Juga: Stadion Manahan Jadi Venue Piala Dunia U-17 dan Piala AFF U-23

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya