Sudah Jadi, Stadion Manahan Batal Diresmikan Jokowi

Area sekitar stadion akan sekalian ditata

Surakarta, IDN Times - Presiden Joko 'Jokowi' Widodo batal meresmikan Stadion Manahan, Solo yang rencananya akan digelar pada Senin, (9/9) besok. Kepastian pembatalan peresmian stadion Mini Gelora Bung Karno (Mini GBK) tersebut disampaikan langsung Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Minggu (8/9).

1. Rampungkan penataan kawasan

Sudah Jadi, Stadion Manahan Batal Diresmikan JokowiIDN Times/Larasati Rey

Selesainya pembangunan Stadion Manahan nampaknya tak membuat Presiden Jokowi bergegas untuk meresmikannya. Kementerian Pembangunan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memilih untuk menyelesaikan seluruh pembangunan, mulai dari dalam stadion hingga pembangunan kawasan sekitar stadion.

“Saya dengar pusat mau merampungkan lanskapnya sekalian,” ungkap Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, Minggu (8/9).

Pria yang kerap disapa Rudy tersebut sebelumnya meminta Presiden Jokowi untuk meresmikan Stadion Manahan saat Hari Olahraga Nasional (Haornas) tanggal 9 September, namun niat tersebut gagal.

2. Siapkan pertandingan uji coba

Sudah Jadi, Stadion Manahan Batal Diresmikan JokowiIDN Times/Larasati Rey

Untuk mengobati rasa kekecewaan, Rudy berencana akan tetap menggelar peringatan Haornas 2019 yang dipusatkan di Stadion Manahan. Rudy akan menyiapkan pertandingan uji coba. Tak ingin kalah, Rudy akan menjadi salah satu pemain mewakili tim dari Pemkot Surakarta. Pertandingan tersebut sembari mencoba fasilitas dan kualitas rumput di lapangan.

“Uji coba saja, kan nanti kami mencoba lapangan sekaligus mengecek apakah ada kekurangan. Jadi, setelah pelaksana proyek menyerahkan bangunan itu kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Permukiman Rakyat (PUPR), mereka bisa memperbaiki selama masa pemeliharaan enam bulan,” kata Rudy.

Pertandingan uji coba nantinya akan melibatkan tim dari Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida), Pemerintah Kota (Pemkot), dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Baca Juga: September 2019, Stadion Manahan Solo Diresmikan 

3. Dibuka untuk umum

Sudah Jadi, Stadion Manahan Batal Diresmikan JokowiIDN Times/Larasati Rey

Saat perayaan Haornas 2019 di Stadion Manahan, Wali Kota Solo akan membuka kawasan stadion untuk umum. Selama ini, masyarakat tidak bisa melihat langsung pembangunan stadion karena kawasan tersebut tertutup oleh pagar. Masyarakat hanya melihat foto-foto stadion dari media sosial.

Sebelumnya, Pemkot Surakarta akan mengelar Karnaval Kebangsaan yang dimulai pukul 07.00 WIB dari Stadion Sriwedari, melewati Overpass Manahan, dan berakhir di Stadion Manahan. Karnaval tersebut digelar untuk menyambut Haornas 2019.

“Mereka boleh menjajal duduk di kursi single seat. Saya harap 20.003 kursi itu penuh,” ungkap Rudy.

4. Disambut antusias warga

Sudah Jadi, Stadion Manahan Batal Diresmikan JokowiIDN Times/Larasati Rey

Kabar dibukanya Stadion Manahan saat peringatan Haornas 2019 disambut baik oleh warga Solo. Banyak dari mereka yang ingin melihat langsung stadion kandang klub sepak bola Persis Solo tersebut.

Salah satu warga, Andrian (27), mengaku tidak sabar ingin bertandang ke Stadion Manahan. Ia ingin mencoba fasilitas baru yang dibangun dengan dana pemerintah sebesar Rp 301 miliar tersebut.

“Ingin lah melihat langsung, kan mumpung dibuka kita bisa tau fasilitas apa saja di dalamnya. Selama ini kan cuma lihat dari berita dan medsos aja,” ungkapnya.

Baca Juga: [FOTO] Penampakan Terbaru Stadion Manahan Solo, Kayak di Luar Negeri

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya