Fakta Amir Memari, Striker Asing Persipa Pati untuk Musim 2023/2024

Pemain yang memiliki kecepatan berlari

Persipa Pati sudah mengumumkan seluruh pemain untuk mengarungi Liga 2 Indonesia 2023/2024. Mereka setidaknya mendaftarkan 30 pemain musim ini, dengan 2 di antaranya pemain asing. Salah satu pemain asing yang dikontrak Persipa sendiri adalah Amir Memari.

Ia merupakan seorang pesepak bola dari negara Asia Barat, Iran. Pria berusia 30 tahun itu diketahui memiliki naluri agresif sebagai pemain. Amir biasa bermain di posisi ujung tombak ketika bertanding di atas rumput hijau. Menilik perjalanan karier, ia pernah berkiprah di sejumlah negara Asia sebelumnya.

1. Pemain berdarah Iran yang memiliki kecepatan

Fakta Amir Memari, Striker Asing Persipa Pati untuk Musim 2023/2024Amir Memari (kiri) saat melakoni latihan bareng Persipa Pati pada 2023. (instagram.com/persipaofficial)

Amir Memari adalah pemain sepak bola yang lahir di Kota Behbahan, Provinsi Khuzestan, Iran. Pemain kelahiran 9 April 1993 itu dikenal sebagai pemain gesit yang serbabisa di sektor depan. Ia bisa bermain di pos penyerang dan sayap, bahkan juga ulung mengisi sektor sayap kanan dan kiri.

Merujuk perjalanan karier, Amir diketahui memulai kiprahnya sebagai pemain profesional sejak 2014. Ia memperkuat klub Iran, Shahrdari Yasuj, ketika itu. Amir menghabiskan masa baktinya di sana selama semusim hingga 2015. Setelah itu, ia mulai merambah ke kompetisi sepak bola di negara Timur Tengah, Tajikistan.

Baca Juga: Profil Haru Nakagaki, Pemain Persijap Jepara Berdarah Jepang

2. Punya jam terbang tinggi di sepak bola Timur Tengah

Fakta Amir Memari, Striker Asing Persipa Pati untuk Musim 2023/2024Amir Memari saat memperkuat klub Irak, Qala Diza. (instagram.com/amirmemari77)

Sepanjang kiprahnya, Amir Memari hampir menghabiskan perjalanan karier di Timur Tengah. Ia sudah menjajaki kompetisi di sejumlah negara di sana. Amir tercatat pernah merasakan atmosfer sepak bola di Iran, Tajikistan, dan Irak.

Amir setidaknya menghabiskan 9 tahun berkiprah di Timur Tengah. Rinciannya menetap selama 1,5 tahun di Iran, 7 tahun di Tajikistan, dan 0,5 tahun di Irak. Ia selama itu berseragam sejumlah klub, seperti Shahrdari Yasuj, FK Khayr Vahdat, Panjshir Balch, Dushanbe, Khalij Fars Minab, dan Qala Diza.

Kiprah Amir di Timur Tengah sendiri berakhir pada Juni 2022. Selanjutnya, ia memulai petualangan baru di negara lain. Sang pemain hijrah ke salah satu negara di Samudra Hindia, Maladewa. Amir bergabung bersama klub kasta kedua di sana, Biss Buru SC, pada musim kompetisi 2022/2023.

3. Sempat mentas di Liga Filipina pada 2022/2023

Fakta Amir Memari, Striker Asing Persipa Pati untuk Musim 2023/2024Amir Memari saat memperkuat klub Filipina, Stallion Laguna FC. (instagram.com/amirmemari77)

Kiprah Amir Memari sayang tidak berlangsung lama di Liga Maladewa. Bahkan, kebersamaannya dengan Biss Buru SC hanya seumur jagung hingga pertengahan musim 2022/2023. Selanjutnya, sang pemain kembali hijrah ke klub lain.

Amir sendiri memilih melanjutkan sepak terjangnya di Asia Tenggara. Ia bergabung bersama Stallion Laguna FC, salah satu klub yang berkompetisi di kasta teratas Liga Filipina. Amir memulainya pada putaran kedua kompetisi 2022/2023.

Lagi-lagi, karier Amir bertahan sebentar di Liga Filipina. Ia menetap selama setengah musim di Stallion Laguna. Amir diperkirakan gagal bersaing di sana sehingga jasanya tak begitu dibutuhkan. Ia pun berpisah dengan klub Filipina itu pada akhir 2022/2023.

4. Diboyong Persipa Pati, grafik Amir Memari tengah anjlok

Fakta Amir Memari, Striker Asing Persipa Pati untuk Musim 2023/2024Amir Memari (instagram.com/persipaofficial)

Meski kembali berpisah dengan klubnya, Amir Memari tak membutuhkan waktu lama untuk mendapat klub baru. Ia resmi diboyong Persipa Pati pada awal September 2023. Jasa Amir dipercaya klub asal Jawa Tengah itu untuk mengarungi Liga 2 Indonesia 2023/2024.

Persipa sendiri mendatangkan Amir saat harga pasarnya tengah menurun. Hal itu menjadi salah satu pertanda grafik performa sang pemain ikut menyusut. Fakta itu benar adanya. Sebab, kiprah Amir jarang bertahan lama bersama suatu klub sejak 2022. Ia selalu gagal bersaing sehingga kerap gonta-ganti klub.

Amir Memari menjadi salah satu pemain asing Persipa Pati saat menatap Liga 2 Indonesia 2023/2024. Kedatangannya berbarengan dengan pemain Persipa asal Afrika, Jacob Youmbi. Mampukah keberadaan keduanya membawa tim berjuluk Laskar Saridin itu bersinar musim ini?

Baca Juga: Profil Pemain ASEAN Persipa Pati Takuto Miki, Calon Mesin Gol

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya