Profil Barnabas Sobor, Pemain PSIS Semarang asal Papua Aktif di Timnas

Langganan membela Timnas Indonesia U-20

PSIS Semarang terlihat serius kala mengarungi Liga 1 Indonesia 2023/2024. Itu terjadi karena mereka terus memperkuat kedalaman skuad dengan mendatangkan pemain baru pada jeda kompetisi. Laskar Mahesa Jenar rupanya ingin menggapai pencapaian yang lebih baik musim ini.

Barnabas Sobor menjadi salah satu pemain yang baru digaet PSIS pada paruh Liga 1 2023/2024. Pemuda 20 tahun asal Papua itu berhasil didatangkan secara gratis dari Kalteng Putra pada 11 November 2023. Di atas lapangan, Barnabas adalah sosok pemain yang terampil sebagai bek tengah maupun bek sayap.

Sudah kenal lebih jauh dengan Barnabas Sobor? Kalau belum, coba intip profil singkatnya berikut ini.

1. Mantan pemain Persipura Jayapura dan Persija Jakarta

Profil Barnabas Sobor, Pemain PSIS Semarang asal Papua Aktif di TimnasBarnabas Sobor (instagram.com/psisfcofficial)

Barnabas Sobor merupakan pemain orbitan Persipura Jayapura. Ia mengawali karier juniornya bersama klub berjuluk Mutiara Hitam ini pada 2019. Kala itu, Barnabas aktif memperkuat Persipura U-16 dan U-18. Dirinya pun sempat membela Persipura U-20 pada 2020.

Akan tetapi, sayangnya, Barnabas belum mampu menembus tim senior Persipura selama ini. Itu terjadi usai dirinya membela klub lain. Barnabas akhirnya tidak berkostum Persipura lagi sejak 2021. Sang pemain kemudian berpetualang bersama banyak klub Indonesia, seperti Persewangi Banyuwangi, Persija Jakarta, PSPS Riau, Kalteng Putra, dan PSIS Semarang.

Baca Juga: 5 Pemain PSIS Semarang Ini Pernah Perkuat Timnas di Piala Asia, Siapa Saja? 

2. Sempat berkiprah di Eropa bersama FK Riteriai B

Profil Barnabas Sobor, Pemain PSIS Semarang asal Papua Aktif di TimnasBarnabas Sobor (instagram.com/psisfcofficial)

Menariknya, di tengah perjalanan kariernya, Barnabas Sobor ternyata pernah merumput di Eropa. Ia melakoninya saat memperkuat FK Riteriai B pada musim kompetisi 2022/2023. Barnabas bermain bareng klub junior yang merumput di Liga Lituania ketika itu.

Diketahui, Barnabas berkostum FK Riteriai B dengan status pemain pinjaman dari Persija. Namun, sayang, ia hanya bermain kisaran 3 bulan saja di Lituania, sejak Maret—Juli 2023. Ini terjadi seusai Barnabas memilih pulang ke Persija karena alasan keluarga di Indonesia.

3. Aktif memperkuat Timnas Indonesia U-20

Profil Barnabas Sobor, Pemain PSIS Semarang asal Papua Aktif di TimnasBarnabas Sobor (instagram.com/psisfcofficial)

Barnabas Sobor merupakan pemain muda yang dianugerahi talenta mumpuni. Buktinya, bakatnya sudah tercium sampai ke level timnas. Barnabas dipercaya menjadi bagian dari Indonesia U-19 dan U-20 sejak 2022.

Sejauh ini, sang pemain telah mengemas 1 caps dengan 20 menit bermain bareng Indonesia U-19. Lalu membukukan 2 caps dengan 115 menit bermain bersama Indonesia U-20. Barnabas menjadi salah satu pemain Papua yang diberi kepercayaan oleh pelatih Timnas Indonesia asal Korea Selatan, Shin Tae Yong.

4. Barnabas Sobor jadi pemain baru PSIS Semarang pada 2023/2024

Profil Barnabas Sobor, Pemain PSIS Semarang asal Papua Aktif di TimnasBarnabas Sobor (instagram.com/psisfcofficial)

PSIS Semarang menjadi klub terbaru yang disinggahi Barnabas Sobor. Sang pemain pertama kali pindah ke klub besar Jawa Tengah itu pada 11 November 2023. Barnabas baru didatangkan pada jeda kompetisi Liga 1 Indonesia 2023/2024.

PSIS mengetahui jika Barnabas adalah pemain muda yang mempunyai bakat besar. Alhasil, mereka jatuh hati dan merekrutnya untuk dikembangkan lebih jauh. PSIS benar-benar terlihat ingin melahirkan sosok pemain yang berpotensi jadi bintang ke depannya.

Barnabas Sobor dipastikan menjadi salah satu kekuatan PSIS Semarang saat menyongsong putaran kedua Liga 1 Indonesia 2023/2024. Mampukah sang pemain langsung mempertontonkan bakat besar yang dimiliki?

Baca Juga: Profil Tri Setiawan, Talenta Muda PSIS Semarang asal Sulawesi

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya