Profil Eduardo Kunde, Bek Persis Solo Berkebangsaan Brasil

Punya pengalaman merumput di Amerika hingga Eropa

Intinya Sih...

  • Persis Solo melengkapi komposisi pemain jelang Liga 1 Indonesia 2024/2025 dengan mendatangkan banyak pemain baru, termasuk Eduardo Kunde.
  • Eduardo Kunde adalah bek asing Brasil yang memiliki pengalaman bermain di berbagai klub di Brasil, Jepang, dan Bulgaria sebelum bergabung dengan Persis Solo.
  • Kehadiran Eduardo Kunde bersama bek Brasil lainnya, Ricardo Lima, diharapkan dapat memperkokoh lini pertahanan Persis Solo dalam menghadapi kompetisi Liga 1 Indonesia 2024/2025.

Persis Solo belum berhenti melengkapi komposisi pemain jelang bertempur di Liga 1 Indonesia 2024/2025. Mereka melakukannya setelah mendatangkan banyak pemain baru. Eduardo Kunde sendiri menjadi salah satu pemain yang masuk ke daftar pemain anyar tersebut.

Eduardo Kunde adalah pemain tangguh yang ulung dalam memperkokoh lini pertahanan klub. Ia merupakan bek asing berkebangsaan Brasil yang berhasil memikat hati Persis. Kini, pemain yang memiliki garis keturunan Jerman ini resmi menjadi bagian skuad Laskar Sambernyawa untuk berburu prestasi di Liga 1 2024/2025.

1. Mengenyam karier junior bersama tiga klub berbeda di Brasil

Profil Eduardo Kunde, Bek Persis Solo Berkebangsaan BrasilEduardo Kunde (instagram.com/persisofficial)

Eduardo Kunde merupakan pemain yang kental dengan aroma sepak bola Brasil. Buktinya, pemain kelahiran 17 September 1997 (27 tahun) ini mengawali karier juniornya bersama tiga klub berbeda di sana. Eduardo pernah membela tim junior SC Internacional, Criciuma EC, hingga Avai B.

Eduardo Kunde dipromosikan ke tim senior Avai FC pada 2018. Bertahan cukup lama, kariernya lalu bergeser ke Cuiaba Esporte Clube usai pergi dengan status peminjaman selama kisaran 5 bulan pada November 2020. Eduardo lalu kembali pulang untuk memperkuat Avai FC pada Januari 2021.

Baca Juga: Profil Karim Rossi, Bomber Persis Solo Berdarah Eropa

2. Pernah bermain di Jepang dan Bulgaria

Profil Eduardo Kunde, Bek Persis Solo Berkebangsaan BrasilEduardo Kunde (instagram.com/persisofficial)

Setelah memperkuat Avai FC di Brasil, Eduardo Kunde kemudian memutuskan untuk membuat batu loncatan karier yang berbeda. Ia hijrah ke Asia dengan membela SC Sagamihara di kasta kedua Liga Jepang (J2 League) 2020/2021. Hanya saja, Eduardo tidak menemukan kesuksesan di sana serta memilih pergi pada akhir kompetisi.

Eduardo Kunde sempat tak memiliki klub pada Februari—Desember 2022 usai berpisah dengan SC Sagamihara. Namun, ia akhirnya pulang lagi ke Brasil untuk memperkuat Brusque Futebol Clube pada Januari 2023, serta kembali hijrah ke CE Operario Varzea-Grandense pada Maret—April 2023.

Berstatus tanpa klub lagi-lagi dialami Eduardo Kunde setelah berkostum Operario Varzea. Akan tetapi, selang beberapa bulan, ia akhirnya dipinang Botev Vratsa pada Juli 2023. Eduardo menjalin kebersamaan dengan klub yang berkiprah di kasta tertinggi Liga Bulgaria (Eropa Tenggara) itu hingga Juli 2024.

3. Tampil cukup apik di Liga Bulgaria 2023/2024

Profil Eduardo Kunde, Bek Persis Solo Berkebangsaan BrasilEduardo Kunde (instagram.com/persisofficial)

Eduardo Kunde dipastikan pernah mencicipi atmosfer sepak bola Eropa sepanjang kariernya. Ini terjadi setelah ia menjadi bagian dari Botev Vratsa untuk mengarungi kasta tertinggi Liga Bulgaria (efbet Liga) 2023/2024. Karier Eduardo pun terbilang cukup apik di sana.

Asumsi itu dibuktikan lewat catatan 18 penampilan (1.393 menit) Eduardo Kunde untuk Botev Vratsa di Liga Bulgaria 2023/2024. Di satu sisi, ia juga mengemas 2 penampilan (4 menit) di babak playoff degradasi Liga Bulgaria, serta 1 penampilan (120 menit) di Piala Bulgaria. Hanya saja, Eduardo menjalani kiprah yang singkat di sana hingga akhir 2023/2024.

4. Hijrah ke Persis Solo, siap menjadi amunisi di Liga 1 2024/2025

Profil Eduardo Kunde, Bek Persis Solo Berkebangsaan BrasilEduardo Kunde (instagram.com/persisofficial)

Tak butuh waktu lama, Eduardo Kunde berhasil mendapat klub baru setelah berkarier di Bulgaria. Itu karena ia resmi dipinang Persis Solo untuk menghadapi musim baru Liga 1 Indonesia 2024/2025. Hal ini sekaligus menjadikan pengalaman Eduardo untuk pertama kali berkarier di Asia Tenggara.

Di sisi lain, Eduardo Kunde menjadi bek asing kedua yang didatangkan Persis menjelang Liga 1 2024/2025. Selain dirinya, Tim Laskar Sambernyawa turut merekrut bek berpaspor Brasil lainnya, Ricardo Lima. Keberadaan Eduardo dan Ricardo jelas menjadi harapan besar Persis untuk memperkokoh lini pertahanan klub di kompetisi reguler kelak.

Eduardo Kunde bakal menjalani debut kariernya di Asia Tenggara bersama Persis Solo. Sang pemain tentu mesti memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin saat mentas di Liga 1 Indonesia 2024/2025 demi meningkatkan reputasi diri.

Baca Juga: 4 Fakta Ricardo Lima, Amunisi Baru Persis Solo asal Brasil

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya