Profil Gelandang Persipa Pati Jacob Youmbi, Pilar Timnas Afrika!

Gelandang yang memiliki peran serbabisa

Persipa Pati mampu bersaing di papan atas klasemen sementara Grup 3 Liga 2 Indonesia 2023/2024. Mereka menduduki peringkat ke-3 dengan kumpulan 5 poin. Persipa meraihnya dari 1 hasil menang, 2 hasil imbang, 1 hasil kalah dari total 4 pertandingan.

Torehan ciamik Persipa itu pasti tak luput dari kontribusi para pemainnya yang berjuang langsung di atas lapangan.

Mereka memiliki skuad kedalaman solid dengan beberapa iringan pemain yang berkualitas. Salah satunya ada Jacob Nicanor Youmbi Epandi, pemain asal Afrika yang biasa bermain sebagai gelandang jangkar. 

Yuk, kenalan lebih dalam dengan sosok Jacob Youmbi!

Baca Juga: Penggawa Persipa Pati dari Klub Liga 1, Siapa Saja?

1. Gelandang multi posisi asal Afrika

Profil Gelandang Persipa Pati Jacob Youmbi, Pilar Timnas Afrika!Jacob Youmbi (instagram.com/persipaofficial)

Jacob Youmbi merupakan pemain yang bisa bermain di beberapa posisi. Pemain kelahiran 5 September 1989 (34 tahun) itu biasa berperan di sektor gelandang bertahan. Namun, ia juga bisa bermain sebagai gelandang tengah maupun bek tengah.

Youmbi diketahui memulai kariernya bareng klub Kamerun, New Star de Douala. Selanjutnya, ia memulai petualangan baru di negara Afrika paling utara, Tunisia, pada 2015. Youmbi kala itu memperkuat Union Sportive de Ben Guerdane, tim kasta tertinggi di Liga Tunisia.

2. Lama berkiprah di Liga Tunisia dan Irak

Profil Gelandang Persipa Pati Jacob Youmbi, Pilar Timnas Afrika!Jacob Youmbi (instagram.com/persipaofficial)

Jacob Youmbi lama berkarier di liga utama Tunisia alias Ligue Professionnelle 1. Ia menjalaninya kisaran periode 3 tahun, medio 2015—2018. Menariknya, Youmbi hanya membela satu klub di Liga Tunisia, yaitu Union Sportive de Ben Guerdane. Ia setidaknya membukukan statistik 44 penampilan (3.698 menit) dengan 1 gol dan 1 assist selama di sana.

Selepas itu, Youmbi langsung hijrah ke salah satu kompetisi di negara Asia Barat Daya. Ia meneruskan kariernya di Liga Irak pada 2018—2023. Selama di sana, Youmbi hanya memperkuat dua klub, yaitu Naft Al-Basra SC dan Al-Kahrbaa Club.

3. Beradaptasi cepat di Liga Indonesia 2023/2024

Profil Gelandang Persipa Pati Jacob Youmbi, Pilar Timnas Afrika!Jacob Youmbi (instagram.com/persipaofficial)

Selanjutnya, Jacob Youmbi kembali merantau ke negara lain pada 2023. Ia memilih berkarier bersama Persipa Pati di Liga Indonesia. Youmbi menjadi andalan klub asal Jawa Tengah itu ketika menyongsong Liga 2 Indonesia 2023/2024.

Adaptasi Youmbi pun berlangsung cepat. Ia sudah membukukan 4 penampilan dengan 360 menit bermain untuk Persipa. Itu menandakan jika Youmbi selalu dipercaya penuh pada tiap pertandingan di Liga 2 2023/2024.

4. Aktif memperkuat Timnas Afrika Tengah sejak 2022

Profil Gelandang Persipa Pati Jacob Youmbi, Pilar Timnas Afrika!Jacob Youmbi (instagram.com/persipaofficial)

Perlu diketahui, ternyata Jacob Youmbi merupakan pemain aktif Timnas Afrika Tengah saat ini. Ia menjadi bagian negara asal pedalaman Benua Afrika itu melalui jalur naturalisasi sejak 2022. Youmbi sebenarnya merupakan pemain asli kelahiran Douala, Kamerun.

Diketahui, Youmbi melakoni debutnya di Timnas Afrika Tengah pada usia ke 32 tahun 8 bulan 27 hari. Ia sudah mengoleksi 5 caps dengan 450 menit bermain sejauh ini. Youmbi pernah diandalkan negaranya ketika bertanding pada fase kualifikasi Piala Afrika Grup E 2023. Mereka sempat bertanding dengan tiga negara, seperti Angola, Ghana, dan Madagaskar.

Jacob Youmbi benar-benar menjadi pemain andalan Persipa Pati di Liga 2 Indonesia 2023/2024. Itu membuktikan manakala klub berjuluk Laskar Saridin itu memberikan kepercayaan besar kepadanya. Akankah Youmbi memberikan sumbangsih terbaiknya secara stabil untuk Persipa ke depannya?

Baca Juga: Fakta Amir Memari, Striker Asing Persipa Pati untuk Musim 2023/2024

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya