Profil Mirkomil Lokaev, Bek Persekat Tegal dari Uzbekistan

Ia benar-benar jadi bek andalan Persekat

Persekat Tegal banyak mengandalkan pemain berpengalaman di Liga 2 Indonesia 2023/2024. Itu mereka lakukan semata-mata untuk merengkuh pencapaian terbaik. Persekat bertekad untuk bersaing di papan atas klasemen liga demi menggapai target promosi ke kompetisi tertinggi Indonesia musim depan.

Setidaknya, ada beberapa nama pemain berpengalaman yang diandalkan Persekat di Liga 2 2023/2024. Mereka adalah Teddy Heri, Denny Arwin, dan Sumarna. Bahkan untuk pemain asing, Persekat memiliki Mirkomil Lokaev. Pemain 28 tahun asal Uzbekistan itu biasa berperan sebagai bek yang memiliki jam terbang tinggi di atas lapangan. Ketahui profil Mirkomil Lokaev lewat ulasan di bawah ini.

1. Terampil di sektor pertahanan

Profil Mirkomil Lokaev, Bek Persekat Tegal dari UzbekistanMirkomil Lokayev (instagram.com/persekat.tegal)

Mirkomil Lokaev dikenal sebagai pemain multi posisi di lini pertahanan sebuah tim. Ia bisa bermain sebagai bek tengah maupun di kedua sisi bek sayap. Hanya saja, Lokaev dominan bermain di posisi center back dalam kariernya.

Diketahui, Lokaev mengawali karier sepak bola di negara sendiri di Uzbekistan. Ia memulainya bersama tim kasta kedua Liga Uzbekistan, Dinamo Samarqand, pada 2014. Lokaev bertahan begitu lama di sana.

Tercatat, Lokaev sudah menghabiskan masa karier selama 6 tahun lebih bareng Dinamo. Ia memulainya dari 2014—2020. Selama di sana, Lokaev membukukan statistik 48 laga (4.102 menit) dengan 2 gol dan 4 assist di seluruh ajang domestik.

Baca Juga: Lucas Cardoso, Pemain Persekat Tegal Jebolan Liga Brasil U-20

2. Pernah membela Navbahor Namangan, klub top Uzbekistan!

Profil Mirkomil Lokaev, Bek Persekat Tegal dari UzbekistanMirkomil Lokayev (instagram.com/persekat.tegal)

Usai mengabdi lama untuk Dinamo Samarqand, Mirkomil Lokaev selanjutnya memilih hijrah ke klub lain pada 2020. Ia memperkuat Navbahor Namangan, tim yang mengoleksi 1 trofi liga dan 3 trofi Piala Uzbekistan. Karier sang pemain mengalami kemajuan di sini.

Dikatakan demikian karena Lokaev pernah memperkuat tim yang berkompetisi di O'zbekiston Superligasi alias divisi tertinggi Liga Uzbekistan pada 2019/2020. Namun, kariernya hanya bertahan semusim di sana. Lokaev selanjutnya berkiprah bersama FK Andijon selama semusim lagi di O'zbekiston Superligasi 2020/2021. 

3. Berkiprah selama 2 periode di Liga Tajikistan

Profil Mirkomil Lokaev, Bek Persekat Tegal dari UzbekistanMirkomil Lokayev (instagram.com/persekat.tegal)

Setelah itu, Mirkomil Lokaev tertarik untuk mencari tantangan baru. Itu terbukti usai dirinya memilih pergi ke luar negeri untuk bekerja sebagai pesepak bola lagi. Lokaev memutuskan berkiprah di kasta teratas Liga Tajikistan selama 2 periode, tepatnya medio Januari 2022—Agustus 2022.

Selama itu, Lokaev menghabiskan waktu bersama dua klub Tajikistan, FK Fayzkand Vose dan Regar-TadAZ Tursunzoda. Ia membela Fayzkand pada musim 2021/2022 sementara bersama Regar pada musim 2022/2023. Namun, karier Lokaev tidak berlangsung awet di sana. Ia masing-masing tak bermain selama 1 musim penuh bareng kedua klub Tajikistan tersebut.

4. Adaptasi Lokaev berlangsung cepat di Liga 2 Indonesia 2023/2024

Profil Mirkomil Lokaev, Bek Persekat Tegal dari UzbekistanMirkomil Lokayev (instagram.com/persekat.tegal)

Selepas berkarier di Tajikistan, Mirkomil Lokaev sempat pulang ke Uzbekistan lagi pada awal Januari 2023. Bahkan, kala itu ia memilih bermain untuk Yunired Samarkand di Uzbekistan Pro Liga atau liga kasta kedua Uzbekistan pada 2022/2023. Namun, Lokaev hanya bermain sekejap di sana.

Kemudian, Lokaev hijrah ke Liga Indonesia sejak Agustus 2023. Ia menerima pinangan Persekat Tegal untuk mengarungi bergulirnya Liga 2 Indonesia 2023/2024. Benar saja, adaptasi Lokaev berjalan cepat dan langsung mendapatkan tempat utama di Persekat. Diketahui, sang pemain sudah membukukan statistik 5 laga dengan 450 menit tampil. Lokaev selalu bermain penuh pada tiap laga Persekat di Liga 2 musim ini.

Ketangguhan Mirkomil Lokaev di lini pertahanan Persekat Tegal sayangnya tak diimbangi dengan kesolidan antar rekan satu tim sejauh ini. Buktinya, mereka belum maksimal dengan catatan 1 menang, 1 seri, 3 kalah dari 5 pertandingan di Liga 2 Indonesia 2023/2024. Persekat masih tercecer di papan bawah klasemen sementara Grup 3 dengan koleksi 4 poin. Mampukah Lokaev dan kawan-kawan bangkit?

Baca Juga: 5 Eks Pemain Liga 1 yang Direkrut Persekat Tegal Musim 2023

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya