Profil Tri Setiawan, Talenta Muda PSIS Semarang asal Sulawesi

Usia 19 tahun Tri termasuk pemain paling impresif di PSIS

PSIS Semarang mengandalkan banyak pemain muda saat mengarungi Liga 1 Indonesia 2023/2024.

Mereka melakukan itu karena memahami betapa pentingnya mendidik pemain yang memiliki potensi besar. Laskar Mahesa Jenar ingin melahirkan pemain yang bisa jadi idola baru pada masa mendatang.

Tri Setiawan adalah salah satu pemuda yang diberi kepercayaan oleh PSIS musim ini. Buktinya, pemain kelahiran 20 Mei 2004 (19 tahun) itu tidak ragu untuk mempertontonkan kapasitasnya. Ia lumayan impresif saat memperkuat PSIS di Liga 1.

Padahal, Tri adalah pemain yang berstatus debutan usai baru didatangkan Laskar Mahesa Jenar pada awal musim kompetisi.

Baca Juga: Daftar Top Skor Paruh Musim PSIS Semarang di Liga 1 2023/2024

1. Pemain asli Sulawesi Tengah

Profil Tri Setiawan, Talenta Muda PSIS Semarang asal SulawesiTri Setiawan (instagram.com/psisfcofficial)

Tri Setiawan adalah pemain asli kelahiran dari luar Jawa. Ia lahir di Kabupaten Parigi Moutong. Sang Pemuda merupakan salah satu talenta muda sepak bola terbaik asal Sulawesi Tengah saat ini.

Tri merupakan pemain yang andal mengisi sektor tengah lapangan. Pemain setinggi 178 sentimeter itu bisa bermain sebagai gelandang bertahan maupun tengah. Ia adalah sosok yang mempunyai peran penting untuk menjaga ritme permainan klub dalam suatu pertandingan.

2. Tri Setiawan adalah pemain jebolan Persipal Palu

Profil Tri Setiawan, Talenta Muda PSIS Semarang asal SulawesiTri Setiawan (instagram.com/tristwn68_)

Tri Setiawan memulai karier profesional bersama Persipal Palu (kini Persipal Babel United). Ia memulainya pada Juli 2020. Eks jebolan Gala Siswa Indonesia ini memperkuat timnya itu saat berkiprah di dua level kompetisi yang berbeda.

Tri pernah membela Persipal saat mentas di Liga 3 Indonesia 2020/2021. Bahkan, ia menjadi salah satu bagian saat tim kebanggaan warga Sulawesi Tengah itu promosi ke Liga 2 2021/2022. Hanya saja, Sang Pemain belum menunjukkan performa terbaiknya selama berkostum Persipal. Itu wajar mengingat status Tri sebagai pemuda yang baru meniti karier.

Meski begitu, banyak yang mengetahui jika Tri adalah pemain muda yang dianugerahi bakat mumpuni. Itu terbukti usai dirinya bikin salah satu klub Liga 1 kepincut. Tri bikin PSIS Semarang jatuh hati serta langsung direkrut pada 2023. Sejak saat itu, Sang Pemain pun akhirnya berpisah dengan Persipal sebagai klub pertama dalam karier profesionalnya.

3. Sempat berkostum Timnas Indonesia U-22

Profil Tri Setiawan, Talenta Muda PSIS Semarang asal SulawesiTri Setiawan (instagram.com/tristwn68_)

Tri Setiawan pun pernah merasakan berkostum Timnas Indonesia. Ia melakukannya bersama skuad Garuda U-22 pada Maret 2023. Ketika itu, Sang Pemain terpilih saat masih memperkuat Persipal Palu.

Hanya saja, Tri masih mengikuti ajang seleksi di timnas. Ia dipilih untuk mengikuti training center (TC) atau pemusatan latihan jelang menyambut SEA Games 2023. Sayangnya, Tri tidak lolos sehingga dirinya gagal memperkuat Garuda untuk pertama kali sepanjang kariernya.

4. Baru gabung PSIS, Tri Setiawan langsung unjuk gigi di Liga 1 2023/2024

Profil Tri Setiawan, Talenta Muda PSIS Semarang asal SulawesiTri Setiawan (instagram.com/psisfcofficial)

Tri Setiawan makin dikenal usai gabung Timnas Indonesia U-22 untuk melakoni TC. Ia mulai dilirik beberapa klub, tak terkecuali PSIS Semarang. Benar saja, Tri pun akhirnya direkrut oleh klub ternama asal Jawa Tengah itu pada Juli 2023. Sang Pemain digaet untuk mengarungi Liga 1 Indonesia 2023/2024.

Siapa sangka, Tri langsung unjuk kebolehan pada musim debut bareng PSIS. Itu terbukti usai ia cukup impresif dengan rekor 2 gol dari 9 penampilan (315 menit bermain) hingga paruh musim Liga 1. Tri menjadi salah satu pemain muda Laskar Mahesa Jenar yang menonjol sejauh ini.

PSIS Semarang mengetahui jika Tri Setiawan merupakan pemain muda yang memiliki bakat besar. Sehingga, tak ayal mereka memagari Sang Pemain dengan kontrak yang panjang hingga 2026. Tri diharapkan terus berkembang bareng Laskar Mahesa Jenar.

Baca Juga: Asistem Pelatih PSIS Semarang Eko Purdjianto Dampingi Timnas U-20

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya