4 Eks Pemain FC Nordsjaelland yang Membela Klub EPL Liga Inggris

Semuanya merupakan jebolan akademi FC Nordsjaelland

FC Nordsjaelland merupakan klub asal Denmark yang cukup diperhitungkan eksistensinya. Klub berjuluk The Wild Tigers itu telah mengoleksi satu gelar juara Superligaen Denmark dan dua gelar juara DBU Pokalen. FC Nordsjaelland juga pernah berpartisipasi di UEFA Europa League hingga UEFA Champions League.

Para pemain yang membela FC Nordsjaelland juga mulai dilirik oleh klub-klub yang berkompetisi di liga top Eropa, termasuk English Premier League (EPL). Ada empat eks FC Nordsjaelland yang kini membela klub EPL Liga Inggris 2023/2024. Siapa sajakah pemain yang dimaksud?

1. Emiliano Marcondes

4 Eks Pemain FC Nordsjaelland yang Membela Klub EPL Liga Inggrispotret Emiliano Marcondes (afcb.co.uk)

Emiliano Marcondes merupakan gelandang serang jebolan akademi FC Nordsjaelland. Pemain berusia 28 tahun itu berhasil promosi ke tim utama pada Juli 2014. Marcondes pertama kali berkarier di English Premier League (EPL) bersama Brentford pada Januari 2018. Kala itu, ia hijrah dari FC Nordsjaelland secara gratis.

Brentford sempat meminjamkan Marcondes ke FC Midtjylland pada September 2019, kemudian melepasnya ke Bournemouth pada Juli 2021 secara gratis. Pada Januari 2023, Marcondes sempat pulang ke klub lamanya, FC Nordsjaelland sebagai pemain pinjaman dari Bournemouth. Kini, Marcondes sudah kembali ke Bournemouth. Ia masih terikat dengan Bournemouth hingga Juni 2024. Selama berseragam Bournemouth, ia mencatatkan 24 penampilan dengan torehan 7 gol dan 1 assist. Musim 2023/2024 ini, ia masih belum dimainkan oleh Bournemouth. 

Baca Juga: 5 Klub yang Pernah Dibela Harry Kane, Tidak Hanya Tottenham Hotspur!

2. Mikkel Damsgaard

4 Eks Pemain FC Nordsjaelland yang Membela Klub EPL Liga Inggrispotret Mikkel Damsgaard (brentfordfc.com)

Mikkel Damsgaard juga jebolan akademi ke FC Nordsjaelland. Ia promosi ke tim utama pada Juli 2018. Selama menjadi penggawa FC Nordsjaelland, winger kiri asal Denmark itu mencatatkan 93 penampilan dengan torehan 13 gol dan 12 assist.

Pada September 2020, Damsgaard hijrah ke Italia untuk bergabung bersama Sampdoria. Ia ditebus dari FC Nordsjaelland dengan mahar sebesar 6,75 juta euro atau sekitar Rp111 miliar. Sampdoria mendapat keuntungan besar saat menjualnya ke Brentford pada Agustus 2022.

Damsgaard dijual Sampdoria dengan harga sebesar 15 juta euro atau sekitar Rp247 miliar. Selama menjadi penggawa Brentford, ia mencatatkan 31 penampilan dengan torehan 1 gol. Musim 2023/2024 ini, ia sudah tampil 2 kali diajang EPL. Pemain berusia 23 tahun itu terikat kontrak dengan Brentford hingga Juni 2027.

3. Mathias Jensen

4 Eks Pemain FC Nordsjaelland yang Membela Klub EPL Liga Inggrispotret Mathias Jensen (brentfordfc.com)

Mathias Jensen bergabung ke Brentford pada Juli 2019 dari Celta Vigo. Ia dibeli dari Celto Vigo seharga 3,8 juta euro atau sekitar Rp62 miliar. Selama berseragam Brentford, gelandang tengah berusia 27 tahun itu sudah mencatatkan 170 penampilan dengan torehan 8 gol dan 23 assist. Ia terikat kontrak dengan Brentford hingga Juni 2026.

Jensen sendiri merupakan jebolan akademi FC Nordsjaelland. Pada Juli 2015, ia berhasil promosi ke tim utama FC Nordsjaelland. Bersama FC Nordsjaelland, ia mencatatkan 66 penampilan dengan torehan 15 gol dan 17 assist. Gelandang tengah asal Denmark itu sudah tampil 3 kali bersama Brentford di ajang EPL 2023/2024.

4. Simon Adingra

4 Eks Pemain FC Nordsjaelland yang Membela Klub EPL Liga Inggrispotret Simon Adingra (brightonandhovealbion.com)

Terakhir, ada sosok, Simon Adingra. Winger kiri asal Pantai Gading tersebut merupakan jebolan akademi FC Nordsjaelland. Ia promosi ke tim utama pada Januari 2021. Selama menjadi penggawa FC Nordsjaelland, pemain berusia 21 tahun itu tampil 40 kali dengan raihan 12 gol dan 4 assist.

Adingra mengawali karier di EPL pada Juli 2022. Ia merapat ke Brighton & Hove Albion, setelah dibeli dari FC Nordsjaelland dengan harga 8 juta euro atau sekitar Rp131 miliar. Namun, Adingra tak langsung bergabung dengan skuad Brighton. Ia dipinjamkan ke klub Belgia, Royale Union Saint Gilloise terlebih dahulu. Pada Juni 2023, Adingra sudah bergabung dengan skuad Brighton. Ia terikat kontrak dengan Brighton hingga Juni 2026. Musim 2023/2024 ini, Adingra sudah mencatatkan 2 penampilan di EPL dengan torehan 1 gol.

Semua pemain yang merupakan jebolan akademi FC Nordsjaelland. Mereka saat ini menjadi pemain klub-klub EPL. Menurutmu, mampukan mereka bersinar bersama klubnya masing-masing di ajang EPL 2023/2024 ini? 

Baca Juga: 4 Pemain yang Bergabung ke Brighton pada Musim Panas 2023 Liga Inggris

Royan Wijayanto Photo Community Writer Royan Wijayanto

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya