Comscore Tracker

Situs Pantau Penyebaran Virus Corona Peta ODP dan PDP Jakarta, Jabar

Update informasi terkini penyebaran covid-19

Jumlah kasus positif virus corona covid-19 menunjukkan kenaikan dari hari ke hari. Hingga Senin (16/4) sebanyak 134 orang dinyatakan positif COVID-19 

Mengetahui penyebaran virus corona termasuk diantaranya menghindari hoaks Covid-19 menjadi hal yang dibutuhkan oleh beberapa orang, berikut ini merupakan cara mengetahui penyebaran virus corona dan update berita atau informasi terkini virus corona bisa melalui HP dan juga laptop.

Buat kamu yang ingin mengecek penyebaran virus Corona lewat smartphone Android atau iOS, berikut adalah beberapa situs yang menyediakan informasi tersebut.

Baca Juga: Tiga Cara Membuat Hand Sanitizer Semprot Berdasarkan Rujukan WHO

1. Situs Resmi Kemenkes Indonesia

Situs Pantau Penyebaran Virus Corona Peta ODP dan PDP Jakarta, Jabarinfeksiemerging Kemenkes. infeksiemerging.kemkes.go.id

Kamu bisa mengecek perkembangan penyebaran virus Corona melalui situs resmi milik Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Indonesia yang beralamat di https://infeksiemerging.kemkes.go.id/.

Situs ini memberikan pembaruan informasi seputar virus Corona mulai dari jumlah kasus, penilaian risiko WHO, negara yang terjangkit, hingga kondisi Indonesia.

2. Pemantauan Covid-19 Pemprov DKI Jakarta

Situs Pantau Penyebaran Virus Corona Peta ODP dan PDP Jakarta, JabarAnies Baswedan (IDN Times/Gregorius Aryodamar P.)

Pemerintah provinsi DKI Jakarta membuat situs khusus informasi penyebaran virus corona di Jakarta. Yakni di alamat https://corona.jakarta.go.id/.

Di sini menyajikan data jumlah pasien yang masuk ke daftar Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Situs virus corona Jakarta juga menyajikan peta persebaran virus, mulai dari kawasan Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, dan Jakarta Pusat.

3. Pusat Informasi & Koordinasi COVID-19 Provinsi Jawa Barat

Situs Pantau Penyebaran Virus Corona Peta ODP dan PDP Jakarta, JabarDok.Humas Jabar

Langkah yang sama juga dilakukan oleh Pemprov Jawa Barat. Jabar meluncurkan situs informasi pusat informasi dan koordinasi Covid-19 yang diluncurkan Gubernur Jabar Ridwan Kamil (RK)

Pengunjung bisa langsung mengetahui peta daerah mana yang paling banyak terdapat Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), atau pasien yang terkonfirmasi positif dengan nama lain SARS-Cov-2 itu.

Pengunjung dapat mengakses di alamat website https://pikobar.jabarprov.go.id/#/.

4. Peta Online John Hopkins Center

Situs Pantau Penyebaran Virus Corona Peta ODP dan PDP Jakarta, JabarJohn Hopkins

Satu diantara situs yang menjadi rujukan untuk mengetahui penyebaran virus corona covid-19 yakni dari John Hopkins Center. Di sini ditampilkan situs peta online untuk mengetahui sejauh mana penyebaran virus corona tersebut.

Mengenai keakuratannya, peta tersebut kabarnya didukung data dari WHO, CDC, NHC, dan sumber-sumber lain yang memberikan informasi penyebaran virus Corona di Tiongkok dan beberapa negara lain di dunia.

Selain peta online, di sini juga menampilkan informasi jumlah orang yang terinfeksi, berapa yang sudah sembuh dan juga angka kematian akibat covid-19.

Situs peta online ini juga menyediakan link download yang akan diarahkan ke laman Google Sheet.

Untuk mengetahui informasi terbaru penyebaran virus corona di John Hopkins Center https://gisanddata.maps.arcgis.com/apps/opsdashboard/index.html#/bda7594740fd40299423467b48e9ecf6

5. BNO News

Situs Pantau Penyebaran Virus Corona Peta ODP dan PDP Jakarta, JabarBNO News

Cara lain untuk mengetahui penyebaran virus Corona yaitu lewat situs berita online BNO News.

Situs ini menampilkan informasi data perkembangan serta penyebaran virus Corona di beberapa negara di dunia dan kota-kota di China.

Data ditampilkan disajikan dalam bentuk tabel sehingga lebih mudah untuk dipahami dan tidak membingungkan para pembacanya.

Situs BNO News juga turut memberikan peta penyebaran virus Corona. Beberapa wilayah dan negara yang sudah terinfeksi oleh virus Corona biasanya akan ditandai dengan titik berwarna kuning sehingga lebih mudah untuk dibaca.

BNO News juga memberikan timeline waktu dan tanggal lengkap setiap penyebaran virus Corona yang terdeteksi.

6. The Wuhan Virus

Situs Pantau Penyebaran Virus Corona Peta ODP dan PDP Jakarta, Jabarcaptured website The Wuhan Virus. www.thewuhanvirus.com

Sama seperti John Hopkins Center, website https://thewuhanvirus.com/ juga menampilkan peta online penyebaran virus corona yang pertama muncul di Kota Wuhan, Provinsi Hubei di Tiongkok.

Di sini juga ditampilkan informasi jumlah penderita, jumlah koraban yang meninggal, jumlah yang berhasil disembuhkan dan juga angka negara yang telah terinfeksi covid-19. Selain itu juga ditampilkan informasi update berita terbaru tentang virus corona.

Itlah berbagai cara untuk mengetahui penyebaran virus corona atau covid-19 yang bisa  diupdate secara realtime di HP. Jangan panik ya Guys, yang paling penting di tengah isu virus corona ini adalah menjaga kebersihan dan pola hidup sehat agar tak mudah terinfeksi.  

Baca Juga: Ciri-ciri Virus Corona, yang Dirasakan Penderita COVID-19 Hari ke Hari

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya