Comscore Tracker

9 Spot Foto Paling Instagramable di Kota Lama Semarang

Dijamin foto-fotomu akan mendapat banyak like

Kota Lama Semarang selalu menawan. Liburan di kawasan ini dijamin seru dan asyik karena keaslian bangunan bergaya kolonial masih terlihat. Tak heran jika spot-spot di kawasan Kota Lama selalu instagramable dan membuat foto-fotomu menarik. Dijamin saat kamu upload di instagram foto-fotomu akan mendapatkan banyak like.

Selain untuk foto-foto, spot-spot di Kota Lama Semarang juga menyajikan wisata edukasi, belanja, hingga kuliner yang membuat liburanmu makin mengesankan.

Baca Juga: 10 Makanan Ini Hanya Ada di Semarang, Pernah Mencicipi?

1. Gereja Blenduk dan Taman Srigunting

9 Spot Foto Paling Instagramable di Kota Lama SemarangInstagram.com/adjik

Taman Srigunting biasanya menjadi tempat berkumpul wisatawan sebelum menjelajahi kawasan Kota Lama. Taman ini berupa taman kota dengan pohon yang rindang dan taman bermain mini untuk anak-anak. Di sebelah taman terdapat bangunan cagar budaya Gereja GPIB Immanuel atau yang dikenal dengan nama Gereja Blenduk.

Berasitektur kolonial, Gereja Blenduk menjadi favorit tempat berfoto bagi wisatawan. Oh iya, gereja ini masih aktif digunakan untuk kegiatan keagamaan lho. Gereja tertua di Jawa Tengah ini dibangun pada masa Pemerintahan Belanda tahun 1753. Pada tahun 1894 gereja ini direnovasi dengan ditambahkan dua menara besar di depannya.

 

2. Serunya berfoto di 3D Trick Art Museum

9 Spot Foto Paling Instagramable di Kota Lama SemarangSportourism

3D Trick Art Museum Wisata 3D Trick Art Museum baru beroperasi pada pertengahan tahun 2016. Di museum ini, kamu bisa berfoto dengan lebih dari 100 latar di empat ruangan. Foto untuk latar belakang ini bertemakan tentang Kota Semarang mulai bangunan khas, budaya, tokoh-tokoh nasional dan dunia, serta beberapa karakter dalam film.

Menariknya latar foto tersebut bisa menghasilkan gambar tiga dimensi. Perhatikan sudut yang benar saat mengambil foto sehingga hasil fotomu akan menakjubkan. Museum ini mulai pukul 10.00 hingga 22.00 WIB dengan harga tiket masuk Rp40.000. Lokasinya hanya berjarak sekitar 50 meter dari Gereja Blenduk.

 

3. Kafe yang memanfaatkan bangunan asli Kota Lama Semarang

9 Spot Foto Paling Instagramable di Kota Lama Semarangseputarsemarang.com

Di Kota Lama banyak bangunan otentik yang difungsikan kembali sebagai kafe. Keberadaan kafe ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan karena unik dan eksotis. Setidaknya terdapat 5 kafe di kawasan ini. Banyak di antara kafe yang memajang koleksi barang-barang antik yang merupakan peninggalan bangunan-bangunan bersejarah tersebut.

Nah, menikmati kuliner di dalam bangunan bersejarah tentu asyik bukan. Sambil menikmati kuliner kamu bisa berfoto ria dengan latar belakang bangunan yang menawan. Beberapa kafe yang ada di kawasan Kota Lima ini antara lain  Retro Cafe, Spigel, Nuris Cafe, Tekodeko, dan Marabunta Cafe.

 

4. Semarang Contemporary Art Gallery

9 Spot Foto Paling Instagramable di Kota Lama Semarangjejakpiknik

Salah satu bangunan yang juga populer di kawasan Kota lama adalah Semarang Contemporary Art Gallery, yaitu sebuah galeri seni yang memamerkan puluhan karya seni dari mulai kriya, lukis, foto, patung dan karya seni rupa lainnya.

Lokasi bangunan berada di sisi belakang Taman Srigunting ini dengan arsitektur kolonial yang kental. Di dalam galeri, kamu bisa kok berfoto dengan berlatarkan karya seni yang dipamerkan serta arsitektur bangunan yang khas. Tiket masuk galeri Rp10.000.

 

5. Pasar Klitikan Kota Lama Semarang

9 Spot Foto Paling Instagramable di Kota Lama SemarangTravelingyuk.com

Jika kamu pecinta barang antik, maka Kota Lama memiliki spot yang menjual aneka barang antik, yaitu Pasar Klitikan Kota Lama. Jangan khawatir, kamu tetap boleh kok berfoto dengan latar belakang barang-barang antik ini.

Pasar Klitikan ini menyediakan berbagai barang antik mulai dari otomotif, mesin tulis, botol-botol minuman zaman dulu hingga hiasan dinding kuno. Deretan mobil tua seperti Holden, Volkswagen akan menyambut kedatanganmu memasuki spot ajaib ini.

Jika kamu juga penggemar barang antik, di tempat inilah kamu bisa berburu barang-barang yang belum ada dalam daftar koleksimu.

6. Gedung Marba Kota Lama Semarang

9 Spot Foto Paling Instagramable di Kota Lama Semarangseputarsemarang.com

Salah satu bangunan tertua di kawasan Kota lama adalah Gedung Marba. Gedung berwarna oranye ini sudah ada sejak awal abad ke XIX yang terdiri dari dua lantai dengan tebal dinding 20 cm. Dulu Gedung Marba merupakan kantor usaha pelayaran, ekspedisi muatan kapal laut.

Gedung Marba beberapa kali dijadikan latar belakang untuk pembuatan beberapa film dan iklan. Gedung ini memiliki gaya arsitektur yang berbeda dari kebanyakan bangunan peninggalan Belanda lainnya. Material bata, kayu, dan sedikit besi tuang menjadi ciri khas bangunan ini.

7. Jalanan paving Kota Lama

9 Spot Foto Paling Instagramable di Kota Lama SemarangTravelingyuk.com

Jalanan paving Kota Lama Semarang juga sering digunakan wisatawan tempat berfoto. Kamu bisa berfoto di sepanjang jalan dengan latar belakang gedung-gedung tua yang menawan. Lampu-lampu jalan dengan desain khas zaman dulu yang berjajar di sepanjang jalan makin menambah keindahan hasil foto-fotomu. Dijamin instagenic banget.

8. Gedung Marabunta

9 Spot Foto Paling Instagramable di Kota Lama SemarangTravelingyuk.com

Bangunan indah di Kota Lama Semarang yang satu ini memiliki keunikan berupa patung semut merah raksasa di atapnya. Marabunta artinya adalah semut merah. Keunikan lain dari gedung ini adalah langit-langitnya yang mirip lambung kapal dibalik.

Nama asli gedung ini adalah Komedi Stadschouwburg. Gedung yang diperkirakan dibangun pada tahun 1854 ini dulunya menjadi tempat pertunjukan drama, tari, musik dan opera pada masa kolonial. Pada tahun 1994 Gedung Marabunta dirobohkan, namun didirikan kembali pada tahun 1995 oleh Yayasan Rumpun Diponegoro.

9. Akar akar pohon merambat ke bangunan

9 Spot Foto Paling Instagramable di Kota Lama Semarangtravelingyuk.com

Spot foto yang satu ini memang eksotis. Akar pohon yang merambat ke bangunan ini merupakan salah satu spot paling favorit di Kota Lama Semarang. Coba simak, di instagram spot foto ini banyak sekali bukan?

Spot ini memang sangat menarik dan instagramable. Kamu bisa berfoto di di bawah jendela besar sementara akar pohon yang merambat di sebelahmu. Keren bukan? Lokasi spot ini berada di sebelah barat Gereja Blebduk, yaitu gang pertama di seberang gereja.

 

Baca Juga: 6 Wisata Alam di Sekitar Semarang yang Bikin Hatimu Adem

Topic:

  • Nugroho Adi Purwoko

Berita Terkini Lainnya