TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Belanja Oleh-oleh saat Liburan, Tetap bisa Hemat dan Berkesan

Perlu diperhatikan agar tidak menyesal

ilustrasi membeli oleh-oleh (pexels.com/Loifotos)

Intinya Sih...

  • Membeli oleh-oleh lokal yang jarang ditemui di daerah lain untuk kesan khas
  • Periksa kualitas produk dan tanggal kedaluwarsa agar tidak rugi
  • Pertimbangkan berat, ukuran, dan harga oleh-oleh untuk berhemat dan tidak kesusahan membawa pulang

Ketika melakukan liburan, tak lengkap rasanya jika tidak membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang. Tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi juga untuk orang-orang tersayang yang mungkin tidak ikut liburan. Meskipun bukan menjadi hal yang wajib, namun belanja oleh-oleh juga menjadi salah satu hal yang menyenangkan untuk berburu beberapa hal yang jarang ditemui sebelumnya. 

Oleh-oleh biasanya memang identik dengan makanan, misalnya berupa buah, aneka keripik, atau kue-kue tradisional yang menjadi ciri khas suatu daerah. Namun faktanya, oleh-oleh bukan hanya makanan lho! Beberapa daerah juga menjual pernak-pernik yang bisa dijadikan cinderamata. 

Mungkin beberapa orang akan merasa bingung saat akan membeli oleh-oleh ketika liburan karena terlalu banyaknya pilihan, apalagi harga oleh-oleh juga tidak murah.

Namun jangan khawatir, berikut ini adalah beberapa tips belanja oleh-oleh saat liburan agar tetap hemat dan berkesan. Yuk simak!

1. Cari produk lokal

Ketika membeli oleh-oleh, pastikan untuk mencari produk lokal yang jarang ditemui di daerah-daerah lain. Sebelumnya kamu bisa mencari informasi tentang apa saja makanan atau oleh-oleh yang terkenal di tempat yang akan menjadi destinasi liburanmu. Dengan begitu, oleh-oleh yang kamu bawa akan berkesan karena memang sesuatu hal yang menjadi ciri khas daerah tersebut. 

2. Periksa kualitas

Memeriksa kualitas produk yang akan kita beli sangatlah penting, apalagi jika akan akan melalui perjalanan yang panjang. Memang semua makanan atau benda yang dijual pastinya sudah melalui beberapa tahap sehingga layak dijual. Namun, bisa saja produk tersebut mengalami beberapa kerusakan atau penurunan kualitas saat pengiriman dan lain sebagainya. Maka, perhatikan dengan betul kualitas oleh-oleh yang kita beli sehingga kita tidak akan merasa rugi dan bisa mendapatkan produk yang sebanding dengan jumlah uang yang kita keluarkan. 

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Khas yang Hanya Bisa Kamu Dapatkan di Blora!

3. Perhatikan keawetan

Ketika membeli sesuatu oleh-oleh, terutama makanan, pastikan untuk memperhatikan tanggal kedaluwarsanya agar tetap bisa dikonsumsi dalam waktu yang lama atau setidaknya masih bisa dikonsumsi setelah selesai liburan nanti. 

Agar lebih awet, kamu bisa memilih oleh-oleh berupa makanan-makanan ringan yang bentuknya kering, atau membeli cinderamata untuk dijadikan kenang-kenangan. Jika misalnya kamu tetap ingin mencoba beberapa makanan basah seperti kue dan lain sebagainya yang tidak tahan lama, usahakan untuk memakannya di daerah tempat liburan tersebut jika diperkirakan jarak pulangnya masih lama. 

4. Pertimbangkan ukuran dan berat

Saat melihat berbagai jenis makanan atau pernak-pernik di toko oleh-oleh pastinya akan membuat kita tergiur untuk membelinya. Karena semuanya tampak menarik dan lezat untuk dicoba atau dibawa pulang. 

Namun ketika membeli oleh-oleh juga sangat penting untuk mempertimbangkan berat dan ukuran oleh-oleh yang dibeli. Pastikan kamu bisa dan tidak kesusahan saat membawanya pulang agar oleh-oleh juga tidak rusak ketika sampai di rumah. 

Verified Writer

Arina Tri Wahyuni

Finding magic in the little things✨

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya