Bawaslu Semarang Buka Seleksi Panwascam Pendaftar Baru, Ini Syaratnya

22 panwascam existing lolos seleksi untuk Pilkada 2024

Semarang, IDN Times - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Semarang membuka seleksi Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) jalur pendaftar baru untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. Upaya ini untuk mengisi kekurangan jumlah personel Panwascam yang sebagian sudah terisi dari jalur existing.

1. Isi kekurangan personel di 14 kecamatan

Bawaslu Semarang Buka Seleksi Panwascam Pendaftar Baru, Ini SyaratnyaIlustrasi pemungutan suara Pemilu 2024. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia, Organisasi dan Diklat Bawaslu Kota Semarang, Euis Noor Faoziah mengatakan, sebanyak 22 orang telah lolos seleksi untuk Panwascam jalur existing. Namun, pihaknya masih membutuhkan personel untuk bertugas di 16 kecamatan yang ada di Kota Semarang.

‘’Di Kota Semarang terdapat 16 kecamatan. Namun, hanya dua kecamatan yang seluruh anggota Panwascamnya memenuhi syarat, yaitu Kecamatan Tembalang dan Kecamatan Semarang Selatan,’’ ungkapnya.

Maka itu, untuk mengisi kekurangan personel di 14 kecamatan, Bawaslu membuka pendaftaran untuk panwascam jalur baru.

Baca Juga: Daftar 50 Anggota DPRD Kota Semarang Terpilih Hasil Pemilu 2024 

2. Syarat pendaftaran panwascam jalur baru

Bawaslu Semarang Buka Seleksi Panwascam Pendaftar Baru, Ini SyaratnyaBawaslu Kota Semarang melakukan seleksi Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. (dok. Bawaslu Semarang)

Adapun, syarat yang harus dipenuhi oleh calon panwascam jalur pendaftar baru antara lain berusia paling rendah 21 tahun pada saat pendaftaran, tidak pernah dipidana penjara tetap selama lebih dari 5 Tahun oleh pengadilan.

Kemudian, berdomisili di Kota Semarang yang dibuktikan melalui E-KTP, tidak pernah menjadi anggota parpol sekurang-kurangnya 5 (lima) tahun pada saat mendaftar, tidak menjadi tim kampanye, dan lain sebagainya.

3. Penerimaan pendaftaran dibuka 5–7 Mei 2024

Bawaslu Semarang Buka Seleksi Panwascam Pendaftar Baru, Ini SyaratnyaBawaslu Kota Semarang melakukan seleksi Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwascam) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. (dok. Bawaslu Semarang)

Euis menambahkan, pihaknya akan melakukan penerimaan pendaftaran, penelitian dan verifikasi berkas administrasi mulai tanggal 5 sampai dengan 7 Mei 2024.

‘’Dokumen pengumuman dan berkas pendaftaran dapat diunduh melalui laman website resmi Bawaslu Kota Semarang. Selanjutnya, dokumen pendaftaran nantinya dapat disampaikan secara langsung ke Sekretariat Kelompok Kerja Pembentukan Panwaslu Kecamatan Bawaslu Kota Semarang,’’ tandasnya.

Baca Juga: Seleksi Panwascam di Semarang untuk Pilkada 2024 Dibuka, Ini Syaratnya

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya