Caleg Dirugikan Sistem Komandante, PDIP Jateng Akui Dapat Kritikan

Para caleg diminta pahami aturan

Semarang, IDN Times - Elite PDIP Jawa Tengah buka suara mengenai kisruh dalam pemberlakuan sistem komandante. Seperti diberitakan sebelumnya, sejumlah caleg PDIP yang terancam gagal dilantik memprotes sistem komandante. Mereka mendatangi KPU sambil membawa karangan bunga. 

Baca Juga: Para Caleg PDIP Wadul ke KPU Jateng, Dirugikan Sistem Komandante

1. PDIP Jateng: Ya ayo kita perbaiki ke depan

Caleg Dirugikan Sistem Komandante, PDIP Jateng Akui Dapat KritikanPengurus DPC PDIP Pati, Kudus, Grobogan ikut acara konsolidasi. (IDN Times/Dok PDIP Jateng)

Menurut Bendahara DPD PDIP Jateng, Agustina Wilujeng, aturan yang dibuat dalam sistem komandante memang sedikit banyak menuai kritikan dari kader partainya. 

Agustin berkata semestinya kader-kader partainya berusaha memahami aturan komandante. Bila ada kekeliruan sebaiknya aturan komandante dibenahi. 

"Menurut saya namanya juga usaha, menowo barangkali. Jadi silahkan pakai aturan PP Nomor 3. Dan memang sistem ini ada berbagai macam kritikan. Ya ayo kita perbaiki untuk proses ke depan, atau harusnya sebelum SK keluar, karena saat ini sudah sosialisasi dan dilakukan," tutur Agustin, Kamis (2/5/2024). 

2. Hargai gugatan para caleg

Caleg Dirugikan Sistem Komandante, PDIP Jateng Akui Dapat KritikanMasyarakat Kota Batam saat mengikuti kampanye akbar Ganjar-Mahfud di Kota Batam (IDN Times/Putra Gema Pamungkas)

Namun demikian, ia pun menghargai niatan para caleg terpilih yang berusaha menggugat sistem komandante ke tingkat DPP PDIP. Ia menegaskan itu jadi hak mereka. 

"Maka silahkan mekanismenya dilakukan," akunya. 

3. PDIP Jateng sudah sosialisasikan ke para komandante tiap dapil

Caleg Dirugikan Sistem Komandante, PDIP Jateng Akui Dapat KritikanKetua TKD Ganjar-Mahfud Jateng Agustina Wilujeng saat nonton bareng debat kelima capres di Panti Marhen PDIP Jateng. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Terlebih lagi, kader, pengurus terutama semua caleg PDIP yang berkontestasi dalam Pileg kemarin seharusnya mempelajari aturan sistem komandante. 

Ia beralasan DPD PDIP Jateng sudah menyosialisasikan manfaat dari aturan tersebut. Mulai dari ketua cabang sampai akar rumput atau kalangan grassroot. 

Kegiatan sosialisasi aturan sistem komandante diadakan sejak 2021 silam. Lalu di tahun 2022 partainya memutuskan roadshow ke semua pimpinan komandante tingkat satu, dua dan tiga. 

Aturan komandante, katanya juga sudah diberlakukan sesuai Peraturan Partai (PP) nomor 01 tahun 2023.

"Kemudian 2022 kita roadshow semua Komandante sosialisasi, pertengahan 2023 setiap Komandante per Dapil. Harusnya tiap orang pahami sistem itu," katanya setelah halal bihalal parpol se-Jateng di Hotel Padma Semarang.

Baca Juga: 11 Calon PKS untuk Pilkada di Jateng, Narji Maju Pilwakot Pekalongan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya