Napi Narkoba Lapas Kedungpane Semarang Gantung Diri, Ini Pemicunya

SER punya masalah keluarga

Intinya Sih...

  • SER, narapidana narkoba Lapas Kedungpane, ditemukan meninggal bunuh diri di kamar mandi.
  • Polsek Ngaliyan sedang menyelidiki kasus bunuh diri tersebut, termasuk memeriksa saksi dan mengumpulkan keterangan.
  • Keluarga SER sudah dikontak oleh pihak Lapas Kedungpane untuk proses serah terima jenazah di rumah sakit.

Semarang, IDN Times - Seorang narapidana narkoba Lapas Kelas IA Kedungpane Semarang berinisial SER ditemukan meninggal dunia di blok kamar huniannya, Jumat (3/5/2024) sekitar jam 06.30 WIB. Narapidana tersebut pertama kali diketahui dalam keadaan gantung diri di kamar mandi.

Baca Juga: 42 Kamar Napi Lapas Kedungpane Dirazia, Ditemukan Pisau Rakitan dan HP

1. Polisi periksa beberapa saksi

Napi Narkoba Lapas Kedungpane Semarang Gantung Diri, Ini Pemicunya(Polisi saat melakukan olah TKP pembunuhan pemilik warung kopi) IDN Times/istimewa

Kapolsek Ngaliyan, AKP Indra Romantika membenarkan ihwal kejadian bunuh diri yang ada di dalam Lapas Kedungpane. Menurutnya laporan kejadian bunuh diri didapatkan personelnya selepas Subuh tadi. 

"Memang yang bersangkutan bunuh diri. Beberapa saksi sudah kami periksa. Sekarang sedang proses penyelidikan," kata Indra saat dikonfirmasi IDN Times

Indra juga bilang, keterangan para saksi saat ini sedang dikumpulkan untuk diurai agar diketahui apa saja penyebab narapidana itu melakukan bunuh diri. 

"Untuk saat ini jenazah warga binaan itu sudah kita bawa ke RS Tugurejo," ujar Indra. 

2. Inafis sudah olah TKP

Napi Narkoba Lapas Kedungpane Semarang Gantung Diri, Ini PemicunyaLapas Kedungpane Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Sementara itu, Kepala Lapas Kedungpane Semarang, Usman Madjid mengaku sudah berkoordinasi dengan Polsek Ngaliyan dan Inafis Polrestabes Semarang guna menangani kasus bunuh diri di lapasnya. 

"Sekitar pukul 08.45 WIB anggota Polsek Ngaliyan dan tim Inafis Polrestabes datang melakukan pengecekan dan olah tempat kejadian perkara. Kami menginformasikan kejadian ini kepada keluarga jenazah warga binaan berinisial SER," terangnya. 

"Jam 09.45 WIB jenazah dibawa ke RSUD Tugurejo untuk dilakukan serah terima dengan keluarga bersangkutan," tambahnya. 

3. Napi narkoba enam tahun

Napi Narkoba Lapas Kedungpane Semarang Gantung Diri, Ini PemicunyaIlustrasi melepas sepatu (southernliving.com)

Ridwan Muktazam, Humas Lapas Kedungpane mengungkapkan, SER merupakan narapidana kasus narkoba dengan pidana enam tahun. 

"SER meninggal dunia diduga karena gantung diri di dalam kamar mandi kamarnya menggunakan tali sepatu yang dikaitkan teralis. Kejadian diketahui rekan sekamarnya yang hendak ke kamar mandi," tuturnya. 

4. Terbelit masalah keluarga

Napi Narkoba Lapas Kedungpane Semarang Gantung Diri, Ini PemicunyaIlustrasi penjara (pixabay.com)

Lebih lanjut, teman satu kamar SER lalu berteriak memanggil petugas blok CDE bernama Yohanes. Karena mendengar teriakan itu, Yohanes menuju ke kamar Blok C-20 untuk selanjutnya dicek dan dilaporkan kepada Karupam Lapas Kedungpane. 

"Lokasi penemuan yang diduga gantung diri adalah kamar mandi Blok C kamar 20," terangnya. 

Sejauh ini Ridwan belum tahu penyebab pasti SER nekat bunuh diri. Namun, dari pengakuan teman-temannya, SER sempat menelepon ibundanya melalui fasilitas wartel lapas. Namun tidak dijawab. 

"Menurut keterangan saksi teman sekamarnya, dua hari yang lalu yang bersangkutan sempat menelepon keluarga atau ibu via wartelsuspas namun tidak dijawab. Dugaan sementara dikarenakan masalah keluarga," tuturnya. 

Baca Juga: Caleg Dirugikan Sistem Komandante, PDIP Jateng Akui Dapat Kritikan

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya