Survei LKPI: Sudaryono-Hendi Bakal Bertarung Sengit di Pilgub Jateng

Elektabilitas Sudaryono dan Hendi tempati posisi teratas!

Semarang, IDN Times - Survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) dengan tema mengukur preferensi masyarakat Jawa Tengah jelang pilkada Jateng terhadap tokoh tokoh yang berpotensi maju di Pilkada Jateng.

Pemilihan Gubernur Jawa Tengah akan digelar bersamaan dengan Pilkada Serentak pada November mendatang. Meskipun masih lama, sejumlah tokoh diprediksi bakal ikut dalam persaingan ketat pemilihan Gubernur Jawa Tengah untuk periode 2024-2029.

Merujuk hasil survei Top of Mind bakal calon Gubernur di Pilkada Jawa Tengah 2024 yang digelar lembaga survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia, tokoh yang masuk bursa cagub Jawa Tengah ialah Hendrar Prihadi, Sudaryono, Taj Yasin Maimoen, Dico Ganinduto, Muhammad Yusuf Chudlori, Irjen Pol Ahmad Luthfi. 

Hal terlihat dari hasil survei selama tanggal 12 -22 April 2024. Dimana tingkat elektabilitas Hendrar Prihadi mantan Walikota Semarang mencapai 21,2 persen kemudian Sudaryono Ketua Gerindra Jawa Tengah 19,1 persen, mantan Wagub Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen mencapai 16,6 persen, Irjen Pol Ahmad Luthfi Kapolda Jawa Tengah 11,7 persen dan Dico Ganinduto Bupati Kendal 11,1 persen, Yusuf Chudlori politisi PKB tingkat elektabilitasnya mencapai 9,2 persen, sementara itu yang tidak memilih mencapai 11,1 persen. 

Baca Juga: Gerindra Berharap Masyarakat Beri Kesempatan Prabowo Pimpin Indonesia

1. Hampir separuh warga Jateng paham Pilkada

Survei LKPI: Sudaryono-Hendi Bakal Bertarung Sengit di Pilgub JatengIlustrasi pemungutan suara Pemilu 2024. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Dari 1.820 responden warga Jawa Tengah yang terpilih sebagai responden, hasil temuan survei LKPI baru sebanyak 49,3 persen yang mengetahui akan adanya kada Jawa Tengah pada bulan November 2024 , dan selebihnya sebanyak 50,7 persen tidak tahu atau tidak mengerti akan adanya pilkada Jawa Tengah

Direktur Eksekutif LKPI Tobu Lubis, mengatakan, dalam survei ini dilakukan di 35 kabupaten/kota yang ada di Jawa Tengah. Pihaknya mengunakan sampel warga Jawa Tengah yang sudah berusia diatas 17 tahun sebanyak 1820 responden, dari populasi Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 di Provinsi Jawa Tengah sebanyak 28.289.413 orang.


"Penarikan sampel menggunakan teknik pengambilan sampel secara acak bertingkat atau multi stage random sampling," kata Tobus Lubis dalam keterangan yang didapat IDN Times, Minggu (28/4/2024). 

2. Posisi Sudaryono berikan angin segar

Survei LKPI: Sudaryono-Hendi Bakal Bertarung Sengit di Pilgub JatengKetua Gerindra Jateng Sudaryono saat memberi penjelasan kepada para mahasiswa yang berunjuk rasa di depan markas DPD Gerindra Jateng Jalan Kanguru Raya Kecamatan Gayamsari. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Menanggapi hasil survei Lembaga Kajian Pemilu Indonesia (LKPI) yang mengunggulkan Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah (Jateng), Sudaryono, pengamat politik dari Universitas Pembangunan Nasional (UPN), Veteran Jogjakarta, Ludiro Madu mengatakan majunya Sudaryono akan membawa angin segar bagi masyarakat Jawa Tengah.

Karena Sudaryono merupakan sosok tokoh yang sudah dikenal oleh masyarakat Jawa Tengah.

"Masyarakat Jateng ingin pemimpin yang baru, maka Sudaryono menjadi pilihan masyarakat Jateng, karena ingin adanya angin segar atau perubahan bagi Jawa Tengah," kata Ludiro. 

3. Meski ada Hendi, warga diprediksi milihnya Sudaryono

Survei LKPI: Sudaryono-Hendi Bakal Bertarung Sengit di Pilgub JatengKetua LKPP RI, Hendrar Prihadi dalam kegiatan sosialisasi ‘Optimalisasi Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk Usaha Mikro, Kecil, Koperasi Melalui Katalog Elektronik’ di Kabupaten Purworejo, Provinsi Jawa Tengah, Jumat (26/4/2024). (dok.LKPP)

Ludiro menyebutkan bahwa meskipun adanya jagoan PDIP, yakni mantan Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, tetapi masyarakat Jateng akan lebih cenderung memilih Sudaryono sebagai cagub pilihan.

"Walaupun ada jagoan dari PDIP, yakni Hendrar Prihadi, tetapi masyarakat Jateng akan lebih cenderung memilih Sudaryono sebagai Cagub pilihan," ujar Ludiro.

Menurutnya, pertarungan Pilgub Jawa Tengah sangat ketat, maka ini menjadi peluang Sudaryono untuk kerja keras untuk memenangkan kontestasi.

"Apalagi Sudaryono sebagai Ketua DPD Gerindra Jateng lebih memahami kemauan warga Jateng. Maka ini peluangnya untuk merebut kursi Gubernur Jateng dengan kerja kerasnya," ucap Ludiro.

4. Kemenangan Prabowo-Gibran berpengaruh ke Sudaryono

Survei LKPI: Sudaryono-Hendi Bakal Bertarung Sengit di Pilgub JatengWakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka menemui Wakil Presiden (Wapres) K.H. Ma'ruf Amin di rumah dinas Jakarta Pusat, Rabu (24/4/2024). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

Tak hanya itu, kata dia, kemenangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 juga akan berdampak bagi Sudaryono mendapat dukungan besar dari semua kalangan masyarakat Jateng.

"Jadi kemenangan Prabowo-Gibran di Pilpres 2024 juga akan berdampak bagi Sudaryono untuk dapat dukungan dari semua kalangan masyarakat Jateng," bebernya.

Ia menambahkan bahwa hasil survei LKPI terkait unggulnya Sudaryono menjadi semangat untuk Gerindra memenangkan Pilgub Jateng.

"Hasil survei LKPI terkait unggulnya Sudaryono tentu menjadi semangat untuk Gerindra memenangkan Pilgub Jateng," pungkasnya.

Baca Juga: Kepala LKPP Ngaku IKN Butuh Dana Swasta, Kalau Cuma APBD Malah Pusing

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya