Gibran Janji Selesaikan Tugas Ini di Solo Sebelum Pelantikan Wapres

Tak sabar kerjasama dengan caleg terpilih

Intinya Sih...

  • Gibran Rakabuming Raka akan menyelesaikan tugas-tugas sebagai Wali Kota Solo sebelum pelantikan sebagai Wakil Presiden pada 20 Oktober 2024.
  • Dalam 6 bulan ke depan, fokusnya akan pada proyek pembangunan dan penyelesaian Peraturan Daerah (Perda) yang belum selesai.
  • Gibran berjanji akan merangkul seluruh Anggota Dewan Perwakilan Daerah Kota Surakarta yang terpilih dalam Pilleg 2024 untuk bekerjasama.

Surakarta, IDN Times - Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka berjanji menyelesaikan tugas-tugas menjadi Wali Kota Solo sebelum pelantikan atau pengucapan sumpah/janji Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) 2024 pada 20 Oktober 2024. Ia juga berkomitmen menyelesaikan sejumlah proyek pembangunan dan turun ke warga untuk menyelesaikan masalah.

1. Fokus jadi wali kota

Gibran Janji Selesaikan Tugas Ini di Solo Sebelum Pelantikan WapresMenparekraf Sandiaga Uno dan Gibran Rakabuming Raka menyaksikan pergelaran Solo Menari di halaman Balaikota Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Ditemui usai mengikutu Rapat Pleno Penetapan Suara di KPU Solo, Gibran menegaskan jika dalam 6 bulan ke depan ia akan fokus sebagai Wali Kota Solo.

"Enam bulan ke depan saya masih fokus sebagai Wali Kota Solo, ya ke depan akan kami selesaikan ya PR-PR (pekerjaan rumah). Ada beberapa," ujarnya, Kamis (2/5/2024).

Sejumlah pekerjaan rumah tersebut salah satunya adalah penyelesaian aturan soal daging anjing. Menurutnya, aturan tersebut saat ini masih dalam proses.

"Intinya sekarang kami fokus dengan pekerjaan yang ada. Saya tetap turun ke akar rumput dan kalau urusan itu tadi bisa sambil jalanlah," ungkapnya.

Baca Juga: PKB dan Nasdem Sudah, Gibran soal PKS dan PPP Gabung: Tunggu Saja

2. Selesaikan sejumlah PR

Gibran Janji Selesaikan Tugas Ini di Solo Sebelum Pelantikan WapresGibran Rakabuming Raka bagikan sepatu kepada siswa-siswi SD & SMP di Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Tak hanya itu, Gibran juga mengakui jika masih terdapat sejumlah Peraturan Daerah (Perda) yang masih belum selesai. Ia juga berharap kerjasam dengan anggota DPRD kedepan bisa menyelesaikan perda-perda tersebut.

"Ada beberapa Perda tapi akan kami segera selesaikan dalam 6 bulan ke depan ya. Kita depan lebih fokus lagi pada pembanguanan nonfisik terutama Sumber Daya Manusia (SDM)," jelasnya.

3. Rangkul anggota dewan terpilih

Gibran Janji Selesaikan Tugas Ini di Solo Sebelum Pelantikan WapresWalikota Solo Gibran Rakabuming Raka menghadiri acara rapat pleno di KPU Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Gibran berjanji akan merangkul seluruh Anggota Dewan Perwakilan Daerah Kota Surakarta yang terpilih dalam Pilleg 2024. Pihaknya juga sudah tidak sabar untuk bekerjasama dengan para anggota legislatif baru tersebut.

"Kami dari pemkot (Pemerintah Kota Solo) sudah tidak sabar untuk bekerjasama dengan para para calon legislatif yang baru yang akan dilantik bulan Agustus," ujarnya.

Gibran berjanji merangkul semua anggota DPRD yang baru dari mana pun asal partainya. Baik dari partai koalisi yang mengusungnya di Pilpres bersama presiden terpilih Prabowo Subianto, maupun yang ada di luar koalisi.

"Intinya kami kan merangkul semua ya. Yang diluar atau yang di dalam, entah itu oposisi, intinya kita ingin mendapatkan masukan sebanyak mungkin, evaluasi sebanyak mungkin seperti di LKPJ kemarin. Yang tentunya akan kita tindaklanjuti rekomendasinya," pungkasnya.

Berdasarkan hasil rekapitulasi jumlah perolehan kursi, PDIP memperoleh jumlah terbanyak dengan 20 kursi. Namun jumlah tersebut turun drastis, yakni 10 kursi jika dibanding Pemilu 2019.

Di posisi kedua PKS dengan 7 kursi, disusul Gerindra dan PSI dengan masing-masing 5 kursi. Kemudian PAN dan Golkar dengan 3 kursi, serta PKB dengan 2 kursi.

Baca Juga: Hadiri Halalbihalal di Solo, Gibran Bantah jadi Kader Golkar

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya