TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bandara Ahmad Yani Semarang Jajal Pakai GeNose Akhir April, Ini Syaratnya

GeNose diklaim bisa memudahkan penumpang pesawat

Aparat TNI tampak mengecek barang bawaan di mobil keluarga penumpang pesawat di Bandara Ahmad Yani Semarang. Dok Humas Bandara Ahmad Yani Semarang

Semarang, IDN Times - Pengelola Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang mengaku akan menjajal penggunaan tes COVID-19 menggunakan alat GeNose C-19 pada akhir April 2021 nanti.

Penggunaan tes GeNose merupakan tindaklanjut dari Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub yang mengeluarkan surat edaran Nomor SE 26 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara dalam Masa Pandemi Covid-19 yang telah dirilis pada Rabu 31 Maret 2021.

Baca Juga: New Normal, Bandara Ahmad Yani Terapkan Tiga Zona di Ruang Tunggu 

1. Bandara Ahmad Yani pastikan rapid dan swab masih tetap dipakai

Lokasi lobi tiket do Bandara Ahmad Yani Semarang. Dok Humas Ombudsman Jateng

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Hardi Ariyanto mengungkapkan pemberian tes GeNose nantinya bisa melengkapi layanan tes COVID-19 lainnya macam rapid test, antibody dan swab antigen. "Dan keberadaan GeNose bukan menggantikan layanan tes COVID-19 yang sudah ada selama ini," ujar Hardi, Minggu (4/4/2021). 

2. GeNose akan diujicobakan di Bandara Ahmad Yani akhir bulan ini

ilustrasi tes menggunakan GeNose. (IDN Times/Siti Umaiyah)

Ia bilang jika GeNose sudah diterapkan di Bandara Internasional Yogyakarta-Kulon Progo dan Bandara Juanda Surabaya, maka pihaknya memilih mengujicoba GeNose di Bandara Ahmad Yani pada akhir April. 

Proses simulasi akan dilakukan untuk mengetahui tingkat akurasi, efektifitas dan animo penumpang pesawat yang menggunakan alat buatan Universitas Gajah Mada (UGM) tersebut. 

Pihaknya mengatakan setiap calon penumpang yang akan memakai GeNose diharapkan dapat memperhatikan waktu operasional layanan, waktu kedatangan di bandara, dan prosedur layanannya.

Baca Juga: Pakar Kritisi GeNose, Satgas Jateng: Presisi Cegah Penularan COVID-19

Berita Terkini Lainnya