Comscore Tracker

New Normal, Bandara Ahmad Yani Terapkan Tiga Zona di Ruang Tunggu 

Keluarga dilarang masuk ke ruang tunggu 

Semarang, IDN Times - Pengelola Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang sedang bersiap melakukan penormalan baru atau new normal untuk pandemik virus Corona (COVID-19). 

1. Bandara Ahmad Yani terapkan tiga zona di ruang tunggu penumpang

New Normal, Bandara Ahmad Yani Terapkan Tiga Zona di Ruang Tunggu Situasi Bandara Ahmad Yani Semarang yang akan diterapkan new normal. Dok Humas Bandara Ahmad Yani

Menurut General Manager Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Hardi Ariyanto, saat ini telah menuntaskan pembuatan pedoman protokol kesehatan sesuai aturan Angkasa Pura I yang akan melakukan new normal di 15 bandar udara lainnya.

Hardi mengungkapkan semua penumpang pesawat kelas domestik maupun internasional nantinya wajib mematuhi aturan new normal di area bandaranya. "Di lokasi exhibition hall, kami memberlalukan antrean penumpang dalam tiga zona. Setiap orang harus duduk berjarak agar tidak terjadi penumpukan," kata Hardi dalam keterangan kepada IDN Times, Kamis (4/6).

Baca Juga: Bandara Ahmad Yani Wajibkan Penumpang Bawa Hasil Tes Swab PCR 

2. Penumpukan penumpang pagi dan sore hari diklaim sudah dicegah

New Normal, Bandara Ahmad Yani Terapkan Tiga Zona di Ruang Tunggu Sejumlah calon penumpang pesawat saat duduk berjarak di bandara Ahmad Yani Semarang. Dok Humas Bandara Ahmad Yani

Ia mengklaim syarat-syarat untuk menerapkan new normal saat ini sudah diperketat. Salah satu tahapannya, katanya akan dilakukan pengecekan dokumen kesehatan, cek suhu tubuh juga bagi mitra usaha dan petugas di Bandara Ahmad Yani.

"Kami mengimbau bagi calon penumpang yang akan melakukan perjalanan melalui Bandara Ahmad Yani, agar mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan dan tetap menjaga physical distancing," akunya.

Ia mengatakan terkait potensi penumpukan penumpang saat jadwal keberangkatan pagi dan sore hari, saat ini sudah diantisipasi. Pihaknya sudah mengubah beberapa ruangan untuk menampung calon penumpang yang hendak berangkat.

3. Keluarga dilarang masuk ruang tunggu penumpang

New Normal, Bandara Ahmad Yani Terapkan Tiga Zona di Ruang Tunggu Calon penumpang pesawat saat masuk ke ruang tunggu di Bandara Ahmad Yani Semarang. Dok Humas Bandara Ahmad Yani

Terdapat lima aturan baru yang diterapkan di Bandara Ahmad Yani untuk menyambut new normal. Yaitu mulai dari menambah kursi antrean verifikasi dokumen zona 1, 2, dan 3 serta pada antrean counter KKP.

Kemudian calon penumpang baru bisa masuk exhibition hall apabila konter verifikasi pemeriksaan dokumen sudah dibuka oleh pihak maskapai.

Petugas Airport Security dan TNI akan menyeleksi calon penumpang yang dapat masuk ke area antrean. Selain itu, keluarga atau kerabat yang menjemput dilarang masuk exhibition hall, kecuali akan mengurus customer service maskapai.

Selanjutnya, pihaknya juga rutin mengimbau agar mematuhi physical distancing setiap 10 menit sekali dan terakhir para personel TNI/Polri, KKP, petugas maskapai dan Groundhandling, selalu memantau penumpang supaya tidak bergerombol.

"Pelaksanaan new normal untuk memberikan keamanan dan kenyamanan kepada calon penumpang demi memutus mata rantai Corona," pungkasnya.

Baca Juga: Pengamat: Indonesia Gak Menyongsong New Normal, tapi New Backward!

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya