TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

KA Blambangan Ekspres Resmi Beroperasi, 150 Penumpang Diangkut ke Banyuwangi

KA Blambangan Ekspres beroperasi tiap akhir pekan

Seorang penumpang wanita saat membuka handphone di dalam gerbong KA Blambangan Ekspres yang berangkat dari Stasiun Semarang Tawang menuju Stasiun Ketapang Banyuwangi. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Semarang, IDN Times - Kereta Api (KA) Blambangan Ekspres secara resmi dioperasikan PT KAI dengan rute Stasiun Semarang Tawang--Stasiun Ketapang Banyuwangi PP. Pengoperasian kereta kelas eksekutif ekonomi tersebut dimaksudkan untuk mengakomodir keperluan masyarakat Semarang yang kepengin menikmati perjalanan panjang sekaligus berlibur ke Banyuwangi maupun sebaliknya. 

Baca Juga: Penggemar Bola Semarang Kecewa Berat Siaran TV Analog Mendadak Dimatikan

1. KA Blambangan Ekspres terdiri dari empat gerbong ekonomi dan eksekutif

KA Blambangan Ekspres saat bersiap berangkat dari Stasiun Semarang Tawang menuju Stasiun Ketapang Banyuwangi. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Kepala PT KAI Daop 4 Semarang, Wisnu Pramudyo mengatakan, KA Blambangan Ekspres memiliki delapan rangkaian gerbong yang terdiri dari empat gerbong kelas ekonomi serta empat gerbong kelas eksekutif. 

"Ada empat gerbong kelas ekonomi dan empat eksekutif. Saat ini kita jalankan setiap akhir pekan. Kalau animo masyarakat kelihatan bagus akan dijalankan setiap hari," ujar Wisnu, Jumat (2/12/2022). 

2. KA Blambangan Ekspres lewat Cepu, Stasiun Pasar Turi sampai Ketapang Banyuwangi

Sejumlah pegawai PT KAI Daop 4 Semarang berdiri di depan gerbong KA Blambangan Ekspres. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Wisnu berkata, KAI baru pertama mengoperasikan kereta api dari Stasiun Tawang melewati Stasiun Cepu lalu menuju Stasiun Pasar Turi Surabaya dan dilanjutkan sampai Stasiun Ketapang Banyuwangi. 

Dengan tujuan akhir di Stasiun Ketapang, katanya makan setiap penumpang KA Blambangan Ekspres berkesempatan menikmati paronama pemandangan yang menawan di sepanjang perjalanan. 

"Tentunya kalau ingin ke Bali tinggal naik kapal menyeberang saja dari Ketapang. Dan menariknya relasi KA Blambangan Ekspres menuju Banyuwangi ini banyak sekali panorama wisatanya. Mulai Pulau Merah, Gunung Ijen dan masih banyak lagi. Ini pertama kali kita jalankan kereta api dari rute Stasiun Tawang melewati Cepu lalu dilanjutkan menuju Stasiun Pasar Turi dan Ketapang Banyuwangi," akunya. 

3. Operasional perdana KA Blambangan Ekspres bawa 150 penumpang

Sejumlah calon penumpang kereta api tampak memasuki peron Stasiun Semarang Tawang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Soal kemudahan yang diberikan bagi penumpang KA Blambangan Ekspres, Wisnu bilang ada promo diskon tiket seharga Rp250 ribu per orang. 

Wisnu menuturkan pada pemberangkatan perdana KA Blambangan Ekspres hari Jumat jam 18.30 WIB, jumlah penumpangnya sebanyak 150 orang. 

"Pemberangkatan pertama penumpangnya ada 150 orang. Ini luar biasa animo warga Kota Semarang," sambungnya. 

Baca Juga: 76 Pembalap Motor Trail Nasional Berlaga di Sirkuit Mijen Semarang  

Berita Terkini Lainnya