TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

New Normal, Bandara Ahmad Yani Terapkan Tiga Zona di Ruang Tunggu 

Keluarga dilarang masuk ke ruang tunggu 

Calon penumpang melalui pemeriksaan kesehatan di Bandara Ahmad Yani Semarang. Dok Humas Bandara Ahmad Yani

Semarang, IDN Times - Pengelola Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang sedang bersiap melakukan penormalan baru atau new normal untuk pandemik virus Corona (COVID-19). 

Baca Juga: Bandara Ahmad Yani Wajibkan Penumpang Bawa Hasil Tes Swab PCR 

1. Bandara Ahmad Yani terapkan tiga zona di ruang tunggu penumpang

Situasi Bandara Ahmad Yani Semarang yang akan diterapkan new normal. Dok Humas Bandara Ahmad Yani

Menurut General Manager Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani, Hardi Ariyanto, saat ini telah menuntaskan pembuatan pedoman protokol kesehatan sesuai aturan Angkasa Pura I yang akan melakukan new normal di 15 bandar udara lainnya.

Hardi mengungkapkan semua penumpang pesawat kelas domestik maupun internasional nantinya wajib mematuhi aturan new normal di area bandaranya. "Di lokasi exhibition hall, kami memberlalukan antrean penumpang dalam tiga zona. Setiap orang harus duduk berjarak agar tidak terjadi penumpukan," kata Hardi dalam keterangan kepada IDN Times, Kamis (4/6).

2. Penumpukan penumpang pagi dan sore hari diklaim sudah dicegah

Sejumlah calon penumpang pesawat saat duduk berjarak di bandara Ahmad Yani Semarang. Dok Humas Bandara Ahmad Yani

Ia mengklaim syarat-syarat untuk menerapkan new normal saat ini sudah diperketat. Salah satu tahapannya, katanya akan dilakukan pengecekan dokumen kesehatan, cek suhu tubuh juga bagi mitra usaha dan petugas di Bandara Ahmad Yani.

"Kami mengimbau bagi calon penumpang yang akan melakukan perjalanan melalui Bandara Ahmad Yani, agar mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan dan tetap menjaga physical distancing," akunya.

Ia mengatakan terkait potensi penumpukan penumpang saat jadwal keberangkatan pagi dan sore hari, saat ini sudah diantisipasi. Pihaknya sudah mengubah beberapa ruangan untuk menampung calon penumpang yang hendak berangkat.

Baca Juga: Pengamat: Indonesia Gak Menyongsong New Normal, tapi New Backward!

Berita Terkini Lainnya