TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kesalahan Saat Memasak Sayur Sop, Bikin Rasanya Hambar!

Tidak memasak dengan api kecil

ilustrasi sayur sop (instagram.com/irmaherdian)

Meskipun terlihat simpel dan praktis ketika memasak sayur sup, namun masih banyak orang yang melakukan kesalahan dalam proses pembuatannya. Ini bisa menyebabkan sayuran yang terdapat pada sup memiliki tekstur yang lembek karena dimasak terlalu matang.

Tak hanya itu, tidak jarang pula hidangan sup akan terasa hambar karena takaran bumbu yang kurang pas. Bagi kamu yang ingin menghindari kesalahan dalam membuat sup, berikut ini adalah hal-hal yang harus kamu hindari saat memasak sup. 

Baca Juga: Resep Roti Sobek Pandan Gula Melaka, Lumer Sekali Gigitan!

1. Tidak memasak dengan api kecil

ilustrasi api pada kompor (unsplash.com/KWON JUNHO)

Salah satu kesalahan yang seringkali dilakukan ketika memasak sup adalah memakai api yang cukup besar. Ini dapat membuat tekstur daging dan sayuran pada sup akan menjadi kering dan terlalu matang.

Kamu hanya perlu mendidihkan sup sampai muncul sedikit buih pada permukaannya. Hal tersebut bertujuan agar tekstur dari isian sup matang dengan sempurna.

2. Tidak mencicipinya terlebih dahulu

ilustrasi pria yang sedang memasak (unsplash.com/laura adai)

Kadang-kadang, walaupun telah sesuai dengan resep, sayur sop kerapkali terasa hambar. Sebagian orang cenderung terlalu percaya dengan takaran pada resep dan tak berkeinginan untuk mencicipinya terlebih dahulu.

Sedangkan dengan mencicipi sup ketika proses memasak, kita bisa tahu apakah bumbu yang telah diberikan sudah pas dan sesuai dengan lidah kita atau belum. Oleh karena itu, koreksi rasa sangatlah penting.

3. Memasak sayuran terlalu matang

ilustrasi perempuan yang sedang memasak (unsplash.com/Jason Briscoe)

Ketika memasak sup yang terdiri dari beragam sayuran, usahakanlah untuk memasak jenis sayuran yang memerlukan waktu lebih lama untuk matang. Kamu juga sebaiknya memasukkan jenis sayuran yang cepat matang supaya tekstur dan nutrisinya tetap terjaga.

Sebagai contoh, saat akan membuat sup yang berisi kacang polong, masak terlebih dahulu kacang polong bersamaan dengan sayuran lainnya seperti bawang merah, bawang putih, dan seledri. Kemudian baru memasukkan wortel setelah semua sayuran setengah matang. Dengan cara tersebut, sayuran akan tetap matang dengan tekstur yang sesuai dan tak terlalu lunak.

4. Memasukkan tomat diawal memasak

ilustrasi tomat (unsplash.com/Avin CP)

Kesalahan selanjutnya adalah menambahkan tomat diawal memasak. Sayuran ini memiliki kandungan asam yang bisa bermanfaat untuk melindungi tekstur dari kacang-kacangan dan sayuran supaya tetap renyah.

Dengan demikian, alih-alih menambahkannya ketika awal memasak, lebih baik memasukkannya kira-kira 20 menit sebelum sup matang dan tekstur dari sayuran mulai menjadi lembek. Di samping itu, menambahkan tomat di akhir juga bisa mencegahnya berubah menjadi terlalu lembek dan mengubah rasa dari sup.

Baca Juga: Resep Roti Sobek Pandan Gula Melaka, Lumer Sekali Gigitan!

Verified Writer

Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya