TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Rentan Ketularan Penyakit, Tim Medis Periksa Kesehatan Napi Lansia di Semarang 

Keluarga napi juga dipantau petugas

Seorang napi lansia saat dicek kesehatannya di dalam Lapas Kedungpane Semarang. Dok Humas Lapas Kedungpane Semarang

Semarang, IDN Times - Sejumlah petugas medis menggelar pemeriksaan kesehatan bagi para narapidana lansia yang menghuni Lapas Kelas IA Kedungpane Semarang. Cek kesehatan juga untuk memberikan terapi psikologi guna memulihkan mental mereka selama menghabiskan masa pidana.

Dari informasi pengelola Lapas Kedungpane, para narapidana juga mendapat vitamin serta diajak makan dengan gizi yang mencukupi oleh tim medis Klinik Pratama Lapas Kedungpane.

Baca Juga: Corona Merebak, Napi Kedungpane Pakai Video Call untuk Hubungi Keluarganya

1. Napi lansia minta perhatian khusus selama di dalam penjara

Unsplash/Laura Thonne

Joko, salah seorang narapidana lansia mengungkapkan, manfaat yang ia dapatkan dengan adanya layanan posyandu lansia di dalam lapas. 

"Kehidupan kami sangat diperhatikan, saya senang dengan lapas yang selalu mengedepankan layanan bagi kami yang sudah tua. Dan juga sangat butuh perhatian khusus," kata kakek berusia 61 tahun tersebut yang dipenjara 10 tahun akibat terjerat kasus pembunuhan.

2. Pengelola Lapas Kedungpane cegah resiko penyakit yang dialami napi lansia

Tim medis melakukan kontrol kesehatan bagi napi secara rutin. Dok Humas Lapas Kedungpane Semarang

Dadi Mulyadi, Kepala Lapas Kelas IA Kedungpane Semarang menyatakan para petugas posyandu juga sudah diperintahkan untuk mengecek kesehatan para narapidana lansia agar dapat mengetahui perkembangan kesehatan mereka. Selain itu juga diharapkan mampu memperpanjang usia harapan hidup bagi narapidana yang sudah sepuh. 

"Kita berharap bisa mencegah resiko munculnya penyakit yang parah. Apalagi kan napi-napi lansia lebih rentan terhadap penyakit," kata Dadi dalam keterangan resmi yang didapat IDN Times, Sabtu (24/10/2020). 

Baca Juga: Haru! Cinta Terhalang Jeruji Besi, Napi di Semarang Menikah di Lapas

Berita Terkini Lainnya