TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dua Napi Teroris Lapas High Risk Nusakambangan Pilih Ikrar Setia NKRI

Lapas Pasir Putih dikenal sebagai sel khusus para teroris

Dua narapidana Lapas Pasir Putih dengan muka diblur saat membacakan ikrar setia NKRI dihadapan perwakilan BNPT dan Densus 88. (IDN Times/Dok Humas Lapas Kemenkumham Jateng)

Cilacap, IDN Times - Dua narapidana kasus tindak pidana terorisme (napiter) yang selama ini meringkuk di sel high risk Lapas Kelas IIA Pasir Putih, Nusakambangan Cilacap memutuskan ikrar setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Keputusan kedua napiter berinisial KR dan AR yang kembali mengakui kedaulatan Indonesia itu atas dorongan dari sejumlah pihak terutama para sipir maupun petugas pamong. 

Baca Juga: Berangkat Kerja Naik Motor, Sipir Lapas Besi Nusakambangan Ditemukan Tewas Terkapar

1. Disaksikan Densus dan BNPT

Seorang napiter menandatangani surat ikrar setia NKRI di Lapas Pasir Putih Nusakambangan. (IDN Times/Dok Humas Kemenkumham Jateng)

Prosesi ikrar diadakan di ruang teleconference Lapas Pasir Putih Nusakambangan dan disaksikan Kasubdit Bina Dalam Lapas BNPT, Kasi Identifikasi Narapidana BNPT, Petugas Bapas Nusakambangan Densus 88 Polri serta mubaligh. 

"Saya berharap ikrar ini diucapkan dengan sebaik-baiknya dengan tulus dari dalam hati, untuk tidak lagi melakukan tindakan yang bertentangan dengan NKRI," ujar Kepala Lapas Pasir Putih, Agus Wijayanto ketika dikonfirmasi IDN Times, Kamis (22/6/2023). 

2. Bisa dijadikan panutan di Lapas Pasir Putih

ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

Agus berharap adanya ikrar yang diucapkan kedua napiter tersebut bisa menginspirasi narapidana lainnya agar kembali mengakui kedudukan pemerintah Indonesia. 

Ia juga menuturkan bahwa kedua napiter bisa menjadi panutan bagi penghuni lainnya sehingga tidak berulah. 

"Harapan kami, apa yang dilakukan  dua napiter ini bisa menjadi panutan narapidana teroris lain agar turut serta kembali ke pangkuan NKRI. Terima kasih juga saya sampaikan kepada seluruh petugas Lapas Pasir Putih yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik," tambahnya.

Baca Juga: Potret Bandar Narkoba Semarang saat Dijebloskan Sel Super Maximum Nusakambangan

Berita Terkini Lainnya