Cara Daftar Mudik Gratis Lebaran 2024 Pemprov Jateng, Cek Syaratnya!

Pendaftaran dibuka mulai 6 Maret 2024

Intinya Sih...

  • Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan mudik gratis lebaran 2024.
  • Ada dua moda transportasi yang disediakan, yaitu bus dan kereta api, dengan jadwal keberangkatan pada 6 April dan 7 April 2024.
  • Syarat pendaftaran termasuk memiliki KTP Jawa Tengah, bekerja di sektor informal berpenghasilan rendah, serta memenuhi persyaratan dokumen yang diunggah.

Semarang, IDN Times - Kabar gembira, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyelenggarakan mudik gratis lebaran 2024.

Mudik Lebaran Gratis tahun 2024 ini merupakan bantuan Gubernur Jateng, Walikota/Bupati se-Jawa Tengah, Jasa Raharja, Bank Jateng dan BAZNAS Jateng, Perum Perumnas, PT Semen Gresik.

1. Mudik gratis Lebaran 2024 ada dua transportasi yang dapat dipilih

Cara Daftar Mudik Gratis Lebaran 2024 Pemprov Jateng, Cek Syaratnya!Program mudik gratis Nataru Kementerian Perhubungan. (Dok. Istimewa)

Idul Fitri 1445 H atau Lebaran 2024 ini ada dua moda transportasi yang disediakan dan dipilih oleh masyarakat yang ingin mudik ke Jateng. Yakni
dengan bus dan kereta api.

Melansir dari Instagram resmi milik humas Pemprov Jawa Tengah, @humas.jateng pendaftaran untuk mudik gratis 2024 dibuka mulai 6 Maret 2024. Ada dua jenis moda transportasi yang bisa dipilih oleh para pemudik, yakni dengan bus dan kereta api.

Untuk jadwal keberangkatan mudik gratis dengan moda transportasi bus yakni pada 6 April 2024, sementara jadwal keberangkatan mudik gratis dengan kereta api yakni pada 7 April 2024.

Jadwal pendaftaran mulai Rabu (6/4/2024) pukul 09.00 WIB hingga kuota penuh. Sedangkan untuk daftar ulang yakni pada Sabtu 6 April 2024 pukul 07.00 di Museum Purna Bhakti Pertiwi TMII Jakarta Timur.

2. Syarat pendaftaran mudik gratis bus bantuan Gubernur Jateng, Bank Jateng dan PT Semen Gresik

Untuk bus bantuan Gubernur Jateng, Bank Jateng dan PT Semen Gresik kuota yang dibuka yakni sebanyak 58 bus. Pendaftaran online melalui link peda mateng, https://pedamateng.penghubung.jatengprov.go.id/ sedangkan untuk persyaratan pendaftaran mudik gratis Lebaran 2024 yakni:

- Memiliki KTP Jawa Tengah
- Bekerja di sektor informal berpenghasilan rendah (ojek, ART, pedagang asongan, kaki lima, pengemudi, buruh, dll)
- Pendaftar satu keluarga/kelompok maksimal 4 orang

Dokumen yang diunggah
- KTP/KIA
- Kartu keluarga bagi pendaftar keluarga
- Bukti yang menunjukkan pekerjaan pendaftar sesuai dengan persyaratan
contoh:
1. Pengemudi ojek online menyiapkan foto akun kemitraan ojek online
2. ART, pedagang menyiapkan foto sedang bekerja atau berada di tempat kerja
3. Pengemudi (bajaj, taksi, dll) menyiapkan foto bersama dengan kendaraannya

Dokumen yang akan diunggah dengan format foto/jpg/pdf dengan ukuran maksimal 5 MB dokumen juga harus dapat terbaca dengan jelas

3. Syarat pendaftaran mudik gratis Lebaran 2024 bus bantuan Bupati/Wali Kota

Selain bus bantuan dari Gubernur Jawa Tengah, mudik gratis Lebaran 2024 ini juga ada bus bantuan dari Bupati/Wali Kota, PT Jasa Raharja dan Perum Perumnas dengan kuota 130 bus.

Pendaftar bisa mendaftarkan diri untuk mudik gratis Lebaran 2024 ini melalui kumpulan perantau Jawa Tengah di Jabodetabek. Persyaratan pendaftar yakni warga Jawa Tengah yang terkoordinir melalui perkumpulan perantau Jawa Tengah di Jabodetabek.

4. Syarat pendaftaran mudik gratis lebaran 2024 bus bantuan Bank Jateng

Cara Daftar Mudik Gratis Lebaran 2024 Pemprov Jateng, Cek Syaratnya!Ilustrasi arus mudik dan arus balik. (IDN Times/Tama Yudha Wiguna)

Pemudik juga bisa mendaftarkan diri mudik gratis Lebaran 2024 melalui bus bantuan Bank Jateng, kuotanya yakni sebanyak 40 bus.

Pendaftaran yakni dengan datang langsung ke Bank Jateng Cabang Jakarta di jalan Panglima Polim, Kebayoran Baru atau di KCP Keramt Jati (Pasar Induk).

Persyaratan pendaftar yakni pendaftar memiliki rekening Bank Jateng Cabang Jakarta/KCP Keramat Jati atau dengan mendaftar jadi nasabah baru.

5. Pemprov Jateng sediakan 12 ribu kursi bagi para pemudik

Cara Daftar Mudik Gratis Lebaran 2024 Pemprov Jateng, Cek Syaratnya!Kepadatan pemudik di Terminal Lebak Bulus, Jakarta Selatan (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Mudik gratis Lebaran 2024 Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyediakan lebih dari 12.000 kursi bagi masyarakat asal Jateng yang tengah merantau di wilayah Jabodetabek.

Kepala Badan Penghubung Provinsi Jawa Tengah, Sarido menyebutkan total kuota yang disediakan adalah 11.400 kursi untuk armada bus dan 1.088 kursi kereta api, dengan sasaran warga Jateng yang bekerja di sektor informal di kawasan Jabodetabek.

Baca Juga: Mudik Gratis Kemenhub 2024 Pakai Bus, Cek Kuota, Syarat, Cara Daftar

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya