Momen Ganjar Nginap di Rumah Warga dan Joging Pagi di Tegal

Nginap di rumah warga bisa berkomunikasi langsung

Tegal, IDN Times - Calon Presiden Ganjar Pranowo memulai hari, Kamis (11/1/2024) dengan joging pagi dan menyapa masyarakat sekitar di Kota Tegal, Jawa Tengah, usai bermalam di rumah warga.

Safari politik di Tegal calon Presiden Ganjar Pranowo menginap di rumah warga di Jalan Arjuna Gang 14 A Nomor 56 RT002/RW003, Kelurahan Slerok, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah.

Ganjar pun menyempatkan diri untuk berdialog dengan warga sambil meminta anak muda menyampaikan aspirasinya. Salah satu perempuan muda pun diminta menunjukkan talentanya. Dia lantas bernyanyi bersama warga di depan Ganjar, menggunakan pengeras suara seadanya.

1. Disambut antusias oleh warga

Momen Ganjar Nginap di Rumah Warga dan Joging Pagi di TegalGanjar Pranowo bertemu sejumlah nelayan di Brebes, Jawa Tengah, pada Rabu (10/1/2024) (IDN Times/Istimewa)

Ganjar meninggalkan rumah warga di Kelurahan Slerok, Kecamatan Tegal Timur, sekitar pukul 06.12 WIB. Warga Tegal terlihat antusias melihat Ganjar. Di sepanjang jalan yang dilalui, banyak masyarakat menyapa.

Tidak hanya masyarakat dewasa, anak-anak sekolah yang baru tiba di sekolah pun rela keluar dari ruang-ruang kelas mereka untuk bersalaman dengan Ganjar di gerbang sekolah. "Yang pintar, ya, sekolahnya," kata Ganjar kepada anak-anak tersebut.

Sebelumnya pada Rabu malam Ganjar juga menginap di rumah warga, Rumah tempat Ganjar menginap yakni kediaman Waidah (55), guru honorer SMP 5 Tegal yang merupakan ibu tunggal dari Fikri Haikal, alumnus SMKN Jateng Semarang angkatan tahun 2017 yang saat ini tengah bekerja di perusahaan farmasi di Jakarta.

Waidah mengaku masih tidak percaya Ganjar Pranowo meminta izin untuk menginap di rumahnya di Kota Tegal.

2. Warga tak percaya Ganjar mau menginap di rumah mereka

Momen Ganjar Nginap di Rumah Warga dan Joging Pagi di TegalGanjar Pranowo bertemu dengan sejumlah petani bawang di Brebes, Jawa Tengah, pada Rabu (10/1/2024) (IDN Times/Istimewa)

Waidah bercerita bahwa anak ketiganya, Fikri Haikal, menempuh pendidikan di SMKN Jawa Tengah, sekolah asrama gratis yang diinisiasi Ganjar Pranowo saat menjabat sebagai gubernur Jawa Tengah.

"Ya Allah, Pak Ganjar. Saya seperti mimpi didatangi Pak Ganjar. Masih tidak percaya," kata Waidah.

Waidah pun bercerita kepada Ganjar jika dia pernah hidup menumpang di rumah kerabatnya sambil mengurus tiga anaknya. Beruntungnya, lanjut Waidah, Fikri diterima di SMKN Jateng kampus Semarang dengan jurusan Mekatronika.

Waidah sendiri bekerja sebagai tenaga honorer di salah satu SMP di Kota Tegal bagian tata usaha (TU). Dulunya, Waidah hanya menerima gaji Rp800 ribu per bulan.

"Honor tiap bulan Rp800 ribu, waktu sebelum naik UMR (upah minimum regional)," ungkapnya.

3. Ingin bisa selalu sempatkan menginap di rumah warga

Momen Ganjar Nginap di Rumah Warga dan Joging Pagi di TegalGanjar sebut bukan soal kartu tani atau pakai KTP tapi kurangnya subsidi pupuk, Rabu (10/1/2024).(IDN Times/@ganjar_pranowo).

Ganjar Pranowo mengaku ingin untuk dapat terus menginap di rumah warga sesuai kebiasaannya selama menjadi Gubernur Jawa Tengah. "Saya sebenarnya setiap agak lama dikit begitu, pengin (nginap di rumah warga), pengin," ujar Ganjar Rabu.

Menginap di rumah warga menurut Ganjar lebih baik lantaran dapat berkomunikasi langsung. Pertemuan secara spontan inilah yang dapat membuat Ganjar ikut merasakan keluh kesah masyarakat. Dan, bukan hanya membayangkan secara visual saja.

"Oh dia seperti ini, misalnya kalau ada kesempatan waktu ngobrol, dia akan curhat banyak masalah," jelas Ganjar.

Oleh karena itulah, kalau ada waktu yang agak lama, Ganjar akan meluangkan waktu agar dapat menginap bersama masyarakat.

Baca Juga: Ganjar Ungkap Jurus Menyejahterakan Nelayan, Siapkan Sejumlah Bantuan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya