Satu Dirawat, 359 Haji Kloter 1 Debarkasi Solo Tiba di Tanah Air

Masih ada satu yang sakit di tanah suci

Boyolali, IDN Times - Kloter 1 Debarkasi Solo tiba di tanah air Minggu (23/6/2024) dinihari. Kloter 1 berisikan sebanyak 359 orang haji asal Temanggung.

1. Ada satu orang yang masih dirawat di tanah suci karena sesak nafas

Satu Dirawat, 359 Haji Kloter 1 Debarkasi Solo Tiba di Tanah AirSuasana di kamar rawat inap RS Awwad Albihsri Makkah. (IDN Times/Faiz Nashrillah)

Pejabat Humas Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Debarkasi Solo Gentur Rahma Indriadi mengatakan dari total 360 orang haji kloter pertama 359 telah pulang ke tanah air, satu di antaranya terpaksa masih harus tinggal di Tanah Suci karena sesak napas.

"Pada saat persiapan pemberangkatan, ada satu orang yang memang memiliki riwayat penyakit paru mengalami sesak, lalu diobservasi. Kemudian dikembalikan ke rumah sakit King Faisal," katanya. Jamaah haji yang masih tinggal di tanah suci tersebut rencananya akan dipulangkan bersama jamaah lain dari kloter berikutnya, namun tetap melihat kondisi kesehatan yang bersangkutan.

"Kami akan pantau, jika sudah dinyatakan sehat akan diberangkatkan bersama kloter berikutnya," katanya. Sementara mengenai penyambutan jamaah haji di Asrama Haji Donohudan, dikatakannya, tidak memakan waktu lama.

2. Langsung diberangkatkan ke daerah asal

Satu Dirawat, 359 Haji Kloter 1 Debarkasi Solo Tiba di Tanah AirDok. Pemkot Tangerang

Menurut dia, jamaah langsung diarahkan ke gedung Musdalifah dan Jeddah untuk dilakukan proses serah terima kepada petugas haji daerah. "Selanjutnya diberangkatkan kembali ke daerah asal," katanya.

Untuk jadwal kepulangan jemaah haji ke Tanah Air pada hari Minggu, (23/6/2024) mencakup lima kloter yakni

1. Kloter 1: Kabupaten Temanggung, tiba pada pukul 00:58 WIB

2. Kloter 2: Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Magelang, tiba pada pukul 10:00 WIB

3. Kloter 3: Kabupaten Magelang, tiba pada pukul 10:45 WIB

4. Kloter 4: Kabupaten Magelang, tiba pada pukul 12:55 WIB

5. Kloter 5: Kabupaten Magelang dan Kabupaten Purworejo, tiba pada pukul 18:20 WIB

3. Ada sebanyak 37 jemaah uang meninggal di tanah suci

Satu Dirawat, 359 Haji Kloter 1 Debarkasi Solo Tiba di Tanah AirMasjidil Haram, Makkah (IDN Times/Sunariyah)

Adapun jemaah yang masih berada di Tanah Suci, sebanyak 16 jemaah dilaporkan sakit. Semuanya berada di wilayah Makkah dengan rentang usia antara 47 hingga 87 tahun. Dari 16 jemaah tersebut, 1 berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan 15 dari Jawa Tengah (Jateng).

Selain itu, jumlah jemaah yang wafat hingga saat ini mencapai 37 orang, dengan rincian sebagai berikut:

1. Di Madinah: 2 jemaah

2. Di Makkah: 35 jemaah

Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah selaku Ketua PPIH Musta’in Ahmad menyampaikan terima kasih kepada segenap panitia pemberangkatan yang sudah melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Pihaknya meminta, optimasi kinerja tersebut juga diterapkan dalam penyambutan kedatangan jemaah haji dari Tanah Suci ke tanah air.

“Prinsip dari pelaksanaan penerimaan kedatangan jemaah ini adalah kita menampilkan pelayanan dengan sebaik mungkin. Menyambut mereka dengan antusiasme, penuh semangat dan kegembiraan. Memberikan senyum cerah yang tulus datang dari hati kepada para jemaah haji, sehingga suasana bahagia mereka bisa tiba di tanah air tetap terjaga,” ujar Kakanwil.

Baca Juga: Jemaah Haji Kloter I Embarkasi Solo Tiba di Tanah Air: Alhamdulillah!

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya