Gempa Tuban Ikut Dirasakan Warga di Banyumas

Awal tidak yakin saat terjadi getaran

Banyumas, IDN Times - Gempa 6.5 magnitudo yang terjadi di Tuban ternyata juga dirasakan di sejumlah wilayah di Kabupaten Banyumas. Salah satunya adalah Tiara Giri Anjani yang saat itu sedang bertugas di sebuah minimarket.

Saat itu Tiara sedang duduk sembari memegang handphone, tiba tiba merasa getaran yang cukup kuat. Karena merasa kurang yakin bahwa itu gempa, Ia sempat bertanya kepada rekannya bernama Ita.

" Iya bener gempa,"jawab Ita sambil beranjak dari tempat duduk karena takut kembali terjadi gempa susulan.

Baca Juga: Gempa Bumi Kembali Melanda Semarang, Kali Ini Lebih Lama

1. Disangka getaran dari kendaraan besar

Gempa Tuban Ikut Dirasakan Warga di BanyumasTiara Giri Anjani yang terkejut saat mengetahui adanya gempa Tuban terasa di Banyumas, Jumat (22/3/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Tiara tidak menyangka gempa Tuban terasa hingga ke tempat dimana Ia bertugas di Amindo. Biasanya menganggap itu adalah getaran akibat truk besar melintas di jalan nasional Kota Wangon, Banyumas.

Dirinya baru menyadari setelah beberapa botol minuman ringan dan barang yang tergantung di minimarket bergoyang goyang.

"Saya sadarnya setelah botol galon dan barang lain yang bergantungan bergoyang goyang,"katanya.

2. Baru sadar saat ada info BMKG

Gempa Tuban Ikut Dirasakan Warga di BanyumasGempa Tuban sempat pula membuat kaget karyawan di sebuah lembaga keuangan di Banyumas, Jumat (22/3/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Sedangkan di salah satu kantor lembaga keuangan yang satu atap dengan minimarket Amindo para karyawan juga dikagetkan dengan peristiwa gempa Tuban. Mereka baru menyadari setelah beberapa menit ada info resmi dari BMKG.

Saat itu para karyawan sedamg menyelesaikan tugas, tiba tiba kursi yang diduduki salah satu karyawan bernama Dani bergetar.

"Saya merasakan getaran saat sedang membuat laporan kerja, namun tidak menyangka kalau itu gempa, taunya saat ada notifikasi dari BMKG,"jelas Dani.

3. Penjelasan pakar mitigasi kebencanaan

Gempa Tuban Ikut Dirasakan Warga di Banyumaspeneliti Senior dari Pusat Penelitian Mitigasi Kebencanaan dan Perubahan Iklim (Puslit MKPI) ITS Dr Ir Amien Widodo MSi. (IDN Times/Foto : its.ac.id)

Seperti diketahui, gempa bumi kekuatan 6.5 Magnitudo mengguncang Tuban pada pukul 17:52 WIB. Getaran yang berpusat pada 132 kilometer Timur Laut Tuban ini dirasakan hingga Surabaya, Malang, Semarang dan beberapa daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur lainnya.

Menurut peneliti Senior dari Pusat Penelitian Mitigasi Kebencanaan dan Perubahan Iklim (Puslit MKPI) ITS Dr Ir Amien Widodo MSi mengatakan bahwa guncangan yang terjadi pada daerah laut itu dipicu oleh sesar aktif di Laut Jawa.

"Pergeseran permukaan pada gempa Tuban terjadi secara horizontal sehingga tidak berpotensi tsunami, Semakin kuat skala intensitasnya, dampak yang dirasakan akan semakin berbahaya,” jelasnya.seperti dikutip dari laman resmi ITS.

Baca Juga: Dilanda Gempa 5,9 Magnitudo, Getaran Dirasakan Warga Pekalongan-Pati

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya