Puncak Arus Balik, Banyumas Barat Alami Kepadatan

Terjadi di jalur selatan menuju jawa barat

Banyumas, IDN Times - Puncak arus mudik balik H+3 pasca dua hari lebaran mengalami kepadatan jumlah pengendara yang memasuki jalur selatan menuju Bandung dan Jakarta, serta jalur utara menuju arah Pantura, Minggu, (14/4/2024).

Kepadatan tersebut sebelumnya telah diprediksi oleh pemerintah bahwa puncak arus balik lebaran 2024 akan terjadi pada Minggu - Senin (14-14/4/2024). Sejumlah strategi untuk melancarkan arus balik disiapkan, termasuk sebelumnya himbauan pemudik agar kembali ke perantauan lebih awal.

Dari pantauan IDN Times pada Minggu malam, puluhan kendaraan nampak melintas dari arah Sumpiuh menuju Wangon yang merupakan awal batas Kabupaten Banyumas dan Jawa Barat. Sebagian besar terlihat memanfaatkan rest area SPBU untuk beristirahat. Kepadatan arus mudik balik juga disebabkan karena pada selasa (16/4/2024) adalah hari masuk kerja bagi para ASN dan pegawai swasta.

Baca Juga: Momen Idul Fitri, Pj Bupati Banyumas Ajak Hilangkan Dendam

1. Polisi ingatkan melalui pengeras suara

Puncak Arus Balik, Banyumas Barat Alami KepadatanKabagops Polresta Banyumas Kompol Amjat nampak berupaya keras menghimbau melaui pengeras suara agar pemudik balik tertib, Minggu (14/4/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Sementara jajaran Polresta Banyumas nampak mengamankan jalannya arus Balik Mudik yang melintas di beberapa lokasi seperti Wangon dan persimpangan tiga Ajibarang. Bahkan pihak Polresta melakukan siaran live melalui akun resmi @kapolresta_banyumas. 

Melalui pengeras suara, Kabagops Polresta Banyumas Kompol Agus Amjat Purnomo, S.H., M.M nampak mengatur arus lalu lintas bersama anak buahnya. Pihaknya menghimbau kepada para pemudik balik agar berhati hati dalam perjalanan.

"Arus lalu lintas dari purwokerto menuju Brebes cukup padat, untuk para pengendara diharap untuk sedikit bersabar ya Tetap kontrol emosi, kontrol perasaan dan jaga mood saat berkendara,"kata Kapolresta.

2. Kapolresta ingatkan soal cuaca dan hujan

Puncak Arus Balik, Banyumas Barat Alami Kepadatankapolresta Banyumas Eddy Suranta Sitepu nampak memimpin jalan pengaturan arus lalulitas mudik balik di Persimpangan tiga Ajibarang, Minggu (14/4/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Sementara Kapolresta Banyumas Kombes Pol. Eddu Suranta Sitepu dalam keterangannya mengatakan Arus lalu lintas di simpang Ajibarang menuju jakarta saat ini padat merayap, peningkatan kendaraan di hari ini sangat signifikan.

"Cuaca juga sedang hujan, tetap hati-hati terutama pengendara roda dua tetap jaga keselamatan kalau lelah istirahat,"katanya.

Seperti diketahui, sejak siang hari Kabupaten Banyumas sempat diguyur hujan hingga malam pukul 21:00 WIB, akibatnya sejumlah pengendara alami kecelakaan hingga ada yang meninggal.

 

 

3. Satu orang meninggal di Jatilawang

Puncak Arus Balik, Banyumas Barat Alami KepadatanMobil yang alami ringsek saat kecelakaan adu banteng di jalan raya Tinggarjaya, Jatilawang, Minggu (14/4/2024).(IDN Times/Cokie Sutrisno)

Diduga kurang hati hati, telah terjadi laka lantas di Jalan Raya Tinggarjaya Jatilawang, adu banteng antara pengendara motor dengan mobil sedan, korban sepeda motor meninggal di tempat.

Dalam video yang juga langsung beredar di media sosial nampak sebuah mobil alami ringsek bagian kap depannya, jenazah korban sudah di tangani oleh pihak berwajib, sementara identitas korban belum di ketahui.

"Tadi sekitar jam 9 malam mas adu banteng motor pemudik dengan sedan, yang pakai motor meninggal l, sedang motornya langsung di bawa petugas polantas pakai mobil,"kata Biyang kepada IDN Times.

 

Baca Juga: 626 Personil Gabungan Amankan Operasi Ketupat Candi 2024 di Banyumas

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya