13 Kecamatan Brebes Berpotensi Diguyur Hujan Deras, Waspadai Banjir Bandang

BMKG prediksi masih ada hujan deras tiga hari

Brebes, IDN Times - Stasiun BMKG Klimatologi Kelas I Semarang mengingatkan kepada masyarakat Kabupaten Brebes untuk mewaspadai potensi bencana banjir, banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang hingga beberapa hari ke depan. Pasalnya, hujan dengan intensitas lebat masih berpeluang terjadi di sejumlah kecamatan. 



Baca Juga: 191 Hektare Ladang Bawang Merah Kebanjiran di Brebes, Sulit Diselamatkan

1. BMKG ingatkan ada hujan deras di sejumlah kecamatan

13 Kecamatan Brebes Berpotensi Diguyur Hujan Deras, Waspadai Banjir Bandangantaranews.com

Kepala Stasiun BMKG Klimatologi Semarang, Sukasno mengatakan berdasarkan prakiraan cuaca harian selama 27-29 Februari besok, intensitas hujan lebat akan terjadi di sejumlah kecamatan seperti wilayah Salem, Bantarkawung, Bumiayu, Paguyangan dan Ketanggungan. 

 


"Untuk di Kabupaten Brebes saat tanggal 27 - 29 Februari 2024 masih terdapat potensi hujan lebat di Kecamatan Salem, Kecamatan Bantarkawung, Kecamatan Bumiayu, Kecamatan Paguyangan, Kecamatan Sirampog, Kecamatan Tonjong, Kecamatan Songgom, Kecamatan Kersana, Kecamatan Losari, Kecamatan Tanjung, Kecamatan Larangan, Kecamatan Ketanggungan dan Kecamatan Banjarharjo," ujar Sukasno saat dikontak IDN Times, Rabu (28/2/2024). 

2. Ada pengaruh Monsun Asia

13 Kecamatan Brebes Berpotensi Diguyur Hujan Deras, Waspadai Banjir BandangIlustrasi cuaca ekstrem. (Dok. PLN UID Lampung).

Lebih lanjut, Sukasno menyampaikan cuaca ekstrem yang melanda Jawa Tengah selama ini dipengaruhi sirkulasi Monsun Asia yang menyebabkan adanya peningkatan massa udara basah di wilayah Indonesia bagian barat dan selatan ekuator, termasuk sekitar Jawa Tengah.


Selain itu, hujan lebat juga disebabkan ada daerah Konvergensi dan belokan angin terpantau di sekitar Jawa Tengah serta labilitas lokal kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal. 

3. Warga perlu waspadai banjir bandang, longsor dan angin kencang

13 Kecamatan Brebes Berpotensi Diguyur Hujan Deras, Waspadai Banjir BandangTim SAR gabungan saat menyusuri kampung-kampung yang terdampak banjir di Brebes. (IDN Times/Dok Basarnas Cilacap)

Sukasno menyarankan kepada masyarakat yang terdampak cuaca ekstrem untuk ekstra waspada karena potensinya terjadi di seluruh wilayah Jawa Tengah. 


"Dan waspada bencana hidrometeorologi di sebagian besar wilayah Jawa Tengah. Potensinya adalah banjir, banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang," terangnya. 

4. Curah hujan bulan depan kisaran 201-400 milimeter

13 Kecamatan Brebes Berpotensi Diguyur Hujan Deras, Waspadai Banjir Bandangilustrasi langit Jakarta yang terlihat mendung (flickr.com/kundrat)

Untuk bulan Maret nanti, pihaknya memprediksi bila curah hujan umumnya kisaran 201-400 milimeter. Kecuali sebagian wilayah Kabupaten Pati dan Rembang karena curah hujannya berkisar 151-200 milimeter. 


Sedangkan sebagian besar wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo kemudian Kabupaten Tegal, Pemalang, Pekalongan dan Batang bagian selatan, Kabupaten Purbalingga bagian utara, sebagian wilayah Kabupaten Temanggung, wilayah tenggara Brebes dan Sragen, sebagian wilayah utara Kabupaten Purworejo, sebagian kecil wilayah Kabupaten Kebumen dan Karanganyar curah hujannya kisaran 400 mm.


"Untuk sifat hujannya bulan depan masih normal," terangnya. 

Baca Juga: Polda Jateng Bongkar Jaringan Pengedar Lintas Pulau, Pelakunya Empat Orang

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya