Aksi Kekerasan Marak di Palestina, Ganjar Ikut Boikot Israel di Piala Dunia U-20

Satu komitmen dengan Bung Karno

Semarang, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memastikan ikut memboikot keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20. Seperti diketahui, Piala Dunia U-20 sesuai jadwal diselenggarakan di Stadion Manahan Solo sebagai salah satu venuenya. 

1. Ganjar tegaskan komitmen Bung Karno dukung kemerdekaan Palestina

Aksi Kekerasan Marak di Palestina, Ganjar Ikut Boikot Israel di Piala Dunia U-20Seorang pria Palestina berdoa ketika polisi Israel berkumpul selama bentrokan di kompleks Masjid Al-Aqsa, Jumat (7/5/2021). (ANTARA FOTO/REUTERS/Ammar Awad)

Ganjar mengatakan, sebagai kader PDI Perjuangan, dirinya memegang teguh amanat Bung Karno untuk terus mendukung kemerdekaan Palestina. 

"Kita sudah tahu bagaimana komitmen Bung Karno terhadap Palestina, baik yang disuarakan dalam Konferensi Asia Afrika, Gerakan Non Blok, maupun dalam Conference of the New Emerging Forces. Jadi ya kita ikut amanat beliau," ujar Ganjar, Kamis (23/3/ 2023). 

Baca Juga: FIFA Datang, PSSI Optimistis 6 Venue Piala Dunia U-20 Lolos Inspeksi

2. Ganjar berharap ada upaya terobosan tanpa kehadiran Israel

Aksi Kekerasan Marak di Palestina, Ganjar Ikut Boikot Israel di Piala Dunia U-20Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat berbincang dengan perwakilan kades, camat dan Wabup Wonogiri usai rakor di Desa Ngadirojo. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Meski demikian, Ganjar tetap mendorong upaya terobosan agar Israel tidak main di Indonesia di Piala Dunia U-20. 

Sikap itu, ia beralasan jadi komitmen bersama dalam upaya kemerdekaan palestina sesuai amanat Presiden RI pertama, Soekarno. "Saya berharap agar diupayakan langkah-langkah perubahan bersama, tanpa kehadiran Israel," katanya.

3. Menyuarakan dukungan buat Palestina

Aksi Kekerasan Marak di Palestina, Ganjar Ikut Boikot Israel di Piala Dunia U-20Warga Palestina berkumpul di lokasi di mana sebuah rumah hancur akibat serangan udara Israel, di tengah konflik Israel-Palestina, di selatan Jalur Gaza, Rabu (12/5/2021). (ANTARA FOTO/REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa/aww.)

Sebagai gubernur, Ganjar juga terus mengamati aksi-aksi kekerasan yang cenderung meningkat di Palestina. 


Ia mencermati munculnya kelompok politik dalam pemerintahan Israel yang menolak mengakui keberadaan bangsa dan negara Palestina merdeka. "Karenanya, penting bagi kami untuk tetap melarang dukungan kami kepada perjuangan Palestina merdeka," bebernya. 

4. Piala Dunia U-20 dapat digelar tanpa mengorbankan komitmen pendiri bangsa

Aksi Kekerasan Marak di Palestina, Ganjar Ikut Boikot Israel di Piala Dunia U-20ANTARA FOTO/Maulana Surya

Oleh karena itu, Ganjar mendukung sikap PDIP yang menolak kehadiran tim nasional Israel dalam perhelatan Piala Dunia U-20 di Indonesia. 

Ganjar meminta panitia bersama pihak terkait untuk mengupayakan langkah terobosan agar penyelenggaraan piala dunia tetap berjalan tanpa kehadiran timnas Israel di Indonesia. Ganjar menambahkan, dirinya sudah berkomunikasi dengan PSSI dan beberapa menteri terkait. 

Menurutnya, penyelenggaraan Piala Dunia U-20 ini tetap bisa berjalan tanpa mengorbankan komitmen pendiri bangsa dalam mewujudkan kemerdekaan Palestina.

“Sehingga penyelenggaraan Piala Dunia U-20 bisa dilakukan tanpa mengorbankan komitmen panjang kita untuk mewujudkan Palestina merdeka. Serta, tetap menjaga keamanan sosial-politik di dalam negeri Indonesia,” tegasnya.

Baca Juga: Soal LHKPN, Ganjar Pranowo Tegaskan Harus Dipaksa Biar Tanggung Jawab

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya