Buka Layanan di Kota Lama Semarang, Imigrasi Targetkan Cetak 740 Paspor

Imigrasi buka layanan tiap akhir pekan

Semarang, IDN Times - Pihak Imigrasi Kelas I Semarang mengadakan layanan pembuatan paspor di Gedung Weeskamer Kota Lama guna mendekatkan diri kepada masyarakat Jawa Tengah.

Dalam rentang waktu seharian, petugas ditargetkan mampu mengurus pembuatan 740 paspor ekstra cepat bagi masyarakat. 



Baca Juga: Respons Pajak Hiburan Naik, Bapenda Semarang Buka Komunikasi dengan Pelaku Usaha

1. Sediakan kuota pembuatan 740 paspor

Buka Layanan di Kota Lama Semarang, Imigrasi Targetkan Cetak 740 PasporKepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah Is Edy Ekoputranto bersama Kepala Imigrasi Semarang Guntur Sahat Hamongan saat memaparkan target pencetakan paspor untuk layanan paspor simpatik di Gedung Weeskamer Kota Lama Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Kepala Divisi Keimigrasian Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Jawa Tengah, Is Edy Ekoputranto mengungkapkan pembuatan paspor dikerjakan dari pagi sampai pukul 16.00 WIB sore. 


"Kami menyediakan kuota sebesar 740 yang diikuti oleh seluruh kantor imigrasi yang bernaung dibawah Kanwil Kemenkumham Jawa Tengah," kata Is saat mengecek pembuatan paspor di Gedung Weeskamer, kawasan Kota Lama Semarang, Sabtu (20/1/2024). 

2. Kemenkumham sebut layanan paspor simpatik jadi terbesar di Jateng

Buka Layanan di Kota Lama Semarang, Imigrasi Targetkan Cetak 740 PasporPara pemohon memproses pembuatan paspor di Gedung Weeskamer Kota Lama Semarang. +IDN Times/Fariz Fardianto (

Ia berkata pembuatan paspor di Gedung Weeskamer menjadi yang terbesar di Jawa Tengah lantaran kuotanya yang relatif banyak. Ini, menurutnya menjadi upaya pihaknya untuk bergotong-royong memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat Jawa Tengah. 


Selain itu, adanya layanan bertajuk paspor simpatik tersebut menjadi langkah Direktorat Keimigrasian untuk mendekatkan diri kepada masyarakat luas. 


"Semoga pelayanan berjalan lancar dan kita targetkan kelar jam empat sore nanti. Ke depan kami menargetkan melakukan safari ke kota-kota seluruh Jawa Tengah untuk memberikan layanan keimigrasian dengan melibatkan seluruh unsur kantor imigrasi. Ya kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan layanan ini sebaik-baiknya supaya pelayanan yang diberikan dapat optimal," akunya. 

3. Tetap awasi setiap sesi pembuatan paspor

Buka Layanan di Kota Lama Semarang, Imigrasi Targetkan Cetak 740 PasporSeorang pemohon paspor saat memproses pembuatan paspor di Gedung Weeskamer Kota Lama Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Sedangkan, Kepala Imigrasi Semarang, Guntur Sahat Hamonangan bilang jika untuk mengantisipasi penyalahgunaan paspor, maka pihaknya semakin memperketat setiap proses pembuatan paspor.

Termasuk meningkatkan pengawasan saat sesi wawancara, tahapan perekaman data sampai pengambilan foto diri para pemohon. 


"Tentunya pengawasan diberikan saat tahapan-tahapan pembuatan paspor di Gedung Weeskamer. Prosesnya tetap sama. Mulai dari sesi wawancara, pengambilan sidik jari, pengambilan foto dan sejenisnya," tuturnya. 

4. Pemohon bisa akses pengajuan paspor lewat aplikasi google form

Buka Layanan di Kota Lama Semarang, Imigrasi Targetkan Cetak 740 Pasporilustrasi menyiapkan paspor (pexels.com/nappy)

Layanan paspor simpatik berlangsung ditujukan bagi para pemohon yang menggunakan kuota walk-in yang sebelumnya terdaftar di google form yang telah dibagikan. Pelayanan pada hari Sabtu juga dimanfaatkan memenuhi kebutuhan pemohon di Semarang yang terus meningkat.

Baca Juga: Imigrasi Semarang Tanggguhkan Permohonan 480 Paspor, Ada yang Dicekal

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya