Cegah Hewan Liar, Runway Bandara Ahmad Yani Dipasangi Puluhan CCTV

Bandara Ahmad Yani kini berbasis AI

Intinya Sih...

  • Bandara Ahmad Yani memasang lebih dari 20 CCTV untuk deteksi hewan liar di sekitar landasan pacu.
  • Penggunaan AI sebagai alat bantu memudahkan petugas memantau kebutuhan fasilitas penumpang pesawat.
  • Bandara ini bertransformasi menjadi bandara berbasis digitalisasi dengan sistem AI smart stream.

Semarang, IDN Times - Pengelola Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang memasang lebih dari 20 CCTV untuk mendeteksi gangguan hewan liar di sekitar landasan pacu (runway). 

Baca Juga: Banjir Bandang Picu Penurunan Produksi Beras di Tiga Daerah Jateng

1. Pemasangan CCTV untuk meningkatkan safety penerbangan

Cegah Hewan Liar, Runway Bandara Ahmad Yani Dipasangi Puluhan CCTVilustrasi CCTV (pexels.com/Łukasz Klimkiewicz)

Pemantauan menggunakan CCTV juga ditujukan untuk mengatasi segala jenis hambatan yang berpotensi muncul di dunia penerbangan. 

"Terutama potensi bird dan wildlife hazard di bandara kita. Itu bisa dimonitor melalui CCTV. Kita pasang lebih dari 20 item CCTV di sepanjang runway kita sehingga bisa memonitor kendala-kendala di tempat kita untuk meningkatkan safety penerbangan kita," kata Fajar Purwadidada, General Manajer PT Angkasa Pura I Bandara Ahmad Yani Semarang, Selasa (5/3/2024). 

 

2. Bandara Ahmad Yani sekarang berbasis digitalisasi

Cegah Hewan Liar, Runway Bandara Ahmad Yani Dipasangi Puluhan CCTVkecerdasan buatan (east.vc)

Ia mengungkapkan penanganan potensi gangguan hewan liar nantinya dilakukan dengan berkomunikasi bersama para stockholder. 

Lebih lanjut lagi, bandaranya kini juga mulai bertransformasi sebagai bandar udara yang berbasis digitalisasi. Upaya tersebut dibuktikan dengan mengembangkan sistem artificial intelligence (AI) dengan konsep smart strem. 

"Bandara Ahmad Yani sebagai bondir yang bertransformasi menjadi bandara berbasis digitalisasi. Maka dari itu, kita kembangkan sistem AI smart stream," terangnya. 

3. Penggunaan AI bantu petugas monitor fasilitas yang dibutuhkan penumpang

Cegah Hewan Liar, Runway Bandara Ahmad Yani Dipasangi Puluhan CCTVIlustrasi penumpang keluar dari pintu kedatangan Bandara Internasional Lombok. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Penggunaan AI sebagai alat bantu di bandaranya, katanya sebagai langkah memudahkan kerja-kerja para petugas dalam memantau segala macam kebutuhan fasilitas pendukung yang diberikan bagi para penumpang pesawat. 

"Ini bisa membantu para petugas bandara kita memonitor semua fasilitas yang dibutuhkan penumpang. Bagaimana operasional di air seat, berapa jumlah penumpang bisa dihitung, jumlah penerbangan bisa dihitung. Kebutuhan transport kita bisa dimonitor. Termasuk juga mencatat kebutuhan troli melalui AI. Ini jadi memudahkan petugas memonitor aktivitas bandara," ujar Fajar. 

Baca Juga: Bandara Ahmad Yani Pakai AI, Pantau Ruang Tunggu dan Hitung Penumpang

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya