Datangi SMA 3 Semarang, Zulhas Pamerkan Lauk Makan Bergizi Gratis

Zulhas akui sedang sosialisasikan makan bergizi gratis

Semarang, IDN Times - Di bawah tenda besar yang ada di pelataran SMAN 3 Semarang, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyambangi satu persatu siswa. Ia berjalan sambil membawa sebuah nasi kotak. 

Pembantu Presiden Jokowi tersebut lalu membuka nasi kotak tersebut. Kemudian menunjukkan isinya kepada wartawan yang berkerumun di depannya. 

Terlihat di dalamnya ada sebungkus nasi dengan variasi menu. Antara lain kerupuk, capcay rebus, ayam kremes, telur dan sebuah pisang.

Menurut Zulhas variasi menu tersebut menjadi salah satu contoh makanan yang masuk dalam program makan bergizi gratis yang akan dilaksanakan tahun depan. 

"Ini contoh yang dimasukan ke gugus tugas transisi. Setiap daerah dikasih begini ini," kata Zulhas sambil menunjukkan nasi kotak yang dibagikan ke setiap siswa SMAN 3 Semarang. 

Baca Juga: Siswa SDN Tugurejo Semarang Tunjukkan Makan Bergizi Murah Meriah, Ini Menunya

1. Zulhas tegaskan biaya makan bergizi gratis beda-beda

Datangi SMA 3 Semarang, Zulhas Pamerkan Lauk Makan Bergizi GratisMendag Zulkifli Hasan tunjukkan contoh lauk untuk kegiatan makan bergizi gratis. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Lebih jauh, Zulhas bilang secara terperinci patokan anggaran program makan bergizi gratis belum dihitung. Walau begitu total lagu anggaran yang sudah disiapkan untuk kegiatan makan bergizi gratis mencapai Rp71 triliun. 

Pengalokasian biaya makan bergizi gratis nantinya sangat bervariasi yang disesuaikan masing-masing daerahnya. Ia menekankan bahwa biaya makan bergizi gratis akan digelontorkan dari pemerintah pusat. 

"Anggarannya belum dihitung. Yang sudah ada Rp71 triliun. Tahun 2025 Rp71 triliun. Itu akan dilihat mungkin tiap daerah beda-beda. Nanti dibagi dan dioptimalisasi," ujarnya. 

2. Zulhas ikut sosialisasikan makan bergizi gratis

Datangi SMA 3 Semarang, Zulhas Pamerkan Lauk Makan Bergizi GratisMendag Zulkifli Hasan juga sambangi kedai kebab di SMAN 3 Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Soal apakah jatah tiap siswa kurang dari Rp15 ribu atau lebih, Zulhas mengklaim pagunya juga masih dihitung. 

"Belum ada angka 15 atau berapa ini masih dihitung. Ini lagi sosialisasi, kasih masukan," tuturnya. 

3. Guru SMA 3 akui makan bergizi butuh biaya Rp30 ribu

Datangi SMA 3 Semarang, Zulhas Pamerkan Lauk Makan Bergizi GratisMendag Zulkifli Hasan di SMAN 3 Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Sedangkan, Sri Hastuti, seorang guru SMAN 3 Semarang membenarkan bahwa ada kegiatan sosialisasi program makan bergizi gratis dari Kemendag. 

Di sekolahannya diminta menyediakan tujuh variasi menu dalam wadah nasi kotak. Satu nasi kotak dengan kelengkapan variasi menu tersebut kebutuhan biayanya Rp30 ribu. 

"Ini makanan dari kementerian. Isinya makanan sehat dan bergizi. Total menunya ada tujuh. Ada nasi putih, ayam kremes, capcay, telur balado, pisang kerupik dan air putih. Harganya Rp27.500. Belum sama susu. Kalau sama susu jadinya Rp30 ribu," ujar Hastuti.

4. Ahli gizi usul makan bergizi gratis pakai misoa

Datangi SMA 3 Semarang, Zulhas Pamerkan Lauk Makan Bergizi Gratisilustrasi cara memasak misoa (youtube.com/Devina Hermawan)

Seperti diberitakan sebelumnya, para ahli gizi yang tergabung dalam organisasi Persatuan Ahli Gizi Indonesia (Persagi) Jawa Tengah menyarankan kepada pemerintah pusat untuk menggunakan makanan olahan berbahan baku tradisional dalam kegiatan makan bergizi gratis. 

Makanan olahan tradisional bisa jadi alternatif untuk menyesuaikan selera anak sekolah tiap kabupaten/kota sekaligus menyikapi pemangkasan anggaran makan bergizi gratis yang jadi Rp7.500.

"Dengan biaya Rp7.500, maka bahan baku yang dipakai nanti tidak harus nasi. Tapi bisa dari jagung atau misoa agar variasi masakannya keluar. Lalu bisa juga pakai mi goreng karena disitu nanti ada gizi yang komplit, diatasnya bisa ditaburi komponen gizi yang lengkap," kata Wakil Ketua Persagi Jateng, Florentinus Nurtinus saat berbincang dengan IDN Times, Selasa (23/7/2024).

Baca Juga: Gibran Tinjau Makan Bergizi Gratis di Solo, Siap Terima Masukan

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya