Dinkes Jateng Lakukan Sweeping untuk Tingkatkan Capaian Imunisasi Polio

Dinkes beri edukasi yang menyeluruh

Semarang, IDN Times - Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah mulai menggencarkan upaya sweeping ke rumah-rumah warga untuk menyasar anak-anak yang belum mengikuti imunisasi polio putaran pertama.

Baca Juga: Pengulangan Imunisasi Polio Terhalang Bencana Banjir di Pekalongan

1. Ditarget capaian imunisasi polio di atas 95 persen

Dinkes Jateng Lakukan Sweeping untuk Tingkatkan Capaian Imunisasi PolioKepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Tengah dr Yunita Dyah Suminar saat memaparkan hasil capaian imunisasi polio yang berlangsung selama tahap satu di 35 kabupaten/kota. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Kepala Dinkes Jawa Tengah, dr Yunita Dyah Suminar mengatakan langkah sweeping yang dimaksud bukan seperti tindakan Satpol PP. Melainkan dengan menyambangi rumah warga untuk mengedukasi para orang tua agar mau mengikutsertakan anaknya dalam program imunisasi polio. 

"Maka tindakan yang kami tempuh untuk pelaksanaan putaran kedua ialah melaksanakan sweeping bagi anak yang belum divaksin. Untuk target prioritasnya pada tiap wilayah harus mencapai angka diatas 95 persen," kata Ninit kepada IDN Times, Rabu (31/1/2024).

2. Akan beri edukasi menyeluruh

Dinkes Jateng Lakukan Sweeping untuk Tingkatkan Capaian Imunisasi PolioImunisasi Polio anak. (Dok. Diskominfo Kota Surabaya)

Pihaknya mengungkapkan tahapan edukasi perlu dilakukan menyeluruh supaya pelaksanaan imunisasi polio putaran kedua dapat berjalan maksimal. 

Pihaknya juga berharap adanya edukasi dengan mendatangi rumah warga secara langsung bisa dimanfaatkan berkelanjutan sampai pelaksanaan imunisasi polio tuntas. 

"Harapan dari kami yang imunisasi polio putaran kedua bisa dimaksimalkan. Makanya untuk tindak lanjutnya yaitu edukasi Sub PIN dua kali putaran yang berkelanjutan sampai nanti pelaksanaan selesai," akunya. 

3. Dinkes fokus imunisasi polio di perkotaan

Dinkes Jateng Lakukan Sweeping untuk Tingkatkan Capaian Imunisasi PolioWakil Walikota Solo melakukan imunisasi gerakan Vaksinasi Polio Serentak di Solo. (Dok/Humas Pemkot Solo)

Langkah lain untuk memaksimalkan program imunisasi polio, katanya dengan melaksanakan Root cause analysis (RCA) untuk masing-masing daerah. 

Dinkes Jateng akan melibatkan kerjasama dengan semua klinik, rumah sakit yang potensial, sejumlah pengurus Ormas dan posyandu saat kegiatan di tengah masyarakat. "Utamanya kita juga akan lebih fokus pada kegiatan imunisasi polio di wilayah perkotaan besar," tutur Ninit. 

Baca Juga: 7 Daerah Jateng Gagal Capai Target Imunisasi Polio, Paling Rendah Temanggung

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya