Ditlantas Polda Jateng Berlakukan One Way Lokal Tol Kalikangkung-Bawen

Kendaraan pemudik terjebak antrean di Kalikangkung

Semarang, IDN Times - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jawa Tengah memberlakukan sistem one way lokal dari ruas Tol Kalikangkung Ngaliyan sampai ruas Tol Bawen Ungaran. Pemberlakuan one way lokal karena mempertimbangkan kondisi arus kendaraan pemudik yang kerap terjebak kemacetan panjang saat akan masuk gardu induk Exit Tol Kalikangkung. 



Baca Juga: Puncak Mudik, 3.104 Kendaraan Padati Ruas Tol Kalikangkung

1. One way lokal sampai Bawen

Ditlantas Polda Jateng Berlakukan One Way Lokal Tol Kalikangkung-BawenDirlantas Polda Jateng Kombes Pol Sony Irawan. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Dirlantas Polda Jateng, Kombes Pol Sony Irawan mengaku para personel gabungan kini sedang melakukan sterilisasi dari Tol Bawen sampai simpang susun Krapyak sebagai langkah menyiapkan sistem one way lokal. 


"One way lokal dilaksanakan dari gate Tol Kalikangkung mulai KM 421 sampai Bawen. Saat ini tim lagi melakukan sterilisasi dari Bawen sampai simpang susun Krapyak," ujar Sony saat meninjau kepadatan kendaraan pemudik di Tol Kalikangkung, Sabtu (6/4/2024). 

2. Berlaku dari arah barat ke timur

Ditlantas Polda Jateng Berlakukan One Way Lokal Tol Kalikangkung-BawenAntrean kendaraan pemudik mengular di Tol Kalikangkung. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Upaya sterilisasi, katanya berkejaran dengan waktu yang mepet. Tetapi setelah semua bisa disterilkan, maka pihaknya langsung membuka dua jalur A dan jalur B yang menghubungkan Tol Kalikangkung dengan Bawen untuk dirancang menjadi satu jalur dari arah barat menuju ke timur. 


"Setelah semua steril, maka nanti dibuka dobrakan di dua jalur A dan jalur B seluruhnya digunakan kendaraan dari barat ke timur," tuturnya.

3. Kendaraan pemudik naik tajam

Ditlantas Polda Jateng Berlakukan One Way Lokal Tol Kalikangkung-BawenFoto udara kendaraan roda empat melintas di Jalan Tol Trans Jawa Semarang-Batang via Gerbang Tol (GT) Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (3/4/2024). (ANTARA FOTO/Makna Zaezar)

Lebih jauh, ia pun mengakui bahwa sistem one way lokal diterapkan semata karena melihat kepadatan arus kendaraan pemudik yang melintasi ruas Tol Kalikangkung. 


Sedari pagi hingga sore ini banyak kendaraan pemudik yang terjebak kemacetan hingga berkilo kilometer. 


Menurut Sony, dari pagi hingga sore ini jumlah kendaraan pemudik di Tol Kalikangkung naik tajam hingga 3.000 unit. 


"Indikator one way lokal karena ada peningkatan traffic accounting di angka 3.000 dari pagi sampai sore ini. Dan kedua kapasitas volumenya sudah tidak sebanding. Ketiga ada tahapan delay pada sistem penarikan dan dari indikator itu akhirnya dilakukan one way lokal," paparnya. 


Soal kendala memberlakukan one way lokal, ia berkata hanya masalah waktu saja. "Kendala di lapangan hanya masalah waktu sterilisasi saja. Sirkulasi arus mudik terpadat di Kalikangkung," terangnya. 

Baca Juga: Pemudik yang Tiba di Bandara Ahmad Yani Semarang Sudah 28.930 Orang

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya