Festival Balon Udara Wonosobo Dikunjungi 189 Ribu Wisatawan

Berharap jadi agenda Internasional

Wonosobo, IDN Times - Ketenaran Festival Balon Udara Wonosobo diminati ribuan wisatawan yang datang untuk menyaksikan langsung mengudaranya balon udara tradisional yang mengudara dengan ditambatkan tersebut.

Baca Juga: 12 Info Bobocabin Dieng Wonosobo, Tengah Gunung Prau dan Hutan Pinus

1. Mampu menyedot ratusan ribu wisatawan

Festival Balon Udara Wonosobo Dikunjungi 189 Ribu WisatawanPotret keseruan di Festival Balon Udara Wonosobo 2024 (instagram.com/hanskuuy_)

Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Wonosobo Agus Wibowo mengatakan dari pertama kali dibuka pada 11 April 2024 hingga Sabtu (20/4/2024) wisatawan yang berkunjung ke Wonosobo menyaksikan festival balon mencapai 189.550 orang.

"Saya belum memastikan untuk hari ini berapa puluh ribu pengunjung, estimasi saya kalau 25 ribu orang lebih," katanya Minggu (21/4/2024).

Agus mengatakan Festival Balon Udara itu digelar di beberapa titik sejak 11 April 2024."Sebagai puncak Festival Balon Udara pada Lebaran 2024 ini dilaksanakan di Alun-Alun Kabupaten Wonosobo dengan 53 peserta," katanya.

2. Wisatawan lokal maupun mancanegara antusias menyaksikan festival balon udara

Festival Balon Udara Wonosobo Dikunjungi 189 Ribu WisatawanDisparbud wonosobo

Para wisatawan yang ingin menyaksikan secara langsung festival balon udara tersebut tak hanya datang dari Wonosobo, akan tetapi juga dari berbagai daerah dari luar Wonosobo, bahkan ada juga wisatawan mancanegara.

Ia menyampaikan rata-rata balon udara itu jam pagi, kira-kira sampai jam 09.00 WIB sudah habis, setelah itu mereka pindah tempat ke kawasan Dieng dan beberapa titik destinasi.

"Kegiatan ini menguntungkan, jadi ada efek ganda ke destinasi wisata juga," katanya.

3. Diberitakan media dari Tiongkok

Festival Balon Udara Wonosobo Dikunjungi 189 Ribu WisatawanPotret keseruan di Festival Balon Udara Wonosobo 2024 (instagram.com/kbs_vlog)

Tak hanya wisatawan dari dalam negeri, Festival Balon ini juga menarik wisatawan mancanegara. Beberapa diantaranya wisatawan dari Malaysia, dari Prancis yang memang sengaja ingin melihat festival balon udara ini.

"Termasuk ada satu media dari China itu juga ikut memberitakan, kami berharap ke depan agar kegiatan ini terus meningkat menjadi kegiatan internasional," katanya.

Baca Juga: Waduh! Balon Udara di Pekalongan dan Wonosobo Terbakar, Ini Penanganannya

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya